Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rahmi Tri Sutanthi
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan panduan pemilihan teks autentik yang tepat guna untuk kemahiran membaca tingkat lanjut, khususnya lanjut menengah dan lanjut tinggi dalam pengajaran Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA). Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Data penelitian diambil melalui penyebaran angket untuk pemelajar, wawancara untuk pengajar, dan dokumentasi lembaga berupa kurikulum kemahiran membaca tingkat lanjut (BIPA 3) serta teks-teks autentik yang digunakan di kelas. Panduan dirancang dengan menggunakan kriteria pemilihan teks autentik yang dikemukakan oleh Tomlinson dan Masuhara (2004) yang mempertimbangkan empat faktor penting dalam memilih teks autentik, yaitu faktor pengajar, kebutuhan pemelajar, kurikulum lembaga, dan teks autentik. Temuan penelitian berupa panduan pemilihan teks autentik yang memiliki tiga kriteria utama, yaitu pengajar, pemelajar, dan teks autentik yang digunakan di kelas. Selain itu, pengajar juga perlu mempertimbangkan pemakaian teks autentik yang berjenjang sesuai tujuan pembelajaran dalam kurikulum. Kemudian, untuk menunjang skemata pemelajar, perlu dibuat pemetaan topik-topik teks yang sudah dipelajari pada tingkat-tingkat sebelumnya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah motivasi pemelajar dan tujuan pembelajaran merupakan faktor yang sangat berperan dalam memilih teks autentik sebagai bahan ajar di kelas membaca. Selain itu, faktor kenyamanan pengajar saat menggunakan teks autentik sebagai bahan ajar juga tidak boleh terabaikan dengan alasan penguasaan pengajar terhadap topik teks oetntik yang digunakan di kelas
ABSTRACT
This research aims to develop guidelines for authentic text selection for the Indonesian as a Foreign Language Reading Class at Advanced Level, particularly in advanced intermediate and advanced high. This research uses a descriptive qualitative method. The data were taken through a questionnaire for learners, interview for teachers, and documentations of the institution in the form of advanced reading skills curriculum (BIPA 3) and authentic texts to be used. The guidelines are designed by following the authentic text selection criteria proposed by Tomlinson and Masuhara (2004) which considering four important factors in selecting authentic texts, namely teachers, learners needs, curriculum institutes, and the authentic text. The research findings are in the form of guidelines for authentic text selection which has three main criteria, namely teachers, learners, and the authentic text. The research also found that teachers need to consider the use of authentic grading texts which appropriate to learning objectives in the curriculum. Then, to support the learners‟ schemata, the mapping of text topics which have learned in previous levels need to be made. There are some conclusions of this research. First, learners‟ motivation and learning objectives are important factors in choosing authentic texts as teaching materials for reading classes. Furthermore, the teachers‟ convenience when use authentic texts in class should be considered cause the reason of teacher mastery with the topic of authentic texts used in class.
2016
T46818
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fani Salsabila
Abstrak :
Taman Mini Indonesia Indah (TMII) merupakan destinasi wisata nasional di Jakarta yang berisi keragaman budaya Indonesia. Penyampaian informasi melalui lanskap linguistik (LL) di kawasan TMII menjadi nilai penting untuk para pengunjung lokal maupun mancanegara. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kecenderungan penggunaan bahasa di ruang publik TMII. Data penelitian berjumlah 401 yang dibagi menjadi enam kategori. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) 208 LL hanya menggunakan satu bahasa, sedangkan 193 LL menggunakan lebih dari satu bahasa; 2) 367 LL telah mengutamakan bahasa Indonesia, sedangkan 34 belum mengutamakan bahasa Indonesia; 3) 364 LL sesuai dengan PUEBI & KBBI, sedangkan 37 LL belum sesuai; dan 4) 202 unsur visual LL nyaman dibaca, sedangkan 199 LL belum nyaman dibaca. Oleh sebab itu, pengelola TMII perlu meningkatkan kualitas LL, khususnya dalam aspek pengutamaan bahasa Indonesia standar dan unsur visual. ......Taman Mini Indonesia Indah (TMII) is a national tourist destination in Jakarta, which consists of Indonesia's cultural diversity. The delivery of information through linguistic landscapes (LL) in the TMII area is becoming an essential value for national and international tourists. This research aims to explain the tendency of language usage in TMII public places. There is 401 data research divided into six categories. The research shows that 1) 208 LL are consisting one language, and 193 LL are bilingualism or multilingualism; 2) 367 LL prioritize bahasa Indonesia, and 34 LL are not yet prioritizing bahasa Indonesia; 3) 364 LL are followed PUEBI & KBBI, and 37 are not yet following, and 4) 202 LL are comfortable to read visually, and 199 are not yet comfortable to read. In conclusion, TMII needs to fix its LL, especially regarding the prioritization of bahasa Indonesia based on PUEBI & KBBI standards and visual aspects.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
London: Routledge, 1992
410 RES (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library