Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Salsabila Nail Adila
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi minat beli pada kursus online berbayar melalui variabel kepercayaan dan ekspektasi performa. 210 responden terkumpul dalam penelitian ini dan datanya diolah menggunakan metode PLS-SEM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepercayaan pada platform dan ekspektasi performa pada paid course memiliki pengaruh positif terhadap minat beli konsumen. Faktor learning cues seperti perceived lecturer expertise dan personal trial experience on the course juga memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kepercayaan pada platform dan ekspektasi performa pada paid course. Namun faktor prior learning experience diketahui hanya mempengaruhi kepercayaan konsumen pada platform saja.
......This study aims to determine the factors that influence purchase intention in paid online courses through trust and performance expectations. 210 respondents were collected and the data was processed using PLS-SEM. The results indicate that trust in the platform and performance expectations on the paid course have a positive influence on consumer purchase intention. Perceived lecturer expertise and personal trial experience on the course as learning cues factor also have a significant influence on platform trust and performance expectations on paid courses. However, the prior learning experience factor is known only affect consumer trust in the platform.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Alia Noor Fadliana
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas persepsi akan kesamaan (perceived similarity) dan kredibilitas sumber (source credibility) terhadap minat beli. Objek penelitian adalah penggunaan social media influencer pria yang mengiklankan produk kosmetik lokal Somethinc melalui Instagramnya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan menggunakan kuesioner untuk pengumpulan data. Responden pada penilitian ini adalah pengikut akun Instagram @somethincofficial sebanyak 406 sampel. Teknik analisis data dilakukan dengan statistika deskriptif dan analisis jalur untuk membuktikan hipotesis-hipotesis dalam penelitian. Hasil penelitian membuktikan bahwa variabel persepsi akan kemiripan tidak efektif dalam memengaruhi variabel minat beli baik langsung maupun melalui keterlibatan variabel kredibilitas sumber. Sementara itu, variabel persepsi akan kemiripan secara langsung efektif memengaruhi variabel kredibilitas sumber. Variabel kredibilitas sumber juga efektif dalam memengaruhi terhadap minat beli secara langsung. Penelitian ini diharapkan dapat menambah literatur dalam komunikasi dan pemasaran perihal penggunaan social media influencer, serta membantu para pelaku komunikasi dan pemasaran khususnya bidang kosmetik dan kecantikan dalam menentukan strategi pemasarannya menggunakan social media influencer.
......This study aims to analyze the effectiveness of perceived similarity and source credibility on purchase intention. The object of the research is the use of male social media influencers who advertise local cosmetic products Somethinc through their Instagram. This research is quantitative research and used a questionnaire for data collection. Respondents in this research are followers of the Instagram account @somethincofficial as many as 406 samples. Data analysis techniques were carried out using descriptive statistics and path analysis to prove the hypotheses in the research. The results of the study prove that perceived similarity between the audience and male influencer is not effective in affecting purchase intention either directly nor through the involvement of the source credibility. Meanwhile, the perceived similarity effectively affects source credibility. The source credibility is also effective and directly affecting purchase intention. This research is expected to add to the literature in communication and marketing regarding the use of social media influencers, as well as to assist communication and marketing actors, especially in the field of cosmetics and beauty in determining their marketing strategy using social media influencers.
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library