Ditemukan 6 dokumen yang sesuai dengan query
Fachmi Idris, author
Peningkatan jumlah kunjungan pasien ke rumah sakit pada awal masa pemberlakuan program Kartu Jakarta Sehat (KJS) disebabkan belum optimalnya sistem pelayanan kesehatan berjenjang. PT Asuransi Kesehatan (PT Askes) bersama Dinas Kesehatan DKI Jakarta melakukan berbagai upaya dalam bentuk paket intervensi untuk mengoptimalkan sistem tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas...
Universitas Sriwijaya, Fakultas Kedokteran, Bagian Ilmu Kesehatan Masyarakat/Ilmu Kedokteran, 2014
Pdf
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Rialike Burhan, author
Perempuan terinfeksi human immunodeficiency virus dan acquired immune
deficiency syndrome (HIV/AIDS) mempunyai permasalahan yang kompleks
sehubungan dengan penyakit dan statusnya, sehingga mereka mempunyai
kebutuhan yang khusus. Kebutuhan perawatan, dukungan dan pengobat-
an tersebut dapat diperoleh dengan mengakses pelayanan kesehatan yang
tersedia untuk dapat mengoptimalkan kesehatan mereka sehingga dapat
meningkatkan kualitas hidup. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis
hubungan...
Jurusan Kebidanan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Bengkulu, 2013
PDF
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Viviyanti Azwar, author
Penurunan mutu pelayanan Rumah Sakit Umum Pusat Dr. M. Djamil
merupakan penentu bagi kinerja rumah sakit sebagai perusahaan jasa.
Penurunan mutu pelayanan diindikasikan dengan penurunan rata-rata
pelayanan periode tahun 2008-2010 pada instalasi radiologi mencapai
11,29%, laboratorium 5,19%, farmasi 18,5%, instalasi rehabilitasi medik
3,74%, gizi 9,12%, pemulasan jenazah 11,86%, operasi 5,29%, dan hemo-
dialisa 3,62%. Penelitian ini...
Rumah Sakit Umum Pusat Dr. M. Djamil Padang, 2013
PDF
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Dadang Kusnadi, author
Kenyamanan, keamanan, dan kepuasan pelayanan pasien merupakan
fenomena pelayanan yang mencerminkan kualitas. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui pengaruh implementasi kebijakan perubahan sta-
tus kelembagaan rumah sakit terhadap kualitas pelayanan pasien.
Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif dan metode explanatory sur-
vey. Metode analisis meliputi regresi linier multipel dengan uji validitas pro-
duct moment pearson, uji reliabilitas...
Universitas Padjadjaran, Fakultas Kedokteran, Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, 2012
PDF
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Ede Surya Darmawan, author
Pemberdayaan masyarakat adalah salah satu strategi dalam pembangunan kesehatan yang digunakan oleh pemerintah Indonesia. Pemberdayaan masyarakat ini menjadi salah satu fungsi puskemas yang wajib dijalankan oleh seluruh puskesmas di tanah air. Walaupun strategi pemberdayaan masyarakat sudah lama digunakan, sampai sekarang belum ada instrumen spesifik untuk mengukur tingkat pemberdayaan masyarakat pada...
Depok: Universitas Indonesia, 2012
PDF
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Solha Elrifda, author
Patient safety adalah salah satu komponen kritis dari mutu pelayanan kesehatan. Banyak kesalahan pelayanan dikaitkan dengan budaya patient safety. Catatan tentang kesalahan pelayanan di berbagai negara menunjukkan angka yang mengkhawatirkan, sementara di Indonesia belum ada catatan resmi. Demikian halnya dengan budaya patient safety dan kesalahan pelayanan di rumah sakit Kota...
Jurusan Keperawatan Politeknik Kesehatan Jambi, 2011
PDF
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library