Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Andi Amalia Wildani
Abstrak :
ABSTRAK
Dukungan organisasi sangat penting bagi perawat yang mengikuti pendidikan formal sambil bekerja. Masalah yang dapat dialami selama perawat mengikuti pendidikan formal sambil bekerja yaitu masalah bagi keselamatan pasien dan kecelakaan kerja perawat. Peran dan fungsi manajer keperawatan sangat diperlukan dalam mengelola perawat yang mengikuti pendidikan formal sambil bekerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengalaman perawat mengikuti pendidikan formal sambil bekerja. Metode yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dengan 15 partisipan yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling, dan pengumpulan data melalui wawancara mendalam semi terstruktur. Hasil penelitian didapatkan tujuh tema utama yaitu motivasi perawat manajer, motivasi perawat klinis, kendala perawat, dukungan manajer keperawatan, tanggung jawab manajer keperawatan, pelaksanaan tugas perawat manajer, dan pelaksanaan tugas perawat klinis. Perawat yang mengikuti pendidikan formal sambil bekerja itu memiliki dampak positif dan negatif. Penelitian ini merekomendasikan agar rumah sakit melakukan sosialisasi ulang dan mengevaluasi pelaksanaan pendidikan formal perawat yang sambil bekerja. Penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi topik dan metode penelitian yang berbeda terkait perawat yang mengikuti pendidikan formal sambil bekerja.
ABSTRACT
Organizational support is very important for nurses joining formal education while actively working. Problems that can be experienced as long as nurses joining formal education while actively working are problems for patient safety and nurses rsquo workplace accidents. The role and function of nursing managers is necessary in managing nurses who joining formal education. This study aims to explore the experiences of nurses joining formal education while actively working. The method used is qualitative research with phenomenology approach with 15 participant selected using purposive sampling technique, and data collection through semi structured in depth interview. The results of the research are seven main themes, namely nurse manager motivation, clinical nurse motivation, nurses barrier, nurse manager support, nurse manager responsibility, nurse manager task execution, and clinical nurse task execution. Nurses joining formal education while actively working have a positive and negative impact. This study recommends that hospital can re socialize and evaluate the implementation of formal education of nurses. Further research may explore research different topics and methods related to experiences of nurses joining formal education while actively working.
2018
T50632
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ahmad Syukri
Abstrak :
Rerata persentase mahasiswa Sarjana Keperawatan ekstensi untuk melanjutkan pendidikan profesi Ners di Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK-UI) tiga tahun terakhir adalah 15,4%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat motivasi mahasiswa Sarjana Keperawatan ekstensi tingkat akhir untuk melanjutkan pendidikan profesi Ners di FIK-UI. Desain penelitian menggunakan deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling, yaitu sampel yang diambil adalah seluruh mahasiswa Sarjana Keperawatan ekstensi tingkat akhir FIK-UI yang berjumlah 53 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner dari teori Motivasi Herzberg, hasil penelitian Murphy (2006) serta Cheng (2007) berjumlah 27 soal yang telah dimodifikasi (α = 0,882, r hitung = 0,296-0,743). Analisis data menggunakan analisis univariat, yaitu distribusi frekuensi dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat motivasi responden adalah tinggi (50,9%). Upaya peningkatkan motivasi dapat dilakukan oleh institusi pendidikan dan tempat kerja, baik dalam hal kebijakan program maupun kemudahan perijinan. ...... The mean percentage of Nursing Bachelor students for continuing professional education nurses in Faculty of Nursing Universitas Indonesia (FON?s UI) in the last three years was 15.4%. The aim of this research was described the degree of final level extension Nursing Bachelor students motivation to continue professional education nurses in FON?s UI. The research used descriptive with cross sectional approach. The sampling technique used total sampling, the samples taken were all final level extension Nursing Bachelor students FON?s UI totaling 53 people. The research instrument used was a questionnaire of Herzberg motivation theory, the research of Murphy (2006) and Cheng (2007) amounted to 27 questions that have been modified (α = 0.882, r count = 0.296 to 0.743). Analysis of data used univariate, the frequency distribution and percentage. The results showed that the respondents' FON?s UI level of motivation was high (50.9%). Efforts to increasing motivation can be done by educational institutions and the workplace, both in terms of ease of licensing policies and programs.
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2016
S64198
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library