Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Muhammad Dheif Athoillah
"Proyek pembangunan jalan tol Yogyakarta-Bawen paket 1 (seksi 1) merupakan proyek pembangunan infrastruktur transportasi yang memiliki beberapa aktvitas kerja yang kompleks dan berisiko. Meningkatnya kompleksitas kegiatan kerja dalam sektor konstruksi dapat menyebabkan kurangnya akan kesadaran situasi pada pekerja. Kesadaran situasi dalam bekerja yaitu memperhatikan apa yang terjadi di sekitar pekerja, di mana pekerja berada dalam hubungannya dengan orang atau benda lain, dan potensi risiko dan bahaya apa yang mungkin ada pada lingkungan, perilaku, dan peralatan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain studi cross-sectional dan pengumpulan data kesadaran situasi, kecelakaan kerja, dan faktor risiko lainnya dilakukan dengan kuesioner, wawancara, dan observasi yang telah dilakukan pada bulan Maret 2023 dengan 260 responden (241 pekerja outdoor dan 19 pekerja indoor). Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 237 (91.2%) pekerja memiliki tingkat kesadaran situasi sedang dan sebanyak 23 (8.8%) pekerja memiliki tingkat kesadaran situasi tinggi. Penelitian ini menemukan bahwa kesadaran situasi (OR = 3.733), beban kerja (OR = 3.367), durasi kerja (OR = 2.948), kelelahan (OR = 2.778), dan kuantitas tidur (OR = 2.032) memiliki hubungan terhadap kecelakaan kerja. Berdasarkan hasil studi tersebut, perlu dilakukan berbagai upaya pengendalian seperti melakukan intervensi untuk meningkatkan kesadaran situasi pekerja, penerapan jadwal shift kerja, dan memperbanyak tenda tempat beristirahat untuk pekerja outdoor.

The Yogyakarta-Bawen toll road construction project package 1 (section 1) is a transportation infrastructure development project that has several complex and risky work activities. The increasing complexity of work activities in the construction sector can lead to a lack of situational awareness among workers. Situational awareness at work, namely paying attention to what is happening around the worker, where the worker is in relation to other people or objects, and what potential risks and hazards may exist in the environment, behavior and equipment. This research is a quantitative study with a cross-sectional study design and data collection on situational awareness, work accidents, and other risk factors was carried out using questionnaires, interviews, and observations which were conducted in March 2023 with 260 respondents (241 outdoor workers and 19 indoor workers). The results showed that 237 (91.2%) workers had a moderate level of situational awareness and 23 (8.8%) workers had a high level of situational awareness. This study found that situation awareness (OR = 3.733), workload (OR = 3.367), work duration (OR = 2.948), fatigue (OR = 2.778), and sleep quantity (OR = 2.032) have a correlation to work accidents. Based on the results of these studies, it is necessary to carry out various control efforts such as conducting interventions to increase awareness of the situation of workers, implementing work shift schedules, and increasing the number of resting tents for outdoor workers."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Unversitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rahmad Hendri Pramudita
"Traffic accident merupakan ancaman signifikan bagi individu, yang melibatkan sepeda motor. Meskipun berbagai upaya telah dilakukan oleh organisasi seperti World Health Organization serta pemerintah dari seluruh dunia, menurunkan tingkat kecelakaan tetap menjadi tantangan. Terutama di Indonesia yang mengalami kenaikan traffic accident, dengan sepeda motor menjadi mode transportasi utama. Studi ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat situation awareness dan pola motorcycle rider behavior, dengan mempertimbangkan faktor waktu dan usia. Studi ini melibatkan penelitian di laboratorium dan menggunakan data primer dalam bentuk kuantitatif menggunakan Situation Awareness Global Assessment Technique, Situation Assessment Present Method, dan motorcycle rider behavior questionnaire. Hasilnya menunjukkan bahwa tingkat situation awareness secara keseluruhan rendah; tingkat terendah dimiliki oleh pengendara muda. Berdasarkan waktu tingkat terendah terjadi malam malam hari. Selain itu, errors, stunts, dan safety equipment mempengaruhi situation awareness. Menariknya, kecelakaan malam hari relatif lebih sedikit daripada kejadian siang hari. Rekomendasi untuk meningkatkan situation awareness termasuk pelatihan periodik yang menyertakan sesi berbasis skenario bagi pengendara sepeda motor, kepatuhan komprehensif terhadap peraturan berkendara, standar penilaian situation awareness minimum, dan integrasi potensial simulator sepeda motor. Rekomendasi dari studi ini bertujuan untuk meningkatkan keselamatan pengendara dan mengurangi kecelakaan sepeda motor.

Traffic accidents represent a significant threat to individuals, with motorcycles frequently involved. Despite concerted efforts by organizations like the World Health Organization and governments worldwide, reducing accident rates remains a challenge. Notably, Indonesia has witnessed a surge in traffic accidents, with motorcycles being a prominent mode of transport. This study aimed to evaluate situation awareness level and motorcycle rider behavior among Indonesians, considering factors like time and age. This study involves laboratory research and uses primary data in quantitative form using the Situation Awareness Global Assessment 2 Technique, Situation Assessment Present Method, and the motorcycle rider behavior questionnaire. The results demonstrate that the overall situation awareness level is low; the lowest level belongs to young riders. According to the time of day the lowest level occurs at night. In addition, errors, stunts, and safety equipment affect situation awareness. Interestingly, nighttime accidents are relatively fewer than daytime incidents. Recommendations to improve situation awareness include periodic training embedded with scenario-based sessions for motorcycle riders, comprehensive adherence to driving regulations, minimum situational awareness assessment standards, and potential integration of motorcycle simulators. These recommendations aim to boost rider safety and reduce motorcycle accidents."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library