Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Gurit Sukmo Aji Prasetyo
"Organisasi non-pemerintah Walhi (Wahana Lingkungan Hidup Indonesia) sudah ada di Indonesia sejak tahun 1981. Saat ini Walhi telah hadir di 27 provinsi yang disebut dengan Walhi Daerah dan 1 Walhi Nasional. Sebagai organisasi peduli lingkungan pertama yang ada di Indonesia, pergerakan yang dilakukan bertujuan untuk mempertahankan kelestarian lingkungan yang semakin banyak mendapatkan ancaman. Dengan pergerakan yang menjangkau banyak daerah dan permasalahan, kebutuhan pendanaan menjadi persoalan bagi pergerakan mereka. Biaya kampanye mereka didukung dengan biaya sumbangan sukarela dan dari iuran anggota yang sangat terbatas jumlahnya.
Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah menyelenggarakan penggalangan dana berupa donasi dari masyarakat. Namun upaya penggalangan dana tersebut terhalang dengan kondisi masyarakat yang saat ini cenderung tidak peduli dengan permasalahan lingkungan sehingga awareness masyarakat pada pergerakan sosial seperti yang dilakukan oleh Walhi tidak begitu diperhatikan. Untuk dapat menunjang program penggalangan dana tersebut, cara yang akan dilakukan adalah dengan mengadakan kampanye komunikasi pemasaran terpadu untuk meningkatkan awareness masyarakat atas kerusakan lingkungan dan juga Walhi. Kampanye disusun berdasarkan teori milik Everett Rogers (2003) yaitu Diffusion of Innovations dan akan dilakukan selama kurun waktu 11 bulan menggunakan bauran media dengan biaya total Rp 467.170.000,-.

Non-government organization Walhi (Wahana Lingkungan Hidup Indonesia) was established in Indonesia since 1981. Now Walhi has come in 27 province that called by Walhi Regional and 1 Walhi National. As organization that concerned about the environment, their campaign aims for defending environment preservation who get so much threat by human development. With campaign that reach so many regions and problem, funding used to be a problem for their movement. Thus, so far their campaign was provided by voluntary donations and dues from their own member.
One of the way to solve this problem was by held a public donations. Yet, their effort to held the public donations was handicapped by the society condition that doesn’t concern about envorontment preservation isus that lead them not to concern about organization like Walhi. To support their program in public donations, solutions that can be use to deal with the problem is by establishing integrated marketing communication campaign to get the awareness from the society for damaged environment and Walhi. This campaign is established based on Diffusion of Innovation theory by Everett Rogers (2003). This communication campaign will be run for 11 months using mix media and consume total of Rp 467.170.000,-.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
S54171
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Wahyuni Pudjiastuti
"Penelitian ini bertitik tolak dari asumsi bahwa penyusunan strategi pemasaran sosial yang cermat sangat diperlukan
untuk mengatasi berbagai masalah sosial kesehatan dan lingkungan hidup yang berkembang di pemukiman kumuh di
DKI Jakarta. Strategi harus mempertimbangkan kondisi wilayah sasaran, target adopters serta faktor-faktor yang
berpengaruh pada partisipasi masyarakat akan berbagai produk sosial. Penelitian dilaksanakan di tiga kategori wilayah
kumuh, yaitu gang sempit, bantaran sungai dan tepian rel kereta api. Penelitian didesain sebagai penelitian deskriptif
korelational yang analisisnya menggunakan regresi berganda dan tabel distribusi frekwensi. Hasil penelitian yang
diperoleh kemudian dipakai sebagai bahan pertimbangan untuk menyusun strategi pemasaran sosial. Komponen
strateginya terdiri dari tinjauan marketing mix dan unsur-unsur komunikasi.
The research has a starting point from assumption that compose accurate social marketing strategy is being needed to
overcome social health and environmental problems in the sleim settlement area in Jakarta. The strategy should
consider the condition of target area, target adopters and some factors that influence in the community participation to
some social products. The research was done in three sleims area, (i) narrow street, (ii) flood plain river and along the
railway track. The research was designed as descriptive research correlation which is analyzed by multiple regression
and distribution frequency table. The result of the research is being used as material for compilling social marketing
strategy. The component strategy consist of consideration of marketing mix and communication elements."
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2002
PDF
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library