Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 13 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Bandura, Albert
New York: Holt, Rinehart and Winston, 1963
370.1 BAN s
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Nia Whardani
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara Followership dengan Leader Member Exchange LMX di Tentara Nasional Indonesia yang bertanggung jawab atas operasi laut di wilayah Republik Indonesia RI. Followership didefinisikan sebagai suatu kapasitas dan keinginan untuk melakukan tingkah laku tertentu dengan tujuan untuk berpartisipasi dalam memenuhi tujuan bersama( Kelley, 1992). Followership merupakan variabel multidimensional yang memiliki dua dimensi yaitu active engagement dan independent critical thinking yang diukur melalui instrumen dari Kelley, 1992 kuesioner Power of Followership Style PFS yang telah didaptasi oleh peneliti. Sedangkan LMX merupakan variabel multidimensional memiliki empat dimensi yaitu kontribusi loyalitas afeksi dan respek terhadap profesi Liden dan Maslyn 1998 yang diukur melalui LMX MDM dalam the Indonesian Quality of Work Life Questionnaire IQWiQ Radikun 2010. Sampel dalam penelitian ini mencakup 285 Personil TNI AL dengan menggunakan accidental sampling Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang postif dan signifikan antara Followership dengan LMX Personil TNI AL r :0, 321 p: 0, 01 one tailed. Dari hasil penelitian TNI AL disarankan untuk meningkatkan kapasitas personil dalam rangka meningkatkan hubungan antara atasan dan pengikut.

This research was conducted to find the the relationship between followership with Leader Member Exchange LMX among the Indonesian`s navy who are responsible for naval operations in Republic of Indonesia Followership is defined as the capacity and willingness to do a certain behaviour in order to fullfil the collective goal) Kelley, 1992). Followership is a multidimensional variable thas has two dimensions namely the active engagement AE and independent critical thinking ICT that was measured using the instrument of Kelley 1992 named The Power of Followership Style PFS Scale that has been adapted by the researcher Meanwhile LMX is multidimensional variable that consists of four dimensions which are contribution loyalty affection and professional respect Lieden and Maslyn 1998 LMX is measured through LMX MDM in Indonesian Quality of Work Life Questionnaire IQWiQ Radikun 2010. The sample in this research included 285 personnel of Indonesian Navy using accidental sampling. The main result of this research showed that there was a positive and significant correlation between followership and LMX r: 0, 321 p:0, 01 one tailed. Based on this result the researcher suggest the navy to increase the personnel`s capacity in order to level up the relationship between superiors and subordinates."
Depok: Universitas Indonesia, 2013
S44846
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yessica Ruth Vania
"ABSTRAK
Penulisan ini dibuat untuk mengungkapkan apa yang melatarbelakangi implementasi dalam pemberian hak pendidikan untuk warga binaan. Fenomena ini dijelaskan dengan menggunakan teori keadilan sosial, teori pembelajaran sosial, dan teori kontrol sosial. Hasil dari penulisan ini menunjukkan bahwa pemberian pendidikan strata satu di dalam lembaga pemasyarakatan dapat memberikan dampak yang positif dalam proses reintegrasi untuk warga binaan yang telah mengikuti proses pembinaan yang diberikan oleh pihak lembaga pemasyarakatan.

ABSTRACT
This paper is made to reveal what lies behind the phenomenon of implementation in providing the rights of education for inmates in correctional instituons. This phenomenon is explained by three theories, the first is, social justice theory. Second is, social learning theory. And the las is, social control theory. The results of this paper shows that the implementation of undergraduate education in correctional institutions can provide a positive impact in the reintegration process for inmates who have followed the educational process which is provided by the penitentiary."
2017
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Andi Alimuddin
"Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari hubungan antara social learning dan perilaku merokok pada pemuda di Indonesia. Data yang digunakan dalam studi ini bersumber dari Indonesia Family Life Survey (IFLS) putaran kelima tahun 2014 dan Pendataan Potensi Desa (Podes) 2014. Unit analisis dalam penelitian ini adalah individu usia 15 sampai 29 tahun yang mempunyai kebiasaan merokok. Penelitian ini menggunakan metode Propensity Score Matching dan Bivariate Probit untuk mempelajari pengaruh social learning terhadap perilaku merokok pada pemuda di Indonesia. Selain itu, metode regresi Tobit dengan instrumental variable (ivtobit) diterapkan untuk mempelajari pengaruh social learning terhadap intensitas merokok. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan dan negatif perilaku merokok antara pemuda yang menggunakan media sosial dengan pemuda yang tidak menggunakan media sosial. Social learning yang diukur melalui penggunaan media sosial dapat menurunkan peluang untuk merokok. Sementara itu, uji inferensial dengan ivtobit menunjukkan bahwa intensitas merokok lebih rendah pada pemuda yang menggunakan media sosial. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan media sosial memberikan hasil yang konsisten baik terhadap status merokok maupun intensitas merokok

This study aims to explore the relationship between social learning and youth smoking behavior in Indonesia. The data used in this study were taken from the fifth round of the Indonesia Family Life Survey (IFLS) in 2014 and the Village Potential Data Collection (Podes) 2014. The unit of analysis in this study was individuals aged 15 to 29 years who had a smoking habit. This study uses the Propensity Score Matching and Bivariate Probit methods to study the impact of social learning on youth smoking behavior in Indonesia. In addition, the Tobit regression method with instrumental variable (ivtobit) was applied to know the impact of social learning on smoking intensity. The results of this study show that there are significant and negative differences in smoking behavior between youth who use social media and youth who do not use social media. Social learning as measured by the use of social media can reduce the chances of smoking. Meanwhile, the inferential test with ivtobit showed that smoking intensity was lower in youth who used social media. These findings indicate that the use of social media provides consistent results for both smoking status and smoking intensity."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tika Dwi Ariyanti
"ABSTRAK
Individu dengan tunagrahita memiliki kebutuhan yang berbeda terkait dengan pendidikan dan perkembangan seksual. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas teori belajar sosial dengan strategi berupa cerita sosial dan contoh melalui video dalam meningkatkan keterampilan perawatan selama masa menstruasi pada subjek remaja perempuan dengan disabilitas intelektual ringan. Penguasaan keterampilan perawatan selama menstruasi diuji dengan tiga cara yaitu 1 menggunakan kuesioner menstruasi milik Klett dan Turan 2012 yang telah dimodifikasi; 2 menggunakan uji pemahaman; 3 menggunakan proses simulasi melalui dua tipe pembalut yang berbeda yaitu pembalut dengan sayap dan tanpa sayap yang berisi darah buatan terbuat dari tepung maizena dan pewarna makanan warna merah. Hasil menunjukkan bahwa program intervensi teori belajar sosial efektif meningkatkan keterampilan perawatan selama masa menstruasi pada subjek. Saran untuk selanjutnya ialah agar program ini dilaksanakan oleh pengasuh pada subjek selaku pihak yang sehari-hari berhubungan langsung dengan subjek.

ABSTRACT
Individuals with intellectual disabilities have different needs related to education and sexual development. This study was conducted to determine the effectiveness program based on social learning theory in the form of social stories and video modeling to improve skills on menstrual care in female adolescent with mild intellectual disabilities. Mastery skills on menstrual care tested in three ways 1 using a menstrual questionnaire belongs to Klett and Turan 2012 which has been modified 2 using a test comprehension and 3 the simulation process through two types of pads that the pads with wings and without wings that contain artificial blood is made from cornstarch and food coloring in red. The results showed that intervention programs effective to improve skills on menstrual care in subject. It is suggested to implement this program to the parents or caregiver, instead to the subject."
2016
T46876
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Eva Hjorne
"The main idea of the book is to contribute to a broader understanding of learning, identity and diversity by presenting actual research findings that were retrieved from classroom settings and related social practices. "
Rotterdam: Sense, 2012
e20400376
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Nur Hidayati
"Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kompleksitas hubungan antara ayah dan anak laki laki dalam komedi situasi How I Met Your Mother terutama hubungan antara Barney salah satu pemain utama dan ayahnya di Musim 6 episode 19 dan 21 Adegan adegan terpilih yang menunjukkan hubungan antara ayah dan anak laki laki dianalisa dengan merujuk kepada teori belajar sosial menurut Bandura dan konsep arsetip ayah menurut Carl Jung Analisis ini menemukan bahwa terdapat pembalikan posisi agen belajar sosial Anak laki laki dapat memberikan sosialisasi yang ayah berikan Dalam hubungan ayah dan anak laki laki tidak hanya ayah yang menjadi agen sosialisasi tetapi anak laki laki juga dapat menjadi agen sosialisasi yang sama Pembalikan tersebut menunjukkan bahwa idealisasi ayah yang terinternalisasi dalam pikiran anak laki laki dapat menjadi lebih kuat dari figur nyata ayah tersebut.

This research aims to explore the complexity of father and son relationship in a sitcom How I Met Your Mother particularly the relationship between Barney one of the main characters and his father in Season 6 episode 19 and 21 Selected scenes that show the relationship between father and son are analyzed by referring to Bandura rsquo s theory of social learning and Carl Jung rsquo s concept of father archetype The analysis found a reversal in the position of agent of social learning A son can give socialization that the father gave In a father and son relationship father is not the only agent of socialization but a son can also be the agent of the same socialization The reversal shows that internalized idealization of father in the son rsquo s mind can be stronger than the real figure of the father.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2016
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Gian Aptha Prakosa
"Kondisi kemiskinan yang masih tinggi di DKI Jakarta adalah hal yang perlu untuk ditekan angkanya sehingga masyarakat mengalami hidup yang lebih sejahtera. Kemiskinan tersebut menjadikan anak-anak yang berasal dari lingkungan dengan status ekonomi yang rendah menjadi terhambat dalam mendapatkan hak mereka. Dengan kondisi seperti ini, diperlukan aksi nyata dalam mewujudkan kesejahteraan pada anak-anak tersebut agar masa depan mereka dapat tercipta dengan lebih baik. Melalui penelitian ini, penelitian ini memberikan gambaran mengenai kehidupan anak jalanan terutama dalam hal pembinaan pada Yayasan Bina Anak Pertiwi. Dengan demikian dapat diketahui bagaimana proses dan bentuk pembinaan yang dilakukan terhadap anak-anak tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif, di mana dalam melakukan pengumpulan data, metode wawancara mendalam dan observasi secara langsung merupakan metode yang digunakan. Pengambilan dan pengumpulan data dilakukan pada Agustus hingga Desember 2023. Gambaran yang dijelaskan melalui penelitian ini berupa bentuk-bentuk proses belajar sosial yang terjadi pada anak-anak binaan yang sedang menjalani pembinaan bersama Yayasan Bina Anak Pertiwi melalui modal sosial yang dimiliki oleh anak binaan.Anak-anak binaan yang menjadi informan pada penelitian ini terdiri dari tiga jenis latar belakang,yaitu children on the street, children of the street, dan children from families of the street. Ketiga latar belakang ini memperlihatkan kondisi dan status mereka sebelum menjadi bagian dari anak binaan Yayasan Bina Anak Pertiwi. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bagaimana proses belajar sosial yang dialami oleh anak binaan melalui modal sosial yang dimiliki sebagai bagian dari proses pembinaan mereka. Anak-anak binaan tersebut diketahui memiliki berbagai jenis modal sosial, seperti bonding, bridging, dan linking. Peneliti melihat jenis belajar sosial seperti apa yang didapatkan oleh para anak binaan, melalui masing-masing modal sosial yang mereka miliki. Berdasarkan temuan penelitian ini, para anak binaan memiliki modal sosialnya masing-masing pada tiap jenisnya. Ikatan yang dimiliki oleh anak binaan dengan tiap jenis modal sosial menunjukan relasi yang dekat serta dalam berbagai bentuk relasi dan interaksi. Dari analisa tersebut, ditemukan bahwa adanya peran guru, pembina, dan teman sebagai modal sosial yang memicu adanya bentuk belajar sosial anak binaan Yayasan Bina Anak Pertiwi selama melakukan proses pembinaan. Secara lebih mendalam, bentuk belajar sosial yang dialami oleh para anak binaan berupa modelling dan cognitive learning. Penelitian ini tidak menemukan adanya indikasi anak binaan yang mengalami proses insight learning. Beberapa faktor penyebab seperti minimnya pendidikan dan finansial membuat tidak terjadinya insight learning.

The condition of poverty which is still high in DKI Jakarta is something that needs to be reduced so that people experience a more prosperous life. This poverty makes it difficult for children who come from environments with low economic status to obtain their rights. Under conditions like this, real action is needed to create welfare for these children so that their future can be created better. Through this research, this research provides an overview of the lives of street children, especially in terms of guidance at the Bina Anak Pertiwi Foundation. In this way we can find out what the process and form of coaching is for these children. This research uses a qualitative method approach, where in collecting data, in-depth interviews and direct observation are the methods used. Data collection and collection was carried out from August to December 2023. The picture explained through this research is in the form of social learning processes that occur in assisted children who are undergoing guidance with the Bina Anak Pertiwi Foundation through the social capital possessed by the assisted children. The assisted children who became informants in this research consisted of three types of background, namely children on the street, children of the street, and children from families of the street. These three backgrounds show their condition and status before becoming part of the children assisted by the Bina Anak Pertiwi Foundation. The results of this research explain the social learning process experienced by fostered children through the social capital they have as part of their coaching process. These fostered children are known to have various types of social capital, such as bonding, bridging and linking. Researchers looked at what type of social learning the target children received, through the respective social capital they had. Based on the findings of this research, assisted children have their own social capital in each type. The ties that assisted children have with each type of social capital show close relationships and various forms of relationships and interactions. From this analysis, it was found that the role of teachers, coaches and friends as social capital triggers forms of social learning for children assisted by the Bina Anak Pertiwi Foundation during the coaching process. In more depth, the form of social learning experienced by assisted children is in the form of modelling and cognitive learning. This research did not find any indication of assisted children experiencing the insight learning process. Several causal factors such as lack of education and finances prevent insight learning from occurring."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bingham, Tony
"Contents :
- What social learning is not
- Social learning technologies
- Trends in social learning
- Dealing with critics and objections
- How to implement social learning
- What's next
- References & resources
- Job aid "
Alexandria, Virginia: American Society for Training & Development, 2011
e20441027
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Bingham, Tony
San Francisco: ASTD press, 2010
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>