Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 41 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Montgomery, Robert L.
Jakarta: Pustaka Binaman Pressindo, 1983
001.542 MON t
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Mia Marissa Kumala
Abstrak :
Pemahaman lisan berperan penting dalam proses belajar di sekolah dasar. Memahami materi ceramah yang disampaikan guru kadang menjadi hal yang sulit bagi siswa.Penelitian ini bertujuan meningkatkan pemahaman lisan pada siswa melalui penggunaan mind map sebagai metode mencatat saat mendengarkan. Penelitiansmall N designini melibatkan D (laki-laki, 11 tahun), siswa kelas 5 SD, sebagai partisipan penelitian.Program intervensi yang diberikan berupa pelatihan mind mapsebanyak 5 sesiyang dilaksanakan di sekolah dengan menyertakan dua orang siswa tambahan.Pemahaman lisan diukur pada tahap pemahaman literal dengan pemberian pre-test dan post-test, berupa tugas mendengarkan pembacaan teks narasi dan teks eksposisi kemudian menuliskan kembali sebanyak-banyaknya gagasan yang diingat dari teks tersebut.Data hasil penelitian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil menunjukkan adanya peningkatan skor pemahaman lisan pada post-test dan pernyataan positif dari D bahwa penggunaan mind map untuk mencatat selama tugas mendengarkan membantunya dalam mengingat dan memahami informasi. ...... Listening comprehension plays an important role in the learning process in primary schools. Understanding lecture material sometimes be difficult for students. This research aims to improve student?s listening comprehension through the use of mind map as a method of note-taking while listening. Using small N design, this research involved D (male, 11 years), a fifth grade student, as the research participant. Mind map training conducted in 5 sessions delivered at school and included two additional students. Listening comprehension was measured on the literal comprehension in pre-test and post-test. The tests were listening tasks contained narrative and expository text, that required participant to find ideas quickly and expressed ideas through writing. The data were analyzed qualitatively and quantitatively.The results show an increase in post-test scores on the listening comprehension and some positive statement of D that the use of mind map for taking notes during listening had helped him in recalling and understanding information.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
T41715
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hanina Naura Fadhila
Abstrak :
Skripsi ini membahas tentang persepsi warga sekolah terhadap suara bising aktivitas penambangan batu andesit yang didapatkan melalui praktik mendengar mereka. Lokasi area pertambangan batu andesit yang berada sangat dekat dengan area sekolah putra menyebabkan warga sekolah yaitu guru dan alumni dari tahun 2011-2016 memiliki kesan dan ingatan mereka saat mereka belajar atau bekerja. Belum ada sama sekali arsip yang mendokumentasikan praktik ini. Satu-satunya arsip yang bisa diandalkan adalah ingatan kolektif mereka dan beberapa jejak peninggalan aktivitas pertambangan. Skripsi ini juga mencoba menelusuri secara mendalam proses mendengar mereka hingga pada akhirnya bisa mengarah pada praktik-praktik lain yang lebih luas. Penelusuran mendalam itu didapatkan melalui metode wawancara mendalam dengan alumni putra angkatan 2011- 2016 dan guru-guru yang mengajar di tahun tersebut. Observasi yang dilakukan adalah observasi terlibat dengan mengkombinasikan antara observasi melalui mediasi Google Earth dan secara langsung. Penelusuran secara mendalam dari praktik mendengar ini bertujuan untuk melihat kompleksitas dari praktik mendengar itu sendiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik mendengar bukan hanya sebagai proses indrawiyah saja tetapi bisa menjadi sebagai upaya reflektif seseorang dalam melihat kondisi yang ada pada lingkungan tempat tinggal mereka. Hal ini juga tidak terlepas dari motivasi masing-masing dalam melakukan praktik mendengar. ......This paper discusses school citizen perception towards noise that generated from andesite mining activity and perceived from their listening practices. Since the mining location area close to the boys' school area therefore it also affects the memory and impression of teacher and junior high school boy alumni from year 2011-2018 about their school activity. Recently there is no proper archive that documenting the practice in past. The only reliable archive are their collective memory and some artefacts which can recount the past mining activity. This paper also aims to deeply examine the listening process that can be translated into broader practices which acquired from in-depth interviews and participant observations with teacher and junior high school boys’ alumni. In particular, in this research participant observation carried out in two different ways. One with mediated observation assisted by Google Earth and direct participants observation. Depth examination of listening process aims to shows that listening practices is not merely a sensory practice. Listening practice has its own complexity that can be an individual reflective process regarding to their environment circumstances. This is also inseparable from each other's motivation in their everyday listening practice.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Burley-Allan, Madelyn
New York: John Wiley & Sons, 1982
001.542 BUR l
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Brown, Steve
New York: Cambridge university press, 2010
370.152 3 BRO a
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Harumi Manik Ayu Yamin
Abstrak :
[ABSTRAK
Tesis ini membahas perbandingan efek penggunaan video dan audio dalam pengajaran kemahiran ceramah untuk mahasiswa Program Studi Inggris.Penelitian ini adalah penelitian kombinasi kuantitatif dan kualitatif dengan desain penelitian eksperimental.Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan siginifikan antara hasil tes kemahiran menyimak kelas yang diajar dengan video dan hasil tes kemahiran menyimak kelas yang diajar dengan audio. Penggunaan video juga terbukti tidak memiliki efek yang signifikan terhadap hasil tes murid yang memiliki gaya pembelajaran visual. Walau demikian, hasil kuesioner dan wawancara membuktikan motivasi dan kepercayaan murid yang tinggi terhadap penggunaan video sehingga peneliti merekomendasikan penggunaan video dan audio sebagai media ajar.
ABSTRACT
This study examines the effects of the use of video and audio texts in listening to lecture classes for English Study Program Students. The method used was mixed method with experimental design. The study shows there was no significant difference between the listening test results of students using videos and those using audio texts. Furthermore, in terms of test results, students with visual learning styles using videos did not differ significantly from visual students using audio texts. Nevertheless, questionnaire and interview data suggest that students preferred videos to audio texts, so teachers should use both video and audio texts;This study examines the effects of the use of video and audio texts in listening to lecture classes for English Study Program Students. The method used was mixed method with experimental design. The study shows there was no significant difference between the listening test results of students using videos and those using audio texts. Furthermore, in terms of test results, students with visual learning styles using videos did not differ significantly from visual students using audio texts. Nevertheless, questionnaire and interview data suggest that students preferred videos to audio texts, so teachers should use both video and audio texts, This study examines the effects of the use of video and audio texts in listening to lecture classes for English Study Program Students. The method used was mixed method with experimental design. The study shows there was no significant difference between the listening test results of students using videos and those using audio texts. Furthermore, in terms of test results, students with visual learning styles using videos did not differ significantly from visual students using audio texts. Nevertheless, questionnaire and interview data suggest that students preferred videos to audio texts, so teachers should use both video and audio texts]
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
T42734
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ismi Putri Rahmah
Abstrak :
Pemahaman menyimak bahasa Inggris merupakan salah satu kemahiran yang sangat penting untuk dikuasai oleh pelajar SMA di Indonesia. Akan tetapi, kemahiran menyimak bahasa Inggris juga menjadi sebuah permasalahan karena kesulitan pelajar dalam memahami kemahiran tersebut. Hal ini terlihat dari banyaknya pelajar SMA di Indonesia yang masih banyak mendapatkan nilai rendah dalam kemahiran menyimak. Memberikan kesempatan kepada pelajar untuk menjawab pertanyaan menyimak dalam bahasa Inggris dengan menggunakan bahasa Indonesia merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengetahui apakah rendahnya nilai kemahiran menyimak bahasa Inggris ini disebabkan oleh kemampuan berbahasa Inggris pelajar yang masih harus ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan tingkat kemampuan pemahaman menyimak melalui perbandingan nilai tes menyimak yang dijawab dengan menggunakan bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelajar SMA memiliki kesulitan menjawab tes kemahiran menyimak dalam bahasa Inggris. Hal ini dibuktikan dengan nilai tes menyimak yang dijawab dengan menggunakan bahasa Indonesia memiliki rerata nilai yang lebih tinggi dibandingkan hasil tes menyimak yang dijawab dengan menggunakan bahasa Inggris. Selain itu, dari kuesioner yang disebarkan setelah pelaksanaan tes menyimak bahasa Inggris, para pelajar dari semua kelas memberikan persepsi yang positif terhadap penggunaan bahasa Indonesia dalam tes menyimak yang mereka kerjakan. Pelajar menyampaikan bahwa penggunaan bahasa Indonesia membantu mereka dalam mengungkapkan pemahaman menyimak. Dengan demikian, penggunaan bahasa Indonesia dalam tes menyimak bahasa Inggris membuktikan bahwa kemampuan pemahaman menyimak bahasa Inggris pelajar sesungguhnnya baik. Rendahnya nilai bahasa Inggris mereka dikarenakan kemampuan menjawab dalam bahasa Inggris terkendala oleh penguasaan bahasa Inggris mereka yang kurang baik. ...... English listening comprehension has been one of the most important skills to be acquired by the senior high school students in Indonesia. However, English listening comprehension has been a problem for the senior high school students. This case is proven by the number of students who got low scores below the standardization score of English listening comprehension skill. By giving a chance to the students on answering the listening test by using Indonesian is one of the ways that can be used for knowing whether the low score of the students is caused by the inability of the students in using English to answer the question. This study aims to investigate the students rsquo ability in comprehending and listening materials through the scoring comparison of the English listening test answered by using Indonesian and English language. The result shows that the senior high school students found difficulties in answering the listening test by using English. This is proven by the fact that the average score of the English listening test answered by using Indonesian is higher than the average score of the English listening test answered using English language. Moreover, the results of the questionnaire distributed to all classes to investigate students rsquo perception towards the use of Indonesian in the English listening test show that the students from all the classes have positive perception on the use of Indonesian in the English listening test that has been conducted. Students conveyed that the use of Indonesian helped them to comprehend the listening materials. Thus, the use of Indonesian in the English listening test proved that the students comprehension on listening is good. Their low score of English listening test is mostly caused by incapability on answering because of their poor mastery of English.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2018
T52057
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yuyum Fahriah Elviyanti
Abstrak :
Tesis ini membahas pengaruh pembelajaran berbasis strategi tersurat pada kemampuan pemahaman menyimak pemelajar SMA dengan kemampuan bahasa Inggris rendah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif dalam pengumpulan data dan analisis. Meskipun hasil penelitian menunjukkan tidak ada perbedaan kemampuan pemahaman menyimak antara pemelajar yang belajar dengan model pembelajaran berbasis strategi tersurat dan tersirat, hasil akhir mengindikasikan bahwa pembelajaran berbasis strategi memainkan peranan positif dalam peningkatan kemampuan pemahaman menyimak. Implikasi pengajaran dalam penelitian ini adalah pengajar dapat menerapkan baik dengan model pembelajaran berbasis strategi tersurat atau tersirat dalam peng Earan pemahaman menyimak. Kedua model ini dapat meningkatkan kemampuan pemahaman menyimak pemelajar tingkat rendah.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2011
T29230
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Sodikin
Abstrak :
Penanganan kasus hernia melalui pembedahan insisi kulit abdomen akan menyebabkan nyeri paska operasi. Manajemen nyeri dengan terapi analgetik tetap menimbulkan nyeri kembali 6 jam paska analgetik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terapi bacaan Al-quran (TBA) terhadap respon nyeri post operasi hernia. Desain penelitian ini adalah Quasi experiment pre and post test non equivalent control group dengan jumlah 20 responden. Hasil penelitian ada perbedaan skala nyeri (p=0,08 ; α=0,05) dan denyut nadi (p=0,01 ; α=0,05) sebelum dan sesudah TBA. Sementara pada kelompok tidak TBA didapatkan hasil tidak ada perbedaan skala nyeri dan denyut nadi sebelum dan sesudah terapi; terdapat perbedaan skala nyeri setelah TBA pada kedua kelompok (p=0,05 ; α=0,05); tidak ada perbedaan denyut nadi setelah terapi pada kedua kelompok; tidak ada hubungan faktor usia dan pengalaman mengatasi nyeri post operasi dengan nyeri dan denyut nadi. Maka disarankan bagi rumah sakit menggunakan terapi bacaan Al-quran sebagai terapi komplementer menurunkan nyeri.
Surgical treatment for hernia require abdominal skin incisition which leads to post operative pain. To overcome pain, analgesic is commonly used, however its effect only, for six hours. Thus providing analgesic combine with complementary therapy of Quran listening (TBA) would be more effective. This research aimed to identify TBA effect on post hernia surgery pain. This research used quasi experiment method with pre and post test non-equivalent control group, from 20 respondents. The result showed that there were significant differences in pain level (p=0,08 ; α=0,05) and pulse (p=0,01 ; α=0,05) before and after TBA therapy; there were difference pain level between treatment and control groups (p=0,0 5 ;α=0,05); and there were no difference in pain level and pulse in control group. There was no correlation between age and previous experience with pain level and pulse. Therefore, it is recommended using TBA as a complementary therapy for reducing pain level after hernia surgery.
Depok: Universitas Indonesia, 2012
T31400
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
<<   1 2 3 4 5   >>