Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Yohana Ruth Margaretha
"Sintesis komposit Li4Ti5O12 LTO nanorods dilakukan dengan karbon aktif sebanyak 3 wt dan silikon nano dengan komposisi yang berbeda sejumlah 10 wt, 15 wt, dan 20 wt. LTO memiliki karakteristik zero strain dan siklus hidup yang panjang. Akan tetapi, LTO mempunyai kapasitas terbatas dan konduktivitas elektrik buruk. Penambahan silikon nano dapat menambah kapasitas, sementara karbon aktif memiliki luas area spesifik yang besar untuk meningkatkan konduktivitas elektrik. Cetakan nanorods berasal dari TiO2 yang didapatkan dari titanium IV butoksida menggunakan metode sol-gel. Struktur nanorods didapatkan dengan proses hidrotermal dalam larutan NaOH 4 M. Namun, struktur yang terbentuk adalah struktur needle-like dan fase yang terbentuk adalah Li2TiO3. Performa baterai ditentukan dengan uji CV, CD, dan EIS. Hasil pengujian EIS menunjukkan bahwa LTO memiliki konduktivitas elektrik tertinggi. Hasil yang diperoleh dari uji CV adalah kapasitas spesifik tertinggi ditemukan pada LTO-AC/15 Si nano sejumlah 140,7 mAh/g.
The synthesis of Li4Ti5O12 LTO nanorods composites with 3 wt activated carbons AC and nano Si with different composition of 10 wt, 15 wt, and 20 wt has been carried out. LTO has zero strain characteristics with the long life cycle. However, the capacity is limited and has poor electrical conductivity. The addition of nano Si should enhance the capacity, while the activated carbon should provide a large specific surface area to increase the electrical conductivity. The nanorods templates are from TiO2, which obtained from titanium IV butoxide using the sol gel method. The nanorods structures should be achieved by a hydrothermal process in NaOH 4 M solution. However, needle like structures are achieved and Li2TiO3 phase is formed finally. The battery performances are determined by CV, CD, and EIS tests. EIS results showed the highest electrical conductivity was found in LTO only. The CV test obtained that the highest specific capacity was found in LTO AC 15 nano Si with 140.7 mAh g as well as charge discharge capacity at current rate 0.2 to 20 C."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Muhammad Bryan Aryanata Effendy
"Litium titanat (Li4Ti5O12) adalah material yang sedang dikembangkan sebagai anoda pada baterai ion litium untuk meningkatkan kinerjanya. Litiun titanat (Li4Ti5O12) sering dikatakan sebagai zero strain material karena stabil saat charge dan discharge sehingga perubahan volume sangat rendah (<1%), tidak terjadi SEI, terhindar dari kerusakan struktur permukaan yang dapat menurunkan kapasitas, dan dapat digunakan untuk high rate. Namun LTO memiliki kelemahan yaitu konduktivitas listrik dan kapasitas yang rendah. Oleh karena itu pada penelitian ini anoda Li4Ti5O12 dilakukan doping Mg dan Mn dalam bentuk Li4-xMgxTi5-xMnxO12 dengan variasi (x=0;0,05;0,10). Proses sintesis LTO co-doping MgMn menggunakan metode solid state dengan bantuan sonikasi. Penggunaan dopan Mg2+ dapat memecah aglomerasi, memperkecil ukuran butir yang dapat meningkatkan nilai konduktivitas listrik, dan meningkatkan kapasitas pengisian baterai. Dopan Mn4+ dipilih karena dapat meningkatkan konduktivitas listrik dan kapasitas dari baterai. Hasil SEM-EDS pada sampel LTO/MgMn0,05 menunjukkan morfologi dengan aglomerasi sedikit dan ukuran partikel paling kecil yaitu 0,33761 μm. Hasil EDS menunjukkan kehadiran unsur yang dinginkan pada co-doping yaitu Mg, Mn, Ti, dan O dan persebarannya relatif merata. Hasil XRD menunjukkan bahwa fasa Mg(OH)2 dan MnO2 tidak ditemukan di dalam struktur co-doping LTO yang mengindikasikan bahwa atom Mg dan Mn telah bergabung dengan struktur LTO. Berdasarkan hasil uji EIS diperoleh nilai Rct terendah pada sampel LTO/MgMn0,10 sebesar 274,4 Ω. Performa baterai tertingi berdasarkan hasil uji CD pada C-rate 1C diperoleh oleh LTO/MgMn0,05 dengan kapasitas sebesar 110,86 mAh/g.
Lithium titanate (Li4Ti5O12) is a material being developed as an anode in lithium-ion batteries to improve its performance. Lithium titanate (Li4Ti5O12) is often said to be a zero strain material because it is stable during charge and discharge so that the volume change is very low (<1%), SEI does not occur, avoids surface structure damage that can reduce capacity, and can be used for high rates. However, LTO has the disadvantage of low electrical conductivity and capacity. Therefore in this study, the Li4Ti5O12 anode was doped with Mg and Mn in the form of Li4-xMgxTi5-xMnxO12 with variations (x=0; 0.05; 0.10). The MgMn co-doping LTO synthesis process uses the solid-state method with the help of sonication. The use of Mg2+ dopants can break the agglomeration, reduce the grain size which can increase the electrical conductivity value, and increase the battery charging capacity. Mn4+ dopants were chosen because they can increase the electrical conductivity and capacity of the battery. The SEM-EDS results on the LTO/MgMn0.05 sample showed a morphology with the least agglomeration and the smallest particle size of 0.33761 μm. The EDS results show the presence of the desired elements in co-doping, namely Mg, Mn, Ti, and O and their distribution is relatively even. The XRD results showed that the Mg(OH)2 and MnO2 phases were not found in the LTO co-doping structure which indicated that the Mg and Mn atoms had joined the LTO structure. Based on the results of the EIS test, the lowest Rct value was found in the LTO/MgMn0.10 sample of 274.4 Ω. The highest battery performance based on the results of the CD test at C-rate 1C was obtained by LTO/MgMn0.05 with a capacity of 110.86 mAh/g."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library