Search Result  ::  Save as CSV :: Back

Search Result

Found 2 Document(s) match with the query
cover
Audy Dwi Putra
"Skid resistance dihasilkan dari gesekan antara permukaan jalan dan ban kendaraan. Skid resistance ini juga memiliki hubungan antara gaya vertikal dan gaya horizontal dari geseran ban di permukaan perkerasan. Keselamatan berkendara dipengaruhi oleh skid resistance permukaan jalan, meningkatnya gesekan permukaan jalan dapat diperoleh dengan ketahanan slip yang tinggi.
Dalam penelitian ini, Crumb Rubber dan Asbuton Retona Blend telah digunakan sebagai aditif untuk proses daur ulang aspal agregat atau Reclaimed Asphalt Pavement RAP pada campuran aspal panas. Persentase CR yang digunakan adalah 0 hingga 1,0. Pengujian Skid resistance menggunakan British Pendulum Tester telah dilakukan menggunakan variasi suhu 25°C, 30°C, 35°C, 40°C, 45°C, 50°C, di mana rentang tersebut adalah suhu yang paling umum terjadi di Indonesia. Nilai Skid Resistance pada pengujian menggunakan British Pendulum Tester dilaporkan sebagai British Pendulum Number BPN.
Crumb Rubber mengubah komposisi gradasi agregat pada campuran aspal, hal ini telah meningkatkan kinerja campuran aspal pada nilai stabilitas Marshall jika dibandingkan dengan campuran aspal tanpa Crumb Rubber. Campuran aspal beserta agregat daur ulang dengan penambahan Crumb Rubber memiliki keuntungan pada suhu tinggi sehingga campuran tersebut berfungsi lebih efektif.
Hasil pengujian Skid Resistance pada campuran RAP dengan Crumb Rubber memiliki trend meningkat terhadap suhu, sehingga dapat disimpukan bahwa CR mampu meningkatkan tahanan gelincir permukaan aspal.

Skid resistance is a results from friction between the road surface and the vehicle tire. This is the relationship between the vertical force and the horizontal force of the tire slide at the surface of the pavement. Driving safety is influenced by skid resistance of road surface, the increasing of road surface pavement friction can be obtained by high slip resistance.
In this study, Crumb Rubber and Asbuton Retona Blend were used as additives to the aggregate from asphalt recycling process or known as Reclaimed Asphalt Pavement RAP. The percentage of crumb rubber used are 0 and 1.0 Skid resistance testing using the British Pendulum Tester had carried out in temperature variations of 25°C, 30°C, 35°C, 40°C, 45°C, 50°C, since those temperatures are the most common pavement temperature in Indonesia. Skid Resistance values using the British Pendulum Tester are reported as British Pendulum Number BPN.
Crumb Rubber has changed the aggregate gradation composition on the asphalt mixture, this has changed the asphalt performance tends to be better on Marshall rsquo s stability compared to the asphalt without CR. The mixture of asphalt and RAP with the addition of Crumb Rubber tends to have an advantage at high temperatures so that the asphalt mixture has functioned more effectively.
The result of Skid Resistance test in RAP and CR mixtures indicates that it increases as the temperature rises, hence it can be concluded that CR capable to improve the slip resistance of asphalt pavement surface.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Alfin Nurwana
"Nilai Skid resistance merupakan salah satu faktor penting dalam permukaan perkerasan jalan. Skid resistance pada permukaan jalan harus sesuai standar dan spesifikasi untuk menunjang keamanan dan kenyamanan pengguna jalan dalam berkendara. Di dalam penelitian ini bisa dilihat bagaimana pengaruh suhu permukaan terhadap kekesatan jalan. Nilai skid resistance semakin menurun seiring dengan pertambahan suhu permukaan, dimana turunnya nilai skid resistance menunjukkan kekesatan yang semakin berkurang. Pengujian Skid Resistance terdiri dari dua metode yaitu metode kenaikan suhu dan penurunan suhu dimana variasi suhu dalam penelitian ini adalah 26 °C, 30 °C, 35 °C, 40 °C, 45 °C, dan 50 °C. Campuran yang digunakan pada pengujian ini menggunakan campuran aspal modifikasi yang terdiri dari agregat AC-WC, asbuton, oli bekas, dan aspal minyak pen 60/70. Di dalam komposisi nya, diutamakan penggunaan asbuton untuk mengurangi penggunaan aspal minyak di lapangan. Terdapat 4 variasi campuran yang dibedakan berdasarkan spesifikasi agregat dan suhu pencampuran serta suhu pemadatan. Pada penelitian ini juga dibahas mengenai nilai VMA akibat dari perubahan gradasi serta suhu pemadatan. Nilai VMA merupakan volume rongga antar agregat yang akan semakin membesar jika jarak antar agregat semakin jauh. Kaitannya dengan nilai skid resistance, dapat dilihat bahwa campuran dengan gradasi spesifikasi batas atas memiliki nilai skid resistance yang lebih tinggi dibanding spek bawah, begitu pula dengan nilai VMA nya.

Skid resistance value is one of the important factors in road pavement surface. Skid resistance on the road surface must comply with standards and specifications to support the safety and comfort of road users in driving. In this study, it can be seen how the influence of surface temperature on road roughness. The value of skid resistance decreases along with the increase in surface temperature, where the decrease in the value of skid resistance indicates a decrease in roughness. Skid Resistance testing consists of two methods, namely the method of increasing temperature and decreasing temperature where the temperature variations in this study are 26 °C, 30 °C, 35 °C, 40 °C, 45 °C, and 50 °C The mixture used in the test It uses a modified asphalt mixture consisting of AC-WC aggregate, asbuton, used oil, and 60/70 pen oil asphalt. In its composition, the use of asbuton is prioritized to reduce the use of oil asphalt in the field. There are 4 variations of the mixture which are distinguished based on the specifications of the aggregate and the mixing temperature and compaction temperature. This study also discusses the value of VMA due to changes in gradation and compaction temperature. The VMA value is the volume of the voids between the aggregates which will increase if the distance between the aggregates is getting further away. In relation to the skid resistance value, it can be seen that the mixture with the gradation of the upper limit specification has a higher skid resistance value than the lower spec, as well as the VMA value."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library