Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sujamto
Jakarta: Rineka Cipta, 1991
352.14 SUJ p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Suprayitno
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini mengkaji pengetahuan pengunjung mahasiswa sebanyak 63 orang tentang konsep ldquo;Sejarah Nasional Indonesia rdquo; lewat diorama yang divisualisasikan di Museum Sejarah Nasional MSN di Tugu Monumen Nasional. Pengukuran meaning making pengunjung dengan menggunakan metodologi Personal Meaning Mapping PMM yang dikembangkan oleh John H. Falk ini terdiri atas 4 dimensi, yaitu extent, breadth, depth, dan mastery. Rata-rata pada setiap dimensi terjadi perubahan kenaikan, dari tahap sebelum sampai sesudah melihat diorama MSN. Pada dimensi extent, perubahan jumlah kosakata sebelum dan sesudah melihat diorama mengalami kenaikan dari 339 kosakata menjadi 554 kosakata . Pada dimensi breadth, persentase pengunjung yang menyebutkan 3 fase sejarah juga terjadi peningkatan sesudah pengunjung melihat diorama. Pada dimensi depth, kedalaman pengetahuan pengunjung MSN mengalami kenaikan, dari sekadar pengetahuan minimal menjadi pengetahuan yang lebih luas. Pada dimensi mastery, penguasaan pemahaman pengunjung baik sebelum maupun sesudah melihat diorama tergolong kategori B pemahaman akurat, bisa menyebutkan satu sampai dua konsep yang sesuai . Secara akademik, penggunaan metodologi PMM ini memperkaya ragam kajian pengunjung dengan pendekatan konstruktivis, sementara secara praktis berguna bagi pihak museum sebagai bahan evaluasi pameran museum agar lebih kontekstual sesuai harapan pengunjung.
ABSTRACT
This research measured the depth of knowledge of 63 college university 39 s students about a concept of National History of Indonesia visualised by dioramas in Museum Sejarah Nasional MSN . This research used a Personal Meaning Mapping PMM methodology developed by John H. Falk which rsquo s derived from a constructivist approach. PMM measured the 4 dimensions of knowledge score extent, breadth, depth, and mastery. Most of the results of PMM changed significantly. In extent dimension, the quantity of vocabularies raised from 339 on entry to 554 vocabularies on exit. In breadth dimension, the percentage of visitors mentioning 3 phases of history increased from entry to exit phase. In depth dimension, the visitor rsquo s depth of knowledge increased from minimal response to extensive response. In mastery dimension, most of the score of visitor rsquo s understanding mastery on National History of Indonesia were B accurate understanding, mentioning one or two concepts accurately . Academically, this PMM methodology enriches the variant of visitors study, especially in constructivist learning on museum. Practically, this PMM methodology has advantages to museum to make an evaluation of the exhibition to be contextual as visitors expect.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2017
T48449
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Eveline
Abstrak :
Career decision-making process (CDMP) merupakan keterampilan individu menentukan keputusan karir. Pada perkembangannya di masa kritis, seringkali remaja eksplorasi-transisi mengalami kesulitan menentukan tujuan karir. Dua aspek peneguh CDMP adalah identitas vokasional (IV [aspek internal]) dan keterlibatan orang tua terhadap persoalan karir remaja (aspek eksternal). Pada penelitian ini keterlibatan orang tua diselidiki melalui tiga bentuk (support, interference, lack of engagement) dari variabel parental career-related behavior (PCB). Berdasarkan penelitian terdahulu, IV remaja dalam peranannya terhadap CDMP dapat ditingkatkan melalui peranan positif orang tua. Oleh karena itu, penelitian ini menyelidiki peranan IV sebagai mediator dalam hubungan antara PCB dan CDMP, peranan langsung IV dan PCB masing- masing terhadap CDMP, serta peranan PCB terhadap IV. Subjek mahasiswa semester 1 (~19 tahun) pada salah satu universitas swasta di Lippo Village-Tangerang ditentukan melalui teknik simple random sampling. Data penelitian dianalisis dengan program SPSS Amos v.22. Hasil analisis jalur (regresi multivariat) menunjukkan model teoritis setiap bentuk PCB adalah sesuai (fit) dengan data empiris. IV berperan langsung terhadap CDMP (38.00, 32.00, dan 35.00%). Setiap bentuk PCB berperan langsung terhadap CDMP (19.00, -13.00, dan -15.00%). PCB interference dan lack of engagement berperan terhadap IV sebesar -23.00 dan -15.00%. IV setiap bentuk PCB tidak berperan sebagai mediator dalam hubungan PCB dengan CDMP mahasiswa eksplorasi-transisi.
Career decision-making process (CDMP) is an individual skill in determining career decisions. During crisis development, transition-exploration adolescent may have difficulty in determining career goals. Two aspects stabilizer CDMP i.e.vocational identity ([VI], internal aspect) and parents? involvement in adolescent career issues (external aspect). This study investigated parental involvement in three forms (support, interference, lack of engagement) of the variable parental career-related behaviors (PCB). Based on previous research, the VI role to CDMP can be enhanced through the positive role parents. Therefore, this research investigated the VI role as a mediator in the PCB and CDMP relationship, each VI or PCB role directly to CDMP, and PCB role to IV. Research subjects of first semester (~19 years) students from a private university in Lippo Village-Tangerang were selected through simple random sampling. Data were analyzed with SPSS Amos v.22. Multivariate regression in path analysis showed the theoretical model of each form of PCB did fit with the empirical data. VI has a direct role to CDMP (38.00, 32.00, and 35.00%). Every form of PCB shows a direct role to CDMP (19.00, -13.00, and -15.00%). PCB interference and lack of engagement contribute to VI at -23.00 and -15.00%. VI of each PCB form shows no role as a mediator in the PCB and CDMP relationship on exploration-transition university students.
Universitas Tarumanagara. Department of Psychology, 2015
pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library