Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Zahra Asyifa Anandari Wibowo
"Sejumlah aplikasi kesehatan mental diketahui memiliki fitur psikoedukasi berformat teks atau artikel. Namun, pengguna mengeluhkan tipografi artikel psikoedukasi terlalu padat yang menyebabkan kesulitan memroses dan mengingat konten artikel psikoedukasi. Hal tersebut dapat menyebabkan pengguna untuk berhenti menggunakan aplikasi. Tipografi diketahui berpengaruh pada memori individu akan informasi teks, akan tetapi penelitian yang berfokus pada elemen hierarki masih sedikit. Selain itu, diduga interaksi ilustrasi dan tipografi elemen hierarki berpengaruh terhadap memori. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu pengaruh tipografi elemen hierarki dan ilustrasi terhadap memori. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif eksperimental dengan desain faktorial 2x2. Partisipan penelitian ini adalah 120 (n = 120) mahasiswa, berusia 17-30 tahun, berbahasa ibu Bahasa Indonesia, dan terbiasa menggunakan smartphone maupun mengakses internet. Penelitian ini menemukan hierarki pada teks berpengaruh positif terhadap memori. Sebaliknya, ilustrasi visual diketahui berpengaruh negatif terhadap memori. Selain itu, diketahui bahwa pengaruh tipografi elemen hierarki terhadap memori dipengaruhi oleh keberadaan ilustrasi. Dari temuan tersebut, peneliti menyarankan untuk memperhatikan penggunaan ilustrasi pada artikel agar ilustrasi tidak berpengaruh secara negatif terhadap kemampuan individu dalam mengingat informasi teks.

Several mental health applications are known to have psychoeducational features in the format of text. However, users complained that the typography of psychoeducational articles is too dense, which causes difficulty in processing and remembering. This can cause the user to stop using the application. Typography is known to affect individual memory of text, but the research that focuses on text hierarchy is still few. In addition, it is suspected that the interaction of illustrations and typography text hierarchy affects memory. Therefore, this study aimed to determine the effect of typography text hierarchy and illustrations on memory. The research method used is quantitative experimental with a 2x2 factorial design. The participants in this study were 120 (n = 120) university students aged 17-30 years, who’s native in Bahasa Indonesia, and able to use smartphones and the internet. This study found that text hierarchy improves memory. On the contrary, illustration was found to negatively affect memory. Moreover, it was found that the influence of typography text hierarchy on memory is affected by illustration. Based on these findings, it is suggested to pay attention to the use of illustrations in articles, so that it won’t negatively affect one’s ability to remember text."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Indah Chairunnisa
"Informasi yang diterima setelah kejadian atau post-event information rentan memengaruhi ingatan saksi mata akan kejadian sebenarnya. Apabila saksi menerima post-event information yang tidak konsisten dengan kejadian, saksi kesulitan mengingat kejadian aslinya sehingga detail kejadian yang disampaikan cenderung kurang akurat. Penelitian ini menggunakan desain eksperimental between subject multigroup design post-test only (N=90). Secara keseluruhan, penelitian ini dilakukan kepada tiga kelompok partisipan, yaitu kelompok eksperimen yang mendapat dua perlakuan berbeda berupa pemberian post-event information melalui sumber kredibel dan sumber non-kredibel; serta kelompok kontrol yang tidak menerima post-event information dalam bentuk apapun. Hasil analisis one-way independent measures ANOVA menunjukkan terdapat pengaruh kredibilitas sumber post-event information yang signifikan terhadap akurasi ingatan saksi mata pada kelompok yang menerima post-event information melalui sumber kredibel, sumber non-kredibel, dan yang tidak menerima post-event information dalam bentuk apapun. Analisis post-hoc Tukey’s HSD menemukan bahwa partisipan yang tidak menerima post-event information memiliki skor true memory pada ingatan saksi mata yang secara signifikan lebih tinggi dibandingkan partisipan yang menerima post-event information melalui sumber non-kredibel. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dan rujukan dalam upaya meningkatkan efisiensi dan akurasi dari keterangan saksi mata.

Information received after an event, or post-event information, is susceptible to influence eyewitness memory of the actual event. If an eyewitness receives post-event information that is inconsistent with the event, the witness has difficulty recalling the original event, leading to a tendency for the details reported to be less accurate. This study employed a between-subjects multigroup design post-test only experimental design (N=90). The research involved three groups of participants: an experimental group receiving post-event information from either a credible or non-credible source, and a control group receiving no post-event information. he results of a one-way independent measures ANOVA indicated a significant effect of the source credibility of post-event information on the accuracy of eyewitness memory among the groups receiving credible, non-credible, and no post-event information. Post-hoc analysis using Tukey's HSD revealed that participants who did not receive post-event information had significantly higher true memory scores compared to those who received post-event information from non-credible sources. This research is expected to serve as a reference and guide in efforts to improve the efficiency and accuracy of eyewitness testimony."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library