Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Bondan Hendar Adiwibowo
"ABSTRAK
Seiring dengan perkembang teknologi, investgasi kebakaran dapat dipermudah dengan melakukan rekonstruksi kejadian berbasis komputer. Sesuai yang disebutkan dalam NFPA 921 dan didukung oleh IMO Resolution A.884, rekonstruksi kebakaran berbasis computer bisa dijadikan data penguat hasil investigasi lapangan. Salah satu piranti lunak yang dapat dipergunakan adalah Fire Dinamic Simulator. Pada skripsi ini, penulis akan membahas kelebihan yang diberikan jika rekonstruksi kebakaran pada kapal dilakukan dengan berbasis FDS. Selain dapat menggambarkan pola kebakaran secara permodelan, hasil dari simulasi juga akan didapat perubahan temperatur yang dapat dijadikan acuan kerusakan yang terjadi pada lokasi kebakaran. Sesuai dengan tujuan tujuan dari investigasi yaitu memberikan masukan untuk perbaikan dan perencanaan design selanjutnya. Penambahan watermist system pada simulasi juga diharapkan dapat menjadi acuan perancangan sistem keamanan terhadap kebakaran pada perancangan kapal selanjutnya. Penulis menggunakan laporan investigasi kebakaran yang telah dipublikasikan yaitu kebakaran pada kamar mesin KM.Salvia dan kebakaran pada ruang muat MV.Athena. Pada hasil simulasi didapatkan data yang tergambarkan pada grafik perubahan temperatur. Simulasi juga menunjukkan fakta-fakta tentang kebakaran tersebut. Pada kebakaran KM. Salvia retakan pada pipa bahan bakar terjadi sebelum kebakaran, dan pada MV.Athena sumber kebakaran berada pada dek 1 dan menyebar ke dek 2.

ABSTRACT
As technology develops, conducting fire investigation can be made easier, simpler, and faster, by doing a reconstruction of the event in a computerized simulation. NFPA 921 supported by IMO Resolution A.884, stated that the use of software to reconstruct event of fire can be used as the added evidence data to support field investigation of fire. One of such software is Fire Dynamic Simulator. In this paper, writer will elaborate with supporting evidence about the advantages of using FDS to reconstruct a fire event. Shown advantages are the FDS ability to show the patterns of fire and the results of simulation will also show the temperature difference that occurred in the event which the data can be used for referencing the damage in the location of fire. The addition of water mist system in the simulation can be used as a reference for fire safety system improvements later on. The writer uses published investigation report of the fire in KM. Salvia's engine room and MV. Athena's compartment room. The simulation results are shown facts about the accidents. At KM.Salvia fire, High pressure pipe cracked before accident and for MV.Athena fire proved that source fire location at first deck and spread to second deck.
"
2015
S61499
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Astri Amalia
"Container loading menjadi inti permasalahan dari aktivitas logistik. Hal ini terjadi karena banyaknya ruang sisa pada kontainer yang tidak termanfaatkan akibat ketidaksesuaian perbandingan dimensi barang yang akan dimuat dengan dimensi kontainer. Kerugian yang ditimbulkan adalah cost untuk sewa kontainer akan bertambah juga kelelahan yang dialami helper. Oleh karena itu diperlukan suatu pengaturan yang baik agar penyusunan barang dalam kontainer dapat lebih optimal. Permasalahan ini dapat diselesaikan menggunakan metode algoritma genetika. Dimana prosesnya diawali dengan pembangkitan populasi awal, setelah itu dilakukan crossover dan mutasi, sebelum akhirnya dihitung nilai fitnessnya untuk kemudian dilakukan seleksi terhadap nilai fitness terbaik yang nantinya akan dijadikan sebagai solusi dari permasalahan yang ada. Dari hasil pengujian didapat parameter nilai terbaik yang akan mempengaruhi solusi, yakni ukuran populasi sebesar 100, nilai crossover rate sebesar 0,7, nilai mutation rate sebesar 0,3, dan ukuran generasi sebesar 50. Dari parameter yang telah didapatkan diperoleh nilai fitness terbaik sebesar 48,82. Kemudian nilai fitness ini divisualisasikan kedalam pola susunan barang yang optimal untuk digunakan sebagai solusi dari penyusunan barang di dalam kontainer.
......The container loading is the major issues of logistics activity. This is because of the large amount of space left in the unused container as a result of the misalignment of the dimensions of goods that would be loaded with container dimensions. The loss are container rental cost will increase and fatigue experienced by helper. Therefore, a good arrangement is needed for more optimum. The matter can be solved using a genetic algorithm method. That process starts with initialization of the population, after it crossover and mutation, and then calculate the fitness value to use it for selection to get best fitness value that eventually becomes the solution for this problem. According to the tests, the best parameters, which will affect the solution, a population size is 100, a crossover rate is 0,7, a mutation rate is 0,3, and a generation size is 50. From the parameters obtained, the best fitness crose is 48,82. The final step, the value of this fitness is visualized into the optimal pattern arrangement of goods to be used as a solution for the container loading problem."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gafero Priapalla Rahim
"Dalam penelitian ini menjelaskan mengenai faktor yang menyebabkan terjadinya kecelakaan kapal peti kemas karena muatan kontainer di atas dek, dan rekomendasi untuk meminimalkan faktor-faktor tersebut. Kapal peti kemas memiliki peranan penting dalam sistem logistik baik dalam lingkup domestik maupun internasional, karena kapal peti kemas adalah salah satu transportasi paling efisien untuk mengangkut kargo dalam jumlah yang besar. Selain itu jumlah, kapasitas, dan kecepatan kapal peti kemas mengalami kenaikan signifikan dalam decade terakhir. Walau demikian, ada juga kecenderungan menumpuk lebih banyak kontainer di atas dek untuk meningkatkan kapasitas kapal dan mengurangi biaya transportasi. Fenomena ini membuat jumlah kecelakaan kapal peti kemas juga terus meningkat, terutama kecelakaan jatuhnya muatan kontainer dan kebakaran pada kapal. Meskipun setiap kapal harus mematuhi peraturan klasifikasi dan peraturan perundang-undangan yang berlaku untuk keamanan kapal dan kargo, namun berdasarkan data kecelakaan, jumlah kecelakaan masih tinggi secara signifikan. Kecelakaan biasanya menyebabkan kerugian besar pada muatan yang diangkut dan merusak seluruh sistem logistik. Sumber kecelakaan kapal kontainer karena muatan kontainer di atas dek dapat dikategorikan menjadi: sistem kapal, lingkungan, faktor manusia, dan manajemen. Dalam penelitian ini data kecelakaan dan informasi terkait, dikumpulkan melalui studi literatur, pengamatan langsung, dan wawancara langsung dengan pihak terkait. Penyebab kecelakaan kemudian diidentifikasi dengan menganalisis setiap kemungkinan yang dapat memicu kecelakaan dengan menggunakan cause and effect analysis atau dikenal juga dengan fishbone diagram analysis dan fault tree analysis. Berdasarkan analisis yang dihasilkan, faktor penyebab kecelakaan diantaranya karena kontainer, stowage plan, lashing system, stabilitas kapal, hatch cover, tidak melakukan pengecekan, cargo securing manual, plugging reefer container, dan DG Container. Selain itu dibuatkan juga rekomendasi yang bertujuan untuk meminimalkan kecelakaan dan meningkatkan keselamatan kapal peti kemas.

This paper analyses factors that might cause accidents to the container ships due to loading conditions of containers stacked on deck, and propose recommendations on how to minimize these factors. As container ships play important role in the domestic and international maritime logistic system as one of the most efficient ways of transporting general cargo in a bulk quantity. The number, capacity, and speed of container ships worldwide have increased significantly in the latest decade. There is also trend of stacking more containers on deck in order to increase the capacity of the ships and reduce the transport costs. This phenomenon makes the number of container ship accidents also increasing continuously, especially accidents that caused loss of cargo and fire. Even though every merchant ship has to comply with the applicable classification and statutory rules and regulations for the safety of the ship and its cargo, but based on the accident data have been recorded, the number of accidents still significantly high. The accidents usually cause great loses to the cargo being transported and damage the over all logistic system. The sources of container ship accidents due to container stacked on deck can be categorized into the ship its system, the environment, human factor, and management. In this study accidents data and related information were gathered through literature study, on the spot observation, and direct interviews with relevant parties. Causes of accidents were then identified by analyzing every possible source that might trigger the accident using cause and effect analysis or known also as Fishbone Diagram Analysis and fault tree analysis. Based on the findings of the analysis, factors causing accidents such as container, stowage plan, lashing system, ship stability, hatch cover, not checking, cargo securing manual, plugging reefer container and dangerous goods container. Futhermore also made recommendations that will minimize accidents and improve the safety of container ship."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
S68164
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library