Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nisrina Muthi Meidiani
"Third place merupakan tempat seseorang melarikan diri dari rutinitasnya di first place dan second place, yang mana salah satu karakternya adalah kualitas homelike. Penulisan ini bertujuan untuk mencari aspek-aspek pembentuk kualitas home-like pada sebuah third place dengan metode studi literature berdasarkan teori at-homeness dan studi kasus. Studi kasus dilakukan di Hema Resto Kemang Pratama Kota Bekasi melalui defamiliarisasi dan wawancara.
Hasil penulisan memperlihatkan home-like terbentuk dari interaksi individu, pemilihan elemen interior dan penempatan objek yang mirip dengan tipikal rumah tinggal. Studi kasus ini berhasil menunjukan bahwa interioritas memiliki peran yang lebih besar dalam pembentukan kualitas home-like dibandingkan interaksi individu di third place itu sendiri. Hal tersebut terjadi karena kecenderungan seseorang terhadap places-for-things.

Third place is a spot for someone to runaway from his first place and second place?s routines, in which home-like is one of the characteristics of it. This essay aims to seek the composing aspects of home-like quality in third place based on at-homeness theory with literature and case study as methods. The case study was done in Hema Resto Kemang Pratama in Bekasi City through defamiliarization and interviews.
The result shows that home-like was composed from the interactions between individuals, the choosing of interior elements and object placements that resemble a typical housing. The case study shows that the interiority plays a bigger role in composing the home-like quality in a third place than an interaction. This may be led by people's preference of places-for-things.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S63108
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aisha Ardini
"Penggunaan media sosial dan munculnya kegiatan eating out telah menjadi penanda berkembangnya gaya hidup masyarakat. Perkembangan gaya hidup tersebut berkaitan dengan berkembangnya industri restoran dan kafe, sebagai contoh tempat eating out, khususnya dari segi desain. Hal itu menjadikan keduanya kini tidak lagi hanya sebagai tempat untuk memenuhi kebutuhan pangan, namun juga menjadi setting untuk merepresentasikan sesuatu melalui perilaku berpose. Desain ruang yang mengarah kepada elemen dan prinsip desain membentuk kualitas visual tertentu. Desain pada ruang menjadi pendukung serta batasan dalam perilaku berpose. Semua itu terekam dalam foto instagram yang dikategorikan menjadi foto yang berorientasi subjek dan/atau objek.

The use of social media and the rise of eating out activity have become symbol of people's lifestyle. Development of lifestyle is associated with the development of restaurant and cafe industry, as eating out places, especially in terms of design. Restaurant and cafe nowadays are not just places to fulfill the needs of food, but also settings to represent something through posing behavior. Space design leads to the elements and principles of design has created a certain visual quality. The designs support but yet restrict the posing behavior. These posings are captured on instagram photos which can be categorized into photos which have subject and/or object oriented."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S63703
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library