Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Teddy Bertrand
"Dalam proyek pembangunan, terdapat berbagai risiko yang mungkin terjadi. Risiko-risiko tersebut dapat merugikan perusahaan dalam hal peningkatan biaya, terhambatnya kegiatan operasional, dll. Terkait hal tersebut, penelitian ini mengkaji aspek risiko dan finansial dalam proyek pembangunan Mini LNG Plant Semar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran kemungkinan risiko yang terjadi dan dampak dari risiko tersebut terhadap nilai ekonomi proyek pembangunan ini.
Penelitian ini menggunakan metodologi Project Risk Management yang terdiri dari Risk Identification, Qualitative Risk Analysis, Quantitative Risk Analysis, dan Risk Responses and Planning. Untuk melakukan identifikasi kemungkinan risiko yang terjadi dalam proyek digunakan Kuesioner Risk Identification. Daftar kemungkinan risiko yang didapat, kemudian dikelompokan dalam model Risk Register, lalu dilakukan pembobotan jenis risiko berdasarkan probabilitas dan dampak risiko dalam proyek. Perhitungan dampak risiko secara kuantitatif menggunakan data hasil perhitungan Financial Model.
Perhitungan nilai CAPEX, OPEX, Payback Period, NPV dan IRR dari Financial Model akan direplikasi dengan menggunakan simulasi Monte Carlo untuk mendapatkan hasil penghitungan data random. Untuk menganalisa pengaruh dari CAPEX dan OPEX terhadap Payback Period, NPV, dan IRR dari proyek ini digunakan metode perhitungan Expected Shortfall. Dari hasil penelitian, didapatkan bahwa risiko yang terjadi dapat meningkatkan CAPEX dan OPEX yang berbanding lurus dengan kenaikan Payback Period dan menurunkan IRR.

In a development project, there are various risks that may occur. These risks can be detrimental to the company in terms of increased costs, delays in operations, etc. Related to this, the study examines the risk and financial aspects in Semar Mini LNG Plant development project. The purpose of this study is to obtain an overview likelihood of the risk occurring and the impact of such risks on the economic value of the project.
This study uses the methodology of Project Risk Management consisting of Risk Identification, Qualitative Risk Analysis, Quantitative Risk Analysis, and Risk Responses and Planning. To identify possible risks in the project used the Risk Identification Questionnaire. Obtained list of possible risks, then grouped in Risk Register Model, and the type of risk weighted based on the probability and impact of risk against the project. Calculation of the risk impact quantitativelyusing data from Financial Model.
The calculation of CAPEX, OPEX, Payback Period, NPV, and IRR of the Financial Model will be replicated by using Monte Carlo Simulation to obtain the results of random calculated data. To analyze the influence of the CAPEX and OPEX against the Payback Period, NPV, and IRR of the project is using Expected Shortfall Method. From the research, it was found that the risk of that happening may increase CAPEX and OPEX that are directly proportional to the increase in Payback Period and decrease in IRR.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S56019
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hasna Afifah
"Untuk mengurangi ketergantungan pada bahan bakar gas (BBM) di Indonesia, pemerintah mengeluarkan kebijakan diversifikasi energi yang salah satunya adalah menggunakan gas alam atau compressed natural gas (CNG) di sektor transportasi. Program penggunaan CNG untuk sektor transpostasi mengalami beberapa kendala meskipun program ini telah lama berlangsung. Salah satu kendala tersebut adalah minimnya jumlah stasiun pengisian ulang bahan bakar gas atau SPBG di Indonesia. Minimnya jumlah SPBG ini disebabkan oleh sudah padatnya pembangunan di area perkotaan sehingga sulit untuk mencari lahan dengan lokasi yang strategis untuk pembangunan SPBG. Untuk mengatasi kendala tersebut, Pemerintah meluncurkan infrastruktur mobile refueling unit atau MRU yang merupakan SPBG yang bersifat mobile atau dapat berpindah tempat. Mengingat pentingnya peran MRU untuk memajukan program penggunaan CNG untuk sektor transportasi, diperlukan manajemen risiko pada proyek pengadaan dan pengoperasian MRU agar risiko-risiko yang ada dapat diminimalisir efeknya.
Penelitian ini mengidentifikasi dan menganalisis risiko-risiko yang mungkin terjadi pada proyek pengadaan MRU di DKI Jakarta secara kualitatif dan kuantitatif untuk mengetahui dampak dari risiko menggunakan metode Project Risk Management. Hasil dari penelitian ini adalah risiko yang terangkum dalam Risk Register, nilai Value-at-Risk (VaR) dari risiko kategori tinggi atas parameter kelayakan proyek (NPV dan IRR), serta perencanaan respon risiko terhadap risiko dengan kategori yang tinggi. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi pertimbangan atau referensi dalam memitigasi risiko khususnya pada proyekproyek mengenai stasiun pengisian ulang bahan bakar gas.

In order to reduce the dependency on fossil fuel in Indonesia, the government issued an energy diversification policy, where one of the policy is to use compressed natural gas (CNG) in the transportation sector. The CNG for transportation program has meet a couple obstacles although the program has been running for a long time. One of the obstacle is the lack of CNG refuelling station in Indonesia. The small number of CNG refuelling station is caused by the saturated development in the city area that makes it difficult in finding an area with a strategic location for a CNG refuelling station. To solve this problem, the government launches a Mobile Refuelling Unit or MRU, a CNG refuelling station that can be moved or mobile. Because the MRU is an important factor to improve the CNG for transportation program, there is a need for a risk management in this infrastructure so the effect of the risks associated with MRU can be minimised.
This research identify and analyse possible risks that can occur in the MRU project in Jakarta using Project Risk Management method. The result of this research is a database of the risks in a Risk Register, Value-at-Risk value of the risk with high impact on the project’s financial feasibility parameter (NPV and IRR), and a risk responses planning of the risks with high impact. Hopefully, this research can be a reference or consideration in mitigating or managing risk especially on project about gas refuelling station.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S57233
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mila Rosa Pavilia
"Proyek pembangunan reaktor nuklir adalah proyek jangka panjang yang memerlukan waktu dan biaya yang tidak sedikit, dan dapat pula menimbulkan efek negatif pada lingkungan sekitarnya. Oleh karena itu diperlukan penekanan risiko sejak awal proyek, dimulai dari Proyek Evaluasi Tapak Reaktor.Penelitian ini menggunakan Project Risk Management untuk menganalisis risiko secara kualitatif dan kuantitatif. Pendekatan yang digunakan untuk penilaian risiko adalah manajemen proyek dengan menggunakan simulasi Monte Carlo. Dan menggunakan Earned Value Management untuk perencanaan strategi penangan risiko.Dari hasil penelitian, terdapat 11 risiko dengan 3 risiko tinggi, 3 risiko sedang, dan 5 risiko rendah. Dan indeks EVM dengan CPI dan SPI yang kurang dari 1 menunjukkan bahwa proyek membutuhkan tipe respon penanganan risiko agresif.

Nuclear reactor construction project is a long term project that requires significant time and cost, and can also have a negative effect on the surrounding environment. Therefore, risk reduction is needed since the beginning of the project, starting from Site Evaluation Project. This research uses Project Risk Management to analyze the risks qualitatively and quantitatively.For the risk assessment, it uses the project management by using Monte Carlo simulation and Earned Value Management for the risk response strategy. The research results showed that there are 11 risks with 3 high risks, 3 medium risks, and 5 low risks. And from the EVM index, the CPI and SPI are below 1, showed that the risk response the project needed is aggressive threat reduction.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S62986
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library