Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Felicia Gabriella
"Perkembangan teknologi telah mendorong media digital untuk memaksimalkan berbagai bentuk media hiburan melalui konten audio on demand di media baru dalam bentuk podcast. Dalam kajian ini, Noice menjadi platform media yang menyediakan wadah penyebaran storytelling melalui konten podcast secara orisinal dan sebagai wadah bagi seseorang untuk mencari hiburan. Keterlibatan seseorang dengan podcast menjadi pengalaman individualnya masing-masing dan komedi menjadi genre yang paling diminati dalam konteks pemenuhan kebutuhan akan media hiburan. Melalui metode pengamatan digital non partisipan dan wawancara guna memperkuat hasil analisis, ditemukan bahwa program podcast “Musuh Masyarakat” dan “Trio Kurnia” pada platform Noice yang sama-sama bergenre komedi merupakan podcast yang menjadi konten podcast pertama yang dicari ketika individu ingin memenuhi hasrat untuk merasa terhibur, meningkatkan mood ke arah positif, serta rela mengeluarkan uang untuk mendengar episode berbayar sebagai salah satu bentuk apresiasi dan dukungan kepada para kreator podcast.

Technological developments have encouraged digital media to maximize various forms of entertainment media through audio on demand content in new media in the form of podcasts. In this study, Noice becomes a media platform that provides a forum for spreading storytelling through original podcast content and as a place for someone to seek entertainment. A person's involvement with a podcast is an individual experience and comedy is the most popular genre in the context of fulfilling the need for entertainment media. Through non-participant digital observation methods and interviews to strengthen the results of the analysis, it was found that the podcast programs named "Musuh Masyarakat'' and "Trio Kurnia" on the Noice platform, both of which have a comedy genre, are the podcasts that become the top of mind podcast content sought after when individuals want to fulfill their desire to feel entertained, improve mood in a positive direction, and are willing to spend money to listen to paid episodes as a form of appreciation and support for podcast creators."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Ridhwan Ahmad Rizqiansyah
"Sebagai kesatuan semantik, wacana membentuk struktur yang variatif, baik dari superstruktur atau makrostrukturnya. Perkembangan teknologi dan medium komunikasi memunculkan bentuk wacana baru, yaitu wacana siniar. Melalui siniar, seseorang dapat menceritakan pengalamannya, termasuk pengalamann mistiknya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji superstruktur dan makrostruktur wacana siniar pengalaman mistik @shasyanapa saat KKN melalui hubungan antarproposisi. Kami menggunakan siniar pengalaman mistik @shasyanapa berjudul “KKN Malang” yang diunggah pada 22 Juli 2019 dalam kompilasi siniar horor Do You See What I See yang dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teori hubungan antarproposisi yang dikemukakan oleh Larson (1984) dan teori struktur narasi yang dikemukakan oleh Labov dan Waletzky (1999). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa superstruktur wacana siniar pengalaman mistik @shasyanapa saat KKN serupa dengan superstruktur wacana naratif, tetapi lebih kompleks dengan bagian-bagiannya yang dapat terdiri lebih dari satu bagian. Sementara itu, dari segi makrostrukturnya, sebagian besar wacana siniar pengalaman mistik @shasyanapa saat KKN dibangun oleh hubungan logis, hubungan penambahan kronologis, hubungan penjelasan dengan pengungkapan kembali, hubungan penjelasan tanpa pengungkapan kembali, dan hubungan orientasi. Kelima hubungan tersebut dibutuhkan narator untuk membentuk wacana siniar yang padu, terperinci, logis, dan kronologis.

As a semantic unity, discourse forms a varied structure, either from its superstructure or macrostructure. The development of technology and communication medium has given rise to a new form of discourse, namely podcast discourse. Through the podcast, one can tell her experiences, including her mystical experiences. Therefore, this study aims to examine the superstructure and macrostructure of @shasyanapa mystical experience podcast discourse during KKN through the relationship between propositions. We use @shasyanapa’s mystical experience podcast discourse entitled “KKN Malang” which was uploaded on July 22, 2019, in the horror podcast compilation Do You See What I See which was analyzed using a qualitative descriptive method. This study used the theory of the relationship between propositions proposed by Larson (1984) and the theory of narrative structure proposed by Labov and Waletzky (1999). The results of this study denote that the superstructure of @shasyanapa’s mystical experience podcast discourse during KKN is similar to the superstructure of narrative discourse, but is more complex with parts that can consist of more than one part. Meanwhile, in terms of macrostructure, @shasyanapa’s mystical experience podcast discourse during KKN was built by logical relationships, chronological addition relationships, the restatement explanatory relationship, the nonrestatement explanatory relationship, and orientation relationship."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2021
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Tsaniah Nerine
"Media digital baru merupakan tempat bagi seseorang mendapatkan informasi sesuai dengan apa yang mereka butuhkan pada saat itu juga, salah satunya adalah Spotify. Melalui Platform ini, seseorang bisa mendapatkan informasi dari berbagai macam jenis podcaster yang menggunggah berbagai konten podcastnya. Diantara banyaknya pilihan podcast, para orang tua milennial yang membawakan topik parenting menjadi perhatian bagi banyak orang. Popularitas dari banyaknya konten yang diunggah, memotivasi parenting podcast untuk menetapkan strategi impression managementyang akan membantunya dalam membangun identitas yang diinginkan. Tulisan ini menganalisis startegi impression management yang digunakan oleh tiga parenting podcast yang menjadi fokus dari penelitian, yaitu Podcast DariTadi Yuk Yak Yuk, Curhat babu, dan Obrolan Babibu. Terdapat lima impression management yang bisa digunakan, yaitu ingratiation, selfpromotion, exemplification, intimidation, dan supplication. Metodologi yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis konten. Peneliti melakukan analisis pada setiap konten yang diunggah oleh ketiga parenting podcasttersebut. Hasil analisis menunjukan bahwa dalam pengaplikasiannya, tiga parenting podcast tersebut berhasil menerapkan strategi ingratiation, self-promotion, exemplification, dan supplication. Masing-masing dari mereka juga menggunakan satu strategi yang lebih mendominasi dari strategi lainnya, yaitu strategi exemplification yang digunakan oleh Podcast DariTadi Yuk Yak Yuk dan Obrolan Babibu, dan strategi self-promotion yang digunakan oleh Podcast Curhat Babu. Dengan menjalan strategi tersebut secara konsisten, parenting podcast akan menetapkan identitas mereka sebagai podcast dengan konten yang kompeten, kredibel, menghibur, dan memotivasi bagi para pendengarnya.

The new digital media is a place that people could obtain information in accordance with what they need at the given time, one of which being Spotify. Through this platform, anyone can obtain information from a variety of podcasters who upload various contents. Amongst the many options of podcasts, millennial parents who bring the topic of parenting catches the attention of great amount of people. The popularity from the many contents they upload, motivates parenting podcast to implement an impression management strategy which would assist them in building the identity they desire. This research is aiming to analyse which impression management strategy that is being utilized by the three parenting podcasters that are the focus of this research. There exists 5 impression management that could be utilized: ingratiation; self-promotion; exemplification; intimidation; and supplication. The methodology used in this research is content analysis. The author conducted an analysis on the contents uploaded by the three parenting podcasts. The result of the analysis showed that in their application, the three parenting podcasts has successfully utilized the ingratiation, self-promotion, exemplification, and supplications strategies. Each of them applies one strategy more dominantly than the other, exemplification strategy used by Podcast DariTadi Yuk Yak Yuk and Obrolan Babibu, and self-promotion strategy used by Podcast Curhat Babu. By applying the said strategies consistently, the parenting podcasts will establish their identity as a podcast with content that is competent, credible, entertaining, and motivating for their listeners."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Jackson, Holly
London: Electric Monkey, 2020
813 JAC g
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library