Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
"Artikel ini bertujuan mendeskripsikan hasil penelitian pengembangan model pendidikan keterampilan hidup (life skills) bagi anak putus sekolah korban lumpur Lapindo. Pengumpulan data anak putus sekolah dan jenis keterampilan hidup yang diinginkan dilakukan melalui metode wawancara dan kuesioner. Sementara pengembangan model pendidikan keterampilan hidup menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan memodifikasi model Plomp. Data dianalisis secara deskriptif persentase dan rata-rata serta analisis kualtitatif model Miles dan Huberman (1992). Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik anak putus sekolah korban lumpur Lapindo di desa Renojoyo dan Siring Kecamatan Porong, desa Besuki dan Pejarakan Kecamatan Jabon, dan desa Kedungbendo dan Sentul kecamatan Tanggulangin berjumlah 67 orang. Dari jumlah tersebut sebagian besar berpendidikan SLTA atau sederajat, dan 11 orang atau 16,41% lulusan SD atau sederajat. Sebagian besar berusia antara 16 sampai usia 18 tahun, yakni 39 orang (58,20%). Jenis keterampilan yang diiinginkan adalah service sepeda motor, menjahit, service handphone dan home industri. Untuk menindaklanjuti keinginan anak putus sekolah korban lumpur hidup (APSKLL) tersebut, dikembangkan tiga modul pendidikan keterampilan hidup, yakni modul service sepeda motor, modul keterampilan menjahit, dan modu service handphone. Penulisan modul dibuat sesederhana mungkin, isi materi yang mendasar, pilihan kata disesuaikan dengan tingkat pendidikan, serta dilengkapi ilustrasi berupa contoh dan gambar-gambar yang jelas. Namun, modul tersebut belum diujicoba, karena itu sebelum dipergunakan dalam pelatihan pendidikan keterampilan hidup bagi APSKLL disarankan untuk melakukan penelitian uji coba penggunaan modul."
JPUT 15:1 (2014)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Syauqi Putra
"ABSTRAK
Tesis ini menganalisis pengaruh integrasi pelatihan keterampilan mental pada fase
persiapan kompetisi terhadap kepercayaan diri atlet taekwondo PPLP DKI Jakarta.
Delapan orang atlet PPLP DKI Jakarta diberikan pelatihan keterampilan mental dan dilakukan pengukuran kepercayaan diri sebelum serta sesudah intervensi, sedangkan lembar penilaian kepercayaan diri diberikan kepada pelatih dan asisten pelatih. Hasil penelitian menyarankan bahwa perlu dilakukan pelatihan keterampilan mental pada fase persiapan; melakukan pelatihan pernafasan, latihan self-talk positif, dan pelatihan imagery sebelum latihan, serta pelatihan pernafasan dan relaksasi setelah latihan.

ABSTRAK
The purpose of this thesees is to analyze the effect of psychological skill training (PST) to enhance self-confidence of PPLP DKI Jakarta taekwondoin athletes in competition preparation phase. Eight athletes, a coach and his asisstant are the participants of this study. Eight taekwondoin athlete were given a PST program, and self-confidence measurement were conducted before and after intervention has completed. The coach and his assistant were asked to give their evaluation by completing Athlete’s Self-Confidence Evaluation Form. This study shows that PST influences self-confidence. The results of this Study also suggests that PST should be integrated in the preparation phase; using breathing technique, positive self-talk, and imagery training before exercise, as well as breathing and relaxation after a training exercise"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
T41555
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library