Ditemukan 71 dokumen yang sesuai dengan query
Hongming, Ma
Abstrak :
This book explores the nature of science from a cultural perspective. Located in the Chinese cultural context, the book examines the nexus between characteristics of Chinese thinking and the understanding of the nature of science in Chinese traditional culture. The dramatic cultural change as a result of the introduction of Western culture was accompanied by the dramatic reconstruction of the image of science. The Chinese science education echoes the understanding of the nature of science in each cultural historical period. Reflecting the tension and dilemmas of understanding the nature of science at the policy making level, the images of science held by Chinese science teachers represent a mixture of influences by values and beliefs that are embedded in the imported science and by Chinese native cultural beliefs. The book concludes with suggestions of change of practice in science education for a more realistic image of science not only within the field of education but also in society at large.
Rotterdam : Sense, 2012
e20401055
eBooks Universitas Indonesia Library
Dobson, K.
London: Macmillan, 1975
500 DOB t
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Raden Roro Herliani
Abstrak :
Keberhasilan prestasi belajar Sains seorang siswa dipengaruhi banyak faktor. Salah satu faktor internal yang diperkirakan ikut mempengaruhi hal tersebut adalah sikap (attitude) siswa terhadap obyek yang berkaitan dengan pelajaran Sains. Sikap Terhadap sekolah, Sikap Terhadap Biologi, Sikap Terhadap Ilmu Bumi dan Sikap Terhadap Fisika adalah sikap-sikap yang ikut mempengaruhi Sikap Terhadap Sains yang selanjutnya akan mempengaruhi prestasi belajar Sains.
Dengan menggunakan data sarnpel study TIMSS 2003 sebanyak 3796 siswa usia 13 tahun atau kelas 8 Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama dari dua instrumen yaitu instrumen kuesioner sikap dengan skala Likert dan instrumen prestasi belajar Sains pilihan ganda, dicari hubungan analisa faktor antara variabel-variabel pengukuran dengan variabel konstruk sikap dan hubungan struktural antara variabel-variabel konstruk yang satu dengan variabel konstruk lainnya.
Analisis data dengan ITEMAN dan SPSS pada instrumen sikap menyeleksi 9 butir soal yang tidak memenuhi syarat untuk dibuang. Reliabilitas instrumen kuesioner sikap hasil ITEMAN dan SPSS bemilai sama dan cukup besar (di atas 0,8) untuk keempat variabel sikap. Analisis data prestasi belajar Sains menggunakan BILOG dua parameter sebagai aplikasi Item Response Theory menghasiikan 9 butir soal dibuang dan basil akhir menunjukkan reliabilitas tes cukup besar (indeks reliabilitas = 0,923) . Tingkat kesukaran butir-butir soal tes prestasi belajar Sains lebih banyak berada pads kategori sedang dan sukar dengan diskriminasi item rata-rata rendah.
Hasil analisis selanjutnya dengan metode LISREL pada measurement model menunjukkan hasil yang tidak fit antara model dengan data pada variabel laten Sikap Terhadap Biologi, Ilmu Bumi dan Fisika, namun pads Sikap Terhadap Sekolah model fit dengan data Hasil analisis structural model melalui 7 model konseptual , didapatkan 4 model fit dengan data sedangkan tiga lainnya tidak fit Model yang fit adalah model dengan variabel Sikap berupa jumlah skor, sedangkan variabel Prestasi Belajar Sains berupa gabungan materi Sains maupun pembagian 3 materi Sains. Pengujian model strukturaI antar gender menunjukkan adanya pengaruh gender pads Sikap Terhadap Sains dan kaitannya dengan Prestasi Belajar Sains.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2005
T18822
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
London: Routledge Falmer, 2000
507.1 ISS (1)
Buku Teks Universitas Indonesia Library
The, Liang Gie
Yogyakarta: Yayasan Studi Ilmu dan Teknologi, 1992
507 THE p
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Blough, Glenn O.
New York: Holt, Rinehart and Winston, 1964
371.1 BLO e
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Carin, Arthur A.
Columbus, Ohio: Charles E. Merrill, 1964
372.35 CAR t
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Victor, Edward
New York: Macmillan, 1966
372.35 VIC s
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Woodburn, John H.
New York: Macmillan, 1965
507.12 WOO t
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Renner, John W.
New York: Harper & Row, 1968
372.35 REN t
Buku Teks Universitas Indonesia Library