Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Bernard Yuari Putranto
"Skripsi ini menggunakan teori representasi sebagai alai analisis. Skripsi ini berusaha untuk menjawab pertanyaan: bagaimana identitas budaya dan diaspora imigran Turki direpresentasikan dalam masyarakPenelitian mengenai pemanfaatan perpustakaan di Sekolah Bina Nusantara dilakukan pada bukan Juni 2006, tujuannya adalah menggambarkan pemanfaatan perpustakaan oleh siswa SMU di sekolah tersebut beserta kendala-kendala pemanfaatannya. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner, wawancara dan melakukan pengamatan, penulis juga melakukan studi bibliografis untuk menunjang kelengkapan data penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum pengguna perpustakaan telah memanfaatkan Perpustakaan Sekolah Bina Nusantara. Hal ini dapat diketahui dari data bahwa seluruh responden pernah mengunjungi perpustakaan untuk menunjang kegiatan belajar mereka. Dari segi pemanfaatan buku menunjukkan bahwa semua subjek buku yang tersedia di Perpustakaan Sekolah Bina Nusantara sudah dimanfaatkan. Dari semua subjek buku yang dimanfaatkan, subjek buku dengan frekuensi pemanfaatan terbanyak adalah buku dengan subjek kesustraan (800)."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2007
S15037
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
I Gusti Agung Raisa Wedangga
"Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kegiatan pengembangan koleksi yang meliputi analisis pengguna, kebijakan pengembangan koleksi, seleksi, akuisisi, penyiangan dan evaluasi koleksi di Perpustakaan Labschool Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan interprestasi deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Perpustakaan Labschool Jakarta belum efektif dalam melakukan pengembangan koleksi karena tidak menganalisis kebutuhan penggunanya secara sistematis dan tidak memiliki kebijakan pengembangan koleksi. Perpustakaan menghadapi hambatan ketika melakukan pengembangan koleksi mulai dari kurangnya anggaran, susahnya pencarian koleksi, sibuknya guru dan kurang aktifnya siswa dalam memberi usulan. Perpustakaan Labschool Jakarta diharapkan menganalisis kebutuhan penggunanya secara sistematis dan membuat kebijakan pengembangan koleksi agar kegiatan pengembangan koleksi dapat berjalan lebih efektif dan dapat dijadikan alat komunikasi bagi staff perpustakaan dan pengguna perpustakaan.
This study aimed to describe the collection development activities that include user analysis, collection development policy, selection, acquisition, weeding and evaluation of the collection in the Library Labschool Jakarta. This study used a qualitative approach and descriptive interpretation. These results indicate that the Library Labschool Jakarta less effective in developing the collection because it did not systematically analyze the needs of its users and does not have a collection development policy. Libraries face barriers when developing collections ranging from the lack of budget, hard to find collectibles, busy teachers and students are less active in giving proposals. Library Labschool Jakarta are expected to systematically analyze users needs and make the collection development policy so that collection development activities can run more effective and can be used as a communication tool for library staff and library users."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2016
S64340
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library