Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Dwiyantoro
"osttraumatic Growth adalah suatu proses bentuk adaptasi akibat adanya trauma yang menjadikan seorang individu lebih positif serta konstruktif dari hitungan hari sampai tahun. Permasalahan pada penyintas Covid-19 adanya tindakan diskriminasi, stigma, pengucilan sosial, kecemasan, depresi, perasaan bersalah, takut, marah, kelemahan otot, kesulitan tidur, gangguan penciuman, gangguan pengecapan.Tujuan penelitian kualitatif fenomenologi ini untuk mengeksplorasi Posttraumatic Growth (PTG) pada Perawat Penyintas Covid-19 di RS X Bandar Lampung. Partisipan dalam penelitian ini adalah perawat penyintas Covid-19 yang berjumlah 10 orang dengan kriteria inklusi perawat yang terkonfirmasi Covid-19 di RS X Bandar Lampung pada Oktober 2020-Desember 2021 yang sudah dinyatakan sembuh oleh dokter, perawat yang dinyatakan lolos menjadi partisipan berdasarkan dari skrining PTG dengan nilai ≥ 1, perawat yang tidak mengalami gejala PTSD , perawat yang bersedia menjadi partisipan, perawat yang bekerja di dalam pelayanan dengan minimal pendidikan D3, perawat yang sudah aktif bekerja kembali. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan memperhatikan etika penelitian. Data yang diperoleh kemudian dilakukan analisis dengan Colaizzi. Hasil penelitian didapatkan ada 6 tema yaitu: 1) sikap perawat penyintas Covid-19 terhadap peristiwa yang membuat hati menjadi lebih tenang, 2) keinginan perawat penyintas Covid-19, 3) perubahan pola hidup dalam menjaga kesehatan, 4) dampak Covid-19 pada aspek spiritual, 5) dampak Covid-19 dalam melakukan asuhan keperawatan, 6) dampak Covid-19 pada aspek sosial. Hasil penelitian ini merekomendasikan agar fasilitas pelayanan kesehatan dapat memberikan dukungan kepada perawat penderita Covid-19 berupa skrining tingkat stres ataupun membantu masalah yang dialami perawat, sehingga apabila ada gangguan kejiwaan pada perawat dapat segera diberikan pendampingan ataupun pemberian dukungan.
......Posttraumatic Growth is a process of adaptation due to trauma that makes an individual more positive and constructive from days to years. Problems with Covid-19 survivors are discrimination, stigma, social exclusion, anxiety, depression, feelings of guilt, fear, anger, muscle weakness, difficulty sleeping, olfactory disorders, taste disorders. The purpose of this qualitative phenomenological study is to explore Posttraumatic Growth (PTG). to the Covid-19 Survivor Nurse at RS X Bandar Lampung. Participants in this study were 10 Covid-19 survivor nurses with the inclusion criteria of nurses who were confirmed to be Covid-19 at RS X Bandar Lampung in October 2020-December 2021 who had been declared cured by doctors, nurses who were declared qualified to be participants based on screening. PTG with a value of 1, nurses who do not experience PTSD symptoms, nurses who are willing to be participants, nurses who work in services with a minimum of D3 education, nurses who have been actively working again. Data were collected through in-depth interviews with regard to research ethics. The data obtained were then analyzed with Colaizzi. The results of the study found that there were 6 themes, namely: 1) the attitude of nurses who survived Covid-19 towards events that made the heart calmer, 2) the wishes of nurses who survived Covid-19, 3) changes in lifestyle in maintaining health, 4) the impact of Covid-19 on health. spiritual aspects, 5) the impact of Covid-19 in carrying out nursing care, 6) the impact of Covid-19 on social aspects. The results of this study recommend that health care facilities can provide support to nurses with Covid-19 in the form of screening stress levels or helping with problems experienced by nurses, so that if there are psychiatric disorders in nurses, they can immediately be given assistance or support."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ikhwanudin
"Angka kejadian angka kejadian perundungan kerap terjadi di lingkungan pendidikan sekolah atau Pondok Pesantren semakin meningkat secara global, termasuk di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh terapi suportif (TS) terhadap Postraumatic Growth pada remaja korban perundungan. Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimental dengan jumlah sampel 66 orang yang dibagi menjadi 33 remaja dalam kelompok intervensi yang mendapatkan terapi suportif dan 33 remaja dalam kelompok kontrol yang tidak mendapatkan intervensi terapi suportif . Uji analisis yang digunakan yaitu dependent t-test dan independent t-test. Hasil uji analisis dependent t-test menunjukkan pemberian intervensi terapi suportif dapat meningkatkan nilai Postraumatic Growth dari dari 10,30 (kategori rendah) menjadi 21,52 (kategori tinggi) terdapat pengaruh secara bermakna (p-value < 0,05) dengan selisih sebesar 11,212). sedangkan hasil uji analisis independent t-test menunjukan nilai Postraumatic Growth pada kelompok yang mendapatkan intervensi terapi suportif sebesar 21,52 dan 11,64 pada kelompok yang tidak mendapatkan tindakan intervensi terapi suportif dengan selisih sebesar 9,879. Hal ini berarti bahwa terdapat perbedaan Postraumatic Growth secara bermakna (p-value < 0,05). Bedasarkan hasil penelitian pengaruh terapi suportif maka terapi suportif direkomendasikan pada remaja Postraumatic Growth untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah pada remaja korban perundungan.
......The number of incidents of bullying that often occur in the educational environment of schools or Islamic boarding schools is increasing globally, including in Indonesia. The purpose of this study was to determine the effect of supportive therapy (TS) on posttrauma growth in adolescent victims of bullying. This study used a quasi-experimental design with a sample size of 66 people who were divided into 33 adolescents in the intervention group who received supportive therapy and 33 adolescents in the control group who did not receive supportive therapy. The analytical test used is the dependent t-test and independent t-test. The results of the dependent t-test analysis showed that giving supportive therapy interventions could increase the value of posttrauma growth from 10.30 (low category) to 21.52 (high category). There was a significant effect (p-value <0.05) with a difference of 11.212). while the results of the independent t-test analysis showed that the posttrauma growth value in the group that received supportive therapy intervention was 21.52 and 11.64 in the group that did not receive supportive therapy intervention with a difference of 9.879. This means that there is a significant difference in posttrauma growth (p-value <0.05). Based on the results of research on the effect of supportive therapy, supportive therapy is recommended for post-traumatic growth adolescents to improve the ability to solve problems in adolescent victims of bullying"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library