Search Result  ::  Save as CSV :: Back

Search Result

Found 1 Document(s) match with the query
cover
Syahra Ariesta Fitria Sari
"Bandara Internasional Soekarno Hatta merupakan salah satu bandara terbesar di Indonesia. Pertumbuhan jumlah penumpang menyebabkan adanya pengembangan kereta bandara untuk menambah aksesibilitas menuju bandara. Kereta salah satu transportasi berkelanjutan. Penerapan kereta bandara saat ini mempunyai tingkat okupansi rata-rata penumpang harian yang masih rendah, oleh karena itu diperlukan evaluasi agar kereta bandara mampu mencapai konsep transportasi berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat okupansi rata-rata penumpang harian kereta bandara, mengetahui preferensi penumpang, mengevaluasi tarif kereta bandara, dan merumuskan kebijakan agar kereta bandara mencapai konsep keberlanjutan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dan menggunakan metode gabungan. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner, wawancara mendalam, dan studi literatur. Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat okupansi rata-rata penumpang harian kereta bandara masing rendah dibandingkan dengan kendaraan pribadi dan bus. Hal itu karena kendaraan pribadi lebih unggul dari segi kenyamanan, dan bus lebih unggul dari segi kemudahan akses. Berdasarkan hasil analisis tentang tarif kereta bandara ditemukan bahwa tarif kereta bandara yang berlaku belum sesuai dengan kemauan dan kemampuan membayar masyarakat. Oleh karena itu dilakukan perumusan usulan peningkatan keberlanjutan kereta bandara agar mampu menjadi moda transportasi pilihan utama masyararakat untuk menuju dan dari bandara, sehingga mampu mencapai konsep transportasi berkelanjutan.

Soekarno Hatta is one of the largest airports in Indonesia. The number of passengers has led the development of airport railway. Railway is one of sustainable transportation. The implementation of airport railway currently has a low daily passenger occupancy rate, therefore evaluation is needed. This study aims to determine the average daily passenger occupancy rate of airport railway, determine passenger preferences, evaluate airport railway fares, and formulate proposal so that airport railway achieve sustainability. This study uses quantitative approach, and uses combined method. Data was collected by distributing questionnaires, interviews, and literature studies. The results show that the average daily passenger occupancy rate of airport railway is lower compared to private vehicles and buses. Because private vehicles are superior in terms of comfort, and buses are superior in terms of ease of access. Based on the results of the analysis of airport railway fares, it was found that the prevailing airport railway fares were not in accordance with the willingness and ability to pay. Therefore, it is necessary to formulate the proposals for improving the sustainability of airport trains so that they are able to become the community's main mode of transportation to and from the airport. "
Jakarta: Sekolah Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library