Ditemukan 17 dokumen yang sesuai dengan query
Indra Septama, author
Salah satu upaya untuk melestarikan bahasa Jawa adalah menciptakan fasilitas pembelajaran bahasa Jawa yang efektif, menarik dan utuh. M-Learning dengan pembelajaran yang fleksibel dapat memfasilitasi pembelajaran bahasa Jawa. Penelitian bertujuan untuk mengusulkan rancangan desain m-Learning materi bahasa Jawa Dasar dari sisi kajian pembelajaran dan usability. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif...
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Naskah ini berisi dialog antara seorang guru dengan muridnya di sekolah dasar, membahas tentang belajar menulis dan membaca huruf Jawa, serta cara memahami teks bahasa Jawa. Pada naskah ini banyak catatan-catatan dari penyalin yang isinya tidak ada hubungannya dengan naskah ini, yaitu istilah-istilah atau sebutan-sebutan yang ada di lingkungannya, seperti...
[Place of publication not identified]: [publisher not identified], [date of publication not identified]
PW.84-B 12.15
Naskah Universitas Indonesia Library
Buku ini memuat sejumlah tulisan atau artikel (dari halaman 67?254). Tulisan 1. mengisahkan tentang kehidupan Ki Padmasusastra; 2. mengenai pelajaran membaca (aksara) Jawa oleh R. Ng. Tjitrasentana; 3. Bahasa Jawa oleh Suyud; 4. Mengenai wayang; 5. Wayang Purud, oleh R. M. Ng. Dutadilaga; 6. Kebudayaan dan ?kagunan Jawi?; 7....
[Place of publication not identified]: [publisher not identified], [date of publication not identified]
BKL.1095-JR 37
Buku Klasik Universitas Indonesia Library
Beres, L.G., author
Buku ini merupakan buku pelajaran membaca aksara Jawa dengan diberi banyak gambar sebagai ilustrasinya. Di bagian akhir sudah ada contoh-contoh bacaan sederhana...
Weltevreden: Albro, 1919
BKL.0034-PW 34
Buku Klasik Universitas Indonesia Library
Mas Samoed Sastrowardojo, author
Buku ini berisi pelajaran bahasa Jawa yang ditujukan bagi siswa pendidikan dasar sampai pada tataran yang tinggi. Bacaannya dibuat sedemikian beragam bahasanya sampai juga pada pokok/topiknya. Dari bacaan sederhana sampai yang sulit. Contoh: ada topik sehari-hari seperti resep masakan, pengumuman, lelucon, penghitungan, kesehatan, olahraga. Bahkan contoh bacaan dalam bentuk tembang...
Jakarta: J. B. Wolters Uitgevermaatschappi, 1949
BKL.0305-LL 3
Buku Klasik Universitas Indonesia Library
Marjuki Wiryawiyata, author
Buku ini merupakan buku pelajaran mengenai aksara, aksara swara, konsonan. Perihal pasangan; bab aksara raja; bab aksara rekan; bab pada; bab angka Jawa; bab kata cemboran; bab kata ulang; bab kata imbuhan: ha, na, nya, ma, nga dan lain-lainnya; bab kata sisipan/seselan; bab akhiran: an, en, e, agi, dan lain-lainnya;...
Betawi: Kangjeng Gupermen, 1919
BKL.0119-BA 1
Buku Klasik Universitas Indonesia Library
Zoetmulder, Petrus Josephus, author
Buku ini merupakan bahan-bahan untuk pengajaran bahasa Jawa Kuno. Di dalam buku ini dimuat kutipan-kutipan dari beberapa parwa yang terkenal, yaitu: 1. Dasamukhacarita; 2. Ramawijaya; 3. Udyogaparwa; 4. Adiparwa; 5. Mosalaparwa. Menurut penulisnya kutipan yang dimuat dalam buku ini adalah bagian-bagian yang baik karena bahan maupun isinya baik untuk dijadikan...
Jakarta: Obor, 1958
BKL.0368-BA 25
Buku Klasik Universitas Indonesia Library
R. Hadipranoto, author
Buku ini adalah buku pelajaran Bahasa Jawa untuk murid kelas 4 Sekolah Dasar...
Yogyakarta: Hien Hoo Sing, 1978
BKL.1140-BA 83
Buku Klasik Universitas Indonesia Library
Sri Suryani, author
Kontak bahasa memungkinkan terjadinya pembelajaran bahasa kedua. Perbedaan sistem bahasa pertama dengan bahasa kedua menimbulkan penyimpangan-penyimpangan kaidah_kaidah bahasa kedua, yang disebut interferensi. Penelitian ini merupakan studi kasus yang membahas permasalahan interferensi dalam pembelajaran bahasa kedua, khususnya Bahasa Jawa sebagai bahasa kedua. Data_data diperoleh dari kelas Penguasaan Bahasa Jawa IV sesi...
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2007
S11677
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Naskah tulisan tangan, ditulis dalam bentuk prosa dan tembang macapat, terdiri dari tujuh bendel. Masing-masing bendel berisi catatan Citrasantana tentang topik yang berbeda, namun semuanya ada hubungan dengan masalah kebahasaan. Penyunting menduga bahan ini disusun/dikumpulkan oleh Citrasantana pada saat beliau menjadi guru di Pamulangan Mangkunagaran, Solo, pada tahun 1920an. Adapun...
[Place of publication not identified]: [publisher not identified], [date of publication not identified]
BA.194-W 20
Naskah Universitas Indonesia Library