Ditemukan 5 dokumen yang sesuai dengan query
370 JPP 46:1 (2013)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Farradisha Octaviany
"Pelayanan publik pada dasarnya hal yang penting untuk dilakukan karena ditujukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Akan tetapi, penyelenggaraan pelayanan publik di Indonesia masih belum optimal, khususnya pelayanan yang diberikan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia seperti pelayanan lembaga pelatihan kerja. Untuk mewujudkan tujuan dari lembaga pelatihan kerja, pelayanan pelaksanaan lembaga pelatihan kerja harus berkualitas. Salah satu lembaga pelatihan kerja yang sekaligus menjadi objek penelitian ini adalah PPKD Jakarta Timur. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelatihan kerja di PPKD Jakarta Timur yang spesifiknya adalah pada jenis pelatihan reguler PPKD Jakarta Timur dengan menggunakan service quality in skills training institute model milik Ibrahim, Rahman, dan Yasin (2014). Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data kuantitatif dan kualitatif (mixed methods). Teknik pengumpulan kuantitatif dilakukan melalui penyebaran kuesioner (survei) kepada peserta pelatihan PPKD Jakarta Timur angkatan 1 tahun 2024 dengan jumlah 170 responden, sedangkan untuk teknik pengumpulan data kualitatif dilakukan melalui wawancara mendalam. Temuan dari penelitian ini menghasilkan bahwa kualitas pelatihan reguler di PPKD Jakarta Timur baik karena kelima dimensi yang diteliti sudah memenuhi kategori baik. Namun demikian, hasil baik dengan beberapa catatan karena terdapat adanya hambatan atau permasalahan.
Public services are fundamentally important as they are aimed at fulfilling the needs of the community. However, the provision of public services in Indonesia is still not optimal, especially services provided to improve the quality of human resources such as training institution services. To achieve the goals of training institutions, the implementation of training institution services must be of high quality. One of the training institutions that is also the object of this research is the East Jakarta Training Center (PPKD Jakarta Timur). This research aims to analyze the quality of training at PPKD Jakarta Timur, specifically focusing on the regular training provided by PPKD Jakarta Timur using the service quality in skills training institute model developed by Ibrahim, Rahman, and Yasin (2014). This research adopts a quantitative approach with both quantitative and qualitative data collection techniques (mixed methods). The quantitative data collection technique is carried out through the distribution of questionnaires (surveys) to the participants of PPKD Jakarta Timur's training class of the 2024 batch, totaling 170 respondents, while qualitative data collection is done through in-depth interviews. The findings of this research indicate that the quality of regular training at PPKD Jakarta Timur is good because all five dimensions studied meet the criteria for good quality. However, there are still some notes to be made as there are barriers or problems present."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Syaurah Haninah
"Pemerintah sejatinya memiliki tanggung jawab untuk mengatasi permasalahan pengangguran. Salah satu langkah yang dilakukan adalah dengan meningkatkan keterampilan untuk bekerja bagi masyarakat lewat pelaksanaan program pelatihan kerja. Pada DKI Jakarta, program pelatihan tersebut dilaksanakan oleh Pusat Pelatihan Kerja Daerah (PPKD) yang salah satunya adalah PPKD Jakarta Timur. Namun, untuk memastikan bahwa masyarakat yang mengikuti pelatihan dapat terserap pada pasar tenaga kerja PPKD Jakarta Timur perlu untuk melakukan kolaborasi dengan para pemangku kepentingan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses kolaboratif dan faktor- faktor yang dapat mempengaruhinya berdasarkan teori collaborative governance milik Ansell & Gash (2008). Pendekatan dari penelitian ini adalah post-positivist dengan teknis pengumpulan data kualitatif. Peneliti menganalisa hasil wawancara mendalam serta studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini adalah kolaborasi yang dilakukan oleh PPKD Jakarta Timur dengan perusahaan dan Non-Governmental Organization yang dibahas dalam penelitian ini merupakan praktik yang baik, yakni dapat memenuhi seluruh dimensi yang ada: dialog tatap muka, membangun kepercayaan, komitmen terhadap proses, hasil sementara, kondisi awal, kepemimpinan fasilitatif, dan desain institusional.
The government has a responsibility to address unemployment issues. One of the steps taken is to enhance job skills for the community through the implementation of job training programs. In DKI Jakarta, these training programs are carried out by the Regional Job Training Center (PPKD), one of which is East Jakarta Job Training Center. However, to ensure that the community members participating in the training can be absorbed into the labor market, East Jakarta Job Training Center needs to collaborate with other stakeholders. This study aims to understand how the collaborative process and the factors that can influence it, based on Ansell & Gash's (2008) collaborative governance theory. The approach of this study is post-positivist with qualitative data collection techniques. The researcher analyzes the results of in-depth interviews and literature studies. The findings of this study indicate that the collaboration conducted by East Jakarta Job Training Center with companies and Non-Governmental Organizations discussed in this study is a good practice, meeting all the existing dimensions: face-to-face dialogue, building trust, commitment to the process, intermediate outcomes, initial conditions, facilitative leadership, and institutional design."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Wallerstein, Nina
Washington: American Public Health Association, 1993
331.259 2 WAL t
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Bartono P.H.
Yogyakarta: Andi, 2005
370.113 BAR h (1)
Buku Teks Universitas Indonesia Library