Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 9 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Jewell, Linda N.
Pasific Grove: Brooks/Cole, 1998
158.7 JEW c
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Smith, Barry D.
Englewood Cliffs: Prentice-Hall, 1982
155.2 SMI t
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Hesti Wihandini
"ABSTRAK
Kegiatan belajar di perguruan tinggi tentu berbeda dengan jenjang
pendidikan sebelumnya. Pada tingkatan ini, seorang individu dituntut untuk
mandiri baik secara finansial maupun emosional (Papalia & Olds, 1992). Inilah
yang tak sedikit memotivasi mahasiswa untuk kuliah sekaligus bekerja, apalagi
untuk mereka yang sudah berkeluarga.
Mahasiswa yang kuliah sekaligus bekerja mempunyai waktu yang lebih
singkat untuk belajar dan menyeimbangkan aspek-aspek dalam kehidupannya.
Karena ketika ia kuliah sekaligus bekerja ada sisi positif dan negatif yang akan ia
alami.
Menurut Santrock (1990), ketika seorang mahasiswa sekaligus bekerja,
sisi negatif yang akan ia alami adalah bahwa ia akan mengalami kesulitan dalam
menyeimbangkan tuntutan kuliah dan kerja. Namun sisi positifnya menurut
Greenberger dan Steinberg (dalam Santrock, 1990) ketika seorang mahasiswa
kuliah sekaligus bekerja ia akan mempunyai pemahaman lebih mengenai dunia
kerja, cara memperoleh dan mempertahankan pekerjaan dan cara mengatur uang.
Selain itu juga membantu mengalokasikan waktu dan kebanggaan terhadap hasil
dan evaluasi.
Mahasiswa yang dapat mengelola waktu dengan baik menurut penelitian
Macan, dkk (1990) memiliki perfoma yang lebih baik hasilnya, dan kepuasan
kerja, tidak bingung dalam menjalankan peran dan dapat mengurangi beban kerja,
sehingga dapat menyelesaikan pekerjaan termasuk dalam penyelesaian tugas
kuliah.
Menurut Macan, dkk (1990) , ketika seorang mahasiswa tidak dapat
mengatur waktu, hal itu adalah penyebab rendahnya prestasi belajar karena ia sulit
membagi waktu untuk belajar dan mengerjakan tugas kuliah, istirahat, olah raga
dan mengerjakan tugas kantor. Jadi terlihat manajemen waktu punya peran
penting dalam hal ini. Dengan adanya manajemen waktu yang baik diharapkan
seorang mahasiswa bekerja menjadi lebih baik terhadap komitmen tugasnya (Task
Involved).
Penelitian ini berusaha mengungkap hubungan antara manajemen waktu
beserta keempat aspeknya yaitu perencanaan, prioritas, delegasi dan disiplin diri dengan lamanya waktu digunakan untuk bekerja dan hubungan antara manajemen
waktu beserta keempat aspeknya dengan komitmen terhadap tugas.
Alat pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini adalah 1) Time
Problems Inventory yang diadaptasi dari alat ukur pemanfaatan waktu Albert. A.
Canfield (1987), 2) sedangkan untuk mengukur orientasi gol digunakan alat ukur
orientasi belajar dari teori Ames & Archer (1988). Jenis pemilihan sampel dalam
penelitian ini purposive sampling, yaitu sampel dipilih berdasarkan tujuan yang
ingin dicapai dalam penelitian. Pengambilan data dilakukan secara massal dengan
sampel sejumlah 51 orang bertempat di Gedung D lantai 2 mang 201-202 pada
saat ujian Diagnostik IV sekitar pukul 18.30 WIB.
Hasil yang didapat dalam penelitian ini adalah 1) tidak ada hubungan yang
signifikan antara manajemen waktu dengan perencanaan, prioritas, disiplin diri
dan manajemen waktu dengan lamanya waktu digunakan untuk bekerja, 2) ada
hubungan negatif dan signifikan antara aspek delegasi dengan lamanya waktu
digunakan untuk bekerja, 3) ada hubungan yang negatif dan signifikan antara
aspek perencanaan, prioritas dalam manajemen waktu dan manajemen waktu itu
sendiri dengan komitmen terhadap tugas, 4 ) tidak ada hubungan yang signifikan
antara aspek delegasi dan disiplin diri dalam manajemen waktu dengan komitmen
terhadap tugas 5) tidak ada hubungan yang signifikan antara manajemen waktu
dengan keempat aspeknya dengan komitmen terhadap ego. Sebagai hasil
tambahan, dari penelitian ini ternyata didapat 1) tidak ada perbedaan dalam
manajemen waktu beserta keempat aspeknya dengan tingkat semester, 2) tidak
ada perbedaan dalam aspek perencanaan dan prioritas dalam manajamen waktu
antara pria dan wanita
Penulis beralasan bahwa dalam penelitian ini ada variabel-variabel
ternyata tidak berhubungan dikarenakan, 1) jumlah sampel yang kurang variatif
sehingga penelitian kurang tajam mengungkap perbedaan yang ada, 2) jumlah
item yang kurang banyak sehingga kurang dalam mengungkap variabel yang
hendak diukur, 3) adanya variabel tertentu dalam hal ini panjang waktu bekeija
yang tidak dikontrol
Saran-saran yang diajukan dalam penelitian ini berkenaan dengan 1)
jumlah sampel yang harus diperbanyak, 2) jumlah item yang juga harus
diperbanyak, menghindari uji coba terpakai, 3) ada batas waktu kritis dalam
kemampuan manajemen waktu dalam hal ini 20 jam per minggu."
2001
S3029
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tri Dayakisni
"Sebagai penyempurnaan dari edisi sebelumnya, buku ini telah dilengkapi dengan topik-topik yang kontemporer seperti isu modern racism, social comparison, social anxienty, agresi seksual, teori-teori komprehensif tentang perubahan sikap, riset terakhir tentang efek tayangan kekerasan terhadap perilaku agresi, kegagalan dalam presentasi diri dan sebagainya.
Buku ini dapat dimanfaatkan oleh para praktisi, dosen, mahasiswa yang mendalami bidang psikologi maupun bagi para peminat lain yang berasal dari disiplin ilmu di luar psikologi. Bahasa dalam buku ini disusun secara sederhana dan lugas sehingga dapat dibaca oleh siapapun yang membacanya. Secara berturut-turut dalam buku ini dibahas tentang; sejarah psikologi sosial, teori-teori dasar dalam psikologi sosial, metode riset psikologi sosial, pemahaman sosial, social self, sikap, interaksi sosial dan daya tarik interpersonal, perilaku prososial, perilaku agresi serta prasangka dan diskriminasi."
Malang: UMM Press, 2015
302 TRI p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Sommers-Flanagan, John
""Student-friendly and comprehensive, Counseling and Psychotherapy Theories in Context and Practice, Second Edition provides an in-depth understanding of the origins, development, and key figures of each major theory and strongly emphasizes the application of these theories in real-world practice. Pedagogical features include opening chapter outlines, "Putting It In Practice" boxes, practitioner reflections, ethical highlights, case examples, as well as chapter summaries, chapter glossaries, and recommended readings and resources. The Second Edition includes a new section on treatment planning in each chapter and increased coverage of multicultural issues. A Study Guide for students is also available (978-0-470-90437-4)"-- Provided by publisher.
Contents
Machine generated contents note: PrefaceAbout The AuthorsChapter 1: Psychotherapy And Counseling Essentials: An IntroductionChapter 2: Psychoanalytic ApproachesChapter 3: Individual Psychology And Adlerian Therapy Chapter 4: Existential Theory And TherapyChapter 5: Person-Centered ApproachesChapter 6: Gestalt Theory And TherapyChapter 7: Behavioral Theory And TherapyChapter 8: Cognitive-Behavioral Theory And TherapyChapter 9: Choice Theory And Reality TherapyChapter 10: Feminist Theory And TherapyChapter 11: Constructive Theory And TherapyChapter 12: Family Systems Theory And TherapyChapter 13: Developing Your Multicultural Orientation And SkillsChapter 14: Integrative And Evidence-Based New Wave Therapies ReferencesName IndexSubject Index.
"
New Jersey: John Wiley & Sons, 2012
158.3 SOM c
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 1975
S2224
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
New York: Frederick A. Praeger, 1991
302 HUM
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover