Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 55 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Wahyu Catur Wibowo
Jakarta: Elex Media Komputindo, 1991
001.642 WAH p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Suyanto
"Berawal pada pemodelan sederhana dari jaringan otak manusia, arsitektur jaringan saraf tiruan terbentuk dengan model matematika sel otak biologis atau neuron yang saling berhubungan membentuk sebuah jaringan. Dalam jaringan saraf tiruan ini, keterkaitan antar neuron diatur sedemikian rupa sehingga membentuk lapisan-lapisan, yakni lapis masukan, lapis tersembunyi dan lapis keluaran. Penelitian ini memperkenalkan sistem pengenalan objek tiga dimensi (3D). Data yang digunakan sebagai masukan adalah data image 2D serta memasukkan bobot tambahan yang nilainya berdasarkan pada sudut pandang. Sistem yang diperkenalkan berdasarkan pada MLP dengan pembelajaran propagasi balik. Karena sistem ini mengakomadasi sudut pandang pada pengenalan, maka perlu penyesuaian terhadap struktur lapis tersembunyi dengan melakukan modifikasi dari bentuk konvensional ke bentuk silindris (Cylindrical Hidden MLP-BP, atau CHMLP-BP). Pada penelitian ini dilakukan desain eksperimen yang dibedakan menurut perbandingan (ratio) antara data pelatihan dan data pengujian (NI/Np). Secara eksperimental ditunjukkan bahwa dengan hanya menggunakan rasio NI/Np = 50%:50%, performansi sistem untuk pengenalan objek-objek 3D yang sederhana mendekati 87%."
Depok: Universitas Indonesia, 1999
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Taufik Darwis
"Dalam perencanaan produksi diperlukan suatu Penjadwalan Induk Produksi (PIP) yang mampu mengatur pemakaian sumber daya yang terbatas dalam menghasilkan produk berdasarkan prioritas pesanan yang datang. Dalam mengembangkan suatu PIP salah satu caranya dilakukan dengan mensimulasikan komponen masukan untuk menghasilkan produk dalam jumlah dan waktu yang tepat. Adapun komponen masukan PIP yang menjadi fokus perhatian adalah: pesanan (order), bahan (material), mesin (resource), pengiriman (shipment), ramalan (forecasting), pesanan terlunda (backlog) dan persediaan (inventory). Aplikasi Simulator yang dikembangkan selanjutnya diujicobakan untuk jenis produk perabotan (meubelair). Simulator ini dikembangkan dengan menggunakan teknik pendekatan beorientasi objek. PIP yang dihasilkan dari simulator merupakan pengabungan 2 (dua) teknik yaitu Teknik Fase Waktu dan Teknik Penghitungan Kebutuhan Bersih dan Kotor. Kontribusi yang dihasilkan dari Aplikasi simulator ini adalah: dapat melakukan penyimpanan data secara simultan, tampilan data yang disajikan mempunyai informasi yang lebih lengkap jika dibandingkan dengan PIP yang ada di lapangan dan mempunyai fleksibilitas dalam rangka mempertimbangkan kebutuhan perubahan data di lapangan seperti penambahan komponen produk. Dari hasil uji coba dengan data di lapangan, aplikasi ini dapat memberikan masukan kepada proses perencanaan produksi dalam hal efesiensi pemakaian material, penggunaan mesin, tingkat pencapaian jumlah dan tingkat pencapaian waktu produksi. Supaya aplikasi ini dapat digunakan secara lebih aplikatif untuk perusahaan dengan skala produksi lebih besar perlu dilakukan studi untuk melengkapi data dalam hal misalnya peramalan dengan menggunakan programa liner dan optimalisasi yang ada pada riset operasi (operation research). Dan agar aplikasi ini dapat digunakan untuk berbagai jenis produk diperlukan suatu kajian yang dapat menggeneralisasi karakteristik setiap produk tersebut."
Depok: Universitas Indonesia, 1996
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 1997
S26912
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 1996
S26914
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Grady, Booch
Redwood City: Benjamin/Cummings Pub, 1994
005.11 BOO o
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Sully, Phil
New York: Prentice-Hall, 1993
005.11 SUL m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Ardiati Utami S.
"Teknologi informasi menjadi pendorong utama bagi perubahan dan pengembangan di bidang pendidikan. Salah satu implementasi teknologi informasi adalah portal yang menyediakan akses khusus mengenai suatu materi yang disajikan secara 'online' di Internet. Pada tugas akhir ini dibuat suatu portal yang menyajikan materi pembelajaran dengan studi kasus 'Object Oriented Software Engineering' menggunakan PHP.
Dalam implementasinya, portal ini menggunakan Ruby on Rails (RoR) sebagai bahasa pemrograman dan 'framework'-nya. RoR merupakan bahasa pemrograman yang berjalan pada 'framework' Rails. RoR telah menerapkan konsep pemrograman berorientasi object sehingga mempermudah pemeliharaan dan pengembangan aplikasi portal pembelajaran selanjutnya.
Pada tugas akhir ini, materi pembelajaran dikemas dalam bentuk tulisan (teks), 'slide' presentasi, bahan pendukung materi, serta video pembelajaran. Video pembelajaran ditujukan agar dapat diimplementasikan menggunakan alat multimedia sejenis Zune/iPod yang dapat menjadi standar pembelajaran dengan 'podcasting'. Dalam membuat video digunakan 'software' pendukung seperti Total Video Converter, Ulead Video Studio, dan iTunes untuk mengolah video agar dapat didukung oleh media 'player'.
Aplikasi portal pembelajaran ini kemudian diuji coba oleh sepuluh orang pengguna sistem. Hal-hal yang diujikan diantaranya adalah pengetahuan penguji tentang bahasa pemograman, hasil aplikasi dilihat dari karakteristik sistem, dan mengenai pendapat umum penguji terhadap teknologi yang digunakan dalam aplikasi portal pembelajaran ini. Dari hasil pengujian didapatkan informasi bahwa pengetahuan mengenai Ruby on Rails masih sangat sedikit meskipun konsep 'Object Oriented Programming' sudah banyak dipahami. Tetapi untuk pengembangan ke depan, sistem portal berbasis 'Ruby on Rails' dan 'podcasting' ini layak untuk dikembangkan lebih lanjut.
......
Information technology becomes main factor for regulation and development of education. One of the information technology implementation is portal technology which is provide particular access about particular matery presented online on the Internet. In this Final Project created a portal whish provide learning materials with Object Oriented Software Engineering case study with PHP.
In the implementation of this portal, we use Ruby on Rails (RoR) as programming language and framework. Ruby is a programming language which is run on Rails framework. RoR has implemented object oriented programming which make it easier to maintain and develope for next learning portal application.
In this Final Project, learning material has been packages in the format of text, presentation slide, learning material support, and video content. Video content is designated to be implemented using multimedia devices such as Zune/iPod which is one of the podcasting standar learning. We use video converter to make video such as Total Video Converter, Ulead Video Studio, and iTunes to manage video to be supported by media player.
This learning portal application subsequently tested by ten users. Some features such as basic knowledge about programming language and application result from the characteristic system are tested by user. And finally, general opinion about the technology that has been used on the application. From the testing result show that user knowledge about Ruby on Rails still very low though concept about Object Oriented Programming have comprehended by many user. However, in the case of forward development, this portal system which based on Ruby on Rails and podcasting competent to be developed furthermore."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
S51042
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Nugroho Gito Prasojo
"Aspect Oriented Programming (AOP) dikemukakan oleh Tim Xerox PARC dibawah pimpinan Gregor Kiczales, dimana teknik ini mencoba untuk mengidentifikasi cross cutting code yang tersebar di dalam banyak class di kelompokkan menjadi sebuah aspect, dimana aspect ini akan di injeksikan ke dalam titik perpotongan (point cut) didalam class, tanpa class tersebut mengetahuinya. Keuntungan yang didapat dari teknik ini adalah mengurangi tangled code dan membuat code lebih fokus pada core concern, dan membuat sistem dapat lebih adaptif terhadap perubahan dengan memperkenalkan aspect baru tanpa merubah code yang telah ada. Proyek akhir ini memfokuskan pada pembuatan mini AOP framework yang di sebut dengan MTIUI.Aop, dan di terapkan dalam sistem Card Fraud Monitoring (CFM). CFM adalah aplikasi bertugas untuk melakukan preotorisasi transaksi berbasis kartu dan melakukan pencegahan fraud berdasarkan pola transaksi nasabah. Menggunakan prinsip dasar AOP, proyek akhir ini akan melakukan analisa aspect oriented terhadap sistem berbasis object oriented, untuk kemudian dilakukan perubahan struktur sistem agar aspect oriented dapat diterapkan tanpa mengubah perilaku fungsional sistem.

Aspect Oriented Programming was originated from Xerox Palo Alto Research Center (PARC) team lead by Gregor Kiczales. This technique tries to identify cross cutting code that span in all class, and group them together in an aspect, where later this aspect will be injected to a point cut inside the class, without the class have any knowledge of the injection. Important benefit from this technique is reducing tangled code and focusing code mainly to core concern, and change the system structure to become more adaptive to changes by introducing new aspects without changing existing code. This final project primary focus on the creation of mini AOP framework called MTIUI.Aop, and applying the framework to Card Fraud Monitoring system (CFM). CFM is an application that does the card based transaction preauthorization to prevent fraud based on customer transaction behavior. By using AOP principles, this final project will do an aspect oriented analysis from an object oriented system. The structural change on the sistem will be applied to allow aspect oriented behavior inside the system, without changing its functional behavior."
Depok: Universitas Indonesia, 2005
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ambarita, Jeffry Oliver Amerson
"Proyek akhir ini menjelaskan bagaimana menerapkan metode berorientasi obyek dengan pemodelan Unified Modeling Language (UML) untuk pengembangan aplikasi portal informasi berbasis web. Studi kasus mengenai pengembangan aplikasi tersebut diambil dari PT. Sanghiang Perkasa, sebuah perusahaan Indonesia yang bergerak pada industri makanan kesehatan dan nutrisi. Perusahaan ini membutuhkan suatu wadah yang dapat memfasilitasi penyebaran dan pertukaran informasi secara internal, dan portal informasi korporat berbasis web merupakan sebuah solusi yang tepat.
Proyek akhir ini bertujuan untuk menghasilkan analisa dan rancangan portal informasi korporat PT. Sanghiang Perkasa, dengan menggunakan pendekatan berorientasi obyek yang menggunakan UML sebagai notasi pemodelan. Tahapan-tahapan yang dilalui pada proyek pengembangan portal informasi korporat ini adalah tahapan perencanaan, analisa dan perancangan. Rangkaian tahapan tersebut mengacu terhadap pendekatan analisa dan perancangan sistem berorientasi obyek yang disederhanakan menurut Dennis et al. (2005). Tahapan perencanaan mencakup identifikasi proyek, analisa kelayakan proyek, serta pemilihan proyek; tahapan analisa meliputi kegiatan pendefinisian kebutuhan pengguna, pemodelan fungsional, pemodelan struktural dan pemodelan perilaku; dan pada tahapan perancangan dilakukan perencanaan perancangan, perancangan lapisan manajemen data, perancangan lapisan antarmuka dan perancangan lapisan arsitektur fisik. Proyek akhir ini tidak mencakup tahapan implementasi aplikasi portal informasi.
Hasil dari proyek akhir ini adalah dokumentasi analisa dan rancangan portal informasi korporat PT. Sanghiang Perkasa. Proyek akhir ini menunjukkan bahwa pendekatan berorientasi obyek dengan pemodelan UML dapat diterapkan untuk menganalisa dan merancang sebuah portal informasi berbasis web. Namun juga ditemui kesulitan dalam menyusun dokumentasi dari setiap tahapan, kesulitan ini berkaitan dengan sifat iterative dan incremental dari pengembangan sistem dengan pendekatan berorientasi obyek. Kesulitan ini juga disebabkan oleh adanya beberapa tahapan yang dilakukan secara bersamaan, sehingga seringkali perlu kembali ke tahapan sebelumnya untuk melakukan perbaikan jika ditemukan gagasan-gagasan baru.
Karena proyek akhir ini hanya dilakukan hingga tahap perancangan, disarankan pengembangan selanjutnya dapat meneruskan tahap implementasi yang belum dilakukan. Selain itu, setiap tahapan pada proyek pengembangan portal informasi korporat ini sebaiknya dilakukan dengan lengkap, sesuai dengan panduan yang direkomendasikan oleh Dennis et al. (2005).

This final project examines how to apply object oriented modeling method using Unified Modeling Language (UML) notation to develop a web-based information portal application. The corporate information portal project at PT. Sanghiang Perkasa is selected as the case study for this final project. PT. Sanghiang Perkasa is an Indonesian health food company, which currently in need of a tool that can facilitate internal information broadcast and exchange, and a web-based corporate information portal is seen as the best solution.
The objective of this final project is to construct an analysis and design of the corporate information portal for PT. Sanghiang Perkasa, by using the object oriented approach with UML notations. This project follows a series of phases, which includes planning, analysis and design. These phases are in accordance to the minimalist object-oriented systems analysis and design by Dennis et al. (2005). The planning phase includes project identification, feasibility analysis and project selection; the analysis phase includes requirements determination, functional modeling, structural modeling and behavioral modeling; and during the design phase, the activities conducted are design planning, data management layer design, interface layer design, and physical architecture layer design. This project does not cover the implementation of the information portal application.
The deliverable of this final project is a documentation of analysis and design of the corporate information portal of PT. Sanghiang Perkasa. The documentation provides an analysis result that defines the user requirements, and shows the functional, structural and behavioral model that should be considered when implementing the information portal. This final project also shows that object oriented approach with UML notations can be applied to analyze and design a web-based corporate information portal. Difficulties were also encountered when documenting each phase and the difficulties relates to the iterative and incremental nature of the object-oriented approach. The difficulties are also caused by the phases that are conducted in a parallel manner, which often leads to going back to the previous phase(s) to make improvements if new ideas are found.
Because this project is limited to the design phase, it is recommended that the implementation phase should be completed in future development. In addition, each phase of the corporate information portal development project should be entirely performed, in accordance to the guidelines recommended by Dennis et al. (2005).
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2006
PA-92
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6   >>