Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 6 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Adinda Tasyami Aziza
"Keterampilan sosial merupakan suatu hal yang penting dimiliki oleh individu untuk melakukan interaksi sosial di lingkungannya. Remaja yang mengalami kecanduan online game telah diteliti sebelumnya dan terbukti memiliki hubungan pada keterampilan sosial. Parental monitoring yang diberikan oleh orang tua juga terbukti memiliki hubungan dengan perilaku remaja dalam melakukan interaksi sosial. Penelitian ini melibatkan 208 remaja di Indonesia yang berusia 12-19 tahun (M = 16.05, SD = 1.882). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan korelasi yang signifikan antara kecanduan online game dan keterampilan sosial, tetapi ditemukan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara parental monitoring dan keterampilan sosial. Hasil ini menunjukkan bahwa keterampilan sosial remaja tidak berkaitan dengan aktivitas remaja bermain online game, tetapi berkaitan dengan pengawasan orang tua dalam memantau kegiatan anak dalam bermain online game. Penelitian ini membuka peluang bagi penelitian lain untuk lebih mengeksplor mengenai kegiatan bermain game dan juga peran orangtua dalam kegiatan bermain game anak.

Social skills are an important thing for individuals to have social interactions in their environment. Teens who experience online game addiction have previously been researched and shown to have links to social skills. Parental monitoring provided by parents is also proven to have a relationship with adolescent behavior in social interactions. This study involved 208 adolescents in Indonesia aged 12-19 years (M = 16.05, SD = 1.882). The results of this study indicate that there is no significant correlation between online game addiction and social skills, but it was found that there was a significant positive relationship between parental monitoring and social skills. These results indicate that adolescent social skills are not related to adolescent activities playing online games, but are related to parental monitoring children's activities in playing online games. This study opens up opportunities for other research to explore more about playing games and also the role of parents in children's game play activities."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Cartledge, Gwendolyn
Boston: Allyn and Bacon, 1995
303.3 CAR t
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Gavin Syifa Hamka
"Keterampilan sosial memiliki peran penting dalam mendukung perkembangan akademik anak, termasuk pada anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keterampilan sosial dan kompetensi akademik pada anak berkebutuhan khusus di Lazuardi Global Compassionate School. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional. Partisipan penelitian berjumlah 29 anak berkebutuhan khusus yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah formulir Social Skills Improvement System (SSIS) untuk mengukur keterampilan sosial, serta nilai rapor sebagai indikator kompetensi akademik. Hasil analisis korelasi Pearson menunjukkan adanya hubungan positif antara keterampilan sosial dan kompetensi akademik (r = 0,324), namun tidak signifikan secara statistik (p = 0,091). Selain itu, tidak ditemukan perbedaan yang signifikan berdasarkan usia, jenis kelamin, maupun klasifikasi kebutuhan khusus terhadap kedua variabel utama.

Social skills play an important role in supporting children's academic development, including for children with special needs. This study aims to examine the relationship between social skills and academic competence in children with special needs at Lazuardi Global Compassionate School. This research employed a quantitative method with a cross-sectional approach. The participants consisted of 29 children with special needs, selected through purposive sampling. The instruments used were the Social Skills Improvement System (SSIS) Teacher Form to assess social skills, and report card grades as indicators of academic competence. The Pearson correlation analysis showed a positive relationship between social skills and academic competence (r = 0.324), but the result was not statistically significant (p = 0.091). In addition, no significant differences were found based on age, gender, or classification of special needs in relation to the two main variables."
Depok: Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Restu Aji Wijaya
"Latar Belakang. Aktivitas pengasuhan anak dapat menimbulkan tingkatan stres yang berbeda bagi setiap orang tua, yang dipengaruhi oleh faktor internal orang tua maupun karakteristik anak mereka. Keterbatasan dalam keterampilan sosial dan permasalahan perilaku pada anak dengan Autism Spectrum Disorder (ASD) menjadi faktor peningkatan stres pada orang tua. Saat ini masih terdapat kesenjangan literatur di Indonesia mengenai perkembangan keterampilan sosial pada anak ASD, serta dampak stres orang tua terhadap tingkat keterampilan sosial pada anak ASD.
Metode. Metode yang digunakan merupakan studi kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Responden penelitian ini terdiri dari 49 orang tua dengan anak ASD di SLB Negeri Jakarta, yang ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Tingkat stres orang tua diukur menggunakan Skala Stres Pengasuhan (SSP) dan tingkat keterampilan sosial dinilai menggunakan instrumen Vineland-3
Hasil. Hasil penelitian ini menemukan adanya korelasi negatif yang signifikan antara tingkat stres pengasuhan orang tua dan tingkat keterampilan sosial anak ASD. Tingkat stres orang tua yang tinggi menyebabkan rendahnya keterampilan sosial pada anak ASD. Selain itu, ditemukannya hubungan positif yang signifikan antara usia anak dan keterampilan sosial dengan anak yang lebih tua cenderung memiliki keterampilan sosial yang lebih baik.
Kesimpulan. Penelitian ini menunjukkan besarnya pengaruh tingkat stres pengasuhan orang tua terhadap perkembangan keterampilan sosial pada anak ASD. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam penyusunan intervensi bagi orang tua dengan anak ASD. Intervensi tersebut diharapkan tidak hanya berfokus kepada karakteristik anak, tetapi juga mencakup peran orang tua dalam peningkatan keterampilan sosial anak ASD.

Background. Parenting activities can lead to varying levels of stress among parents, influenced by internal parental factors as well as the characteristics of their children. In children with Autism Spectrum Disorder (ASD), limitations in social skills and behavioural challenges are contributing factors to increased parental stress. Currently, there is a notable gap in Indonesian literature regarding social skills in children with ASD, and the impact of parental stress on the development of these skills.
Methods. This study employed a quantitative correlational design. The participants consisted of 49 parents of children with ASD enrolled in a state special needs school (SLBN) in Jakarta, selected using purposive sampling. Parenting stress was measured using the Parenting Stress Scale (PSS), while the children’s social skills were assessed using the Vineland Adaptive Behavior Scales, Third Edition (Vineland-3).
Results. The results revealed a significant negative correlation between parental stress levels and the social skills of children with ASD, indicating that higher parental stress is associated with lower levels of social skills in children. In addition, a significant positive correlation was found between the age of the child and their social skills, with older children demonstrating better social abilities.
Conclusion. This study highlights the considerable impact of parental stress on the social skill development of children with ASD. The findings are expected to serve as a foundation for developing interventions that not only focus on the child, but also provide emotional support for parents in order to create a more adaptive and supportive environment for the child’s development.
"
Depok: Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sidniya Hani Muthmainnah
"Penelitian ini membahas mengenai cara guru mengajar anak bersosialisasi di pendidikan prasekolah Jepang. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan metode deskriptif analitis berdasarkan data kepustakaan, serta observasi dan wawancara singkat. Sosialisasi anak prasekolah di Jepang bertujuan untuk membangun ikatan personal anak-anak satu sama lain serta membangun kemauan dan kemampuan pribadi untuk hidup berkelompok.
Metode yang digunakan oleh guru Jepang untuk melatih anak prasekolah agar bersikap yang sesuai dengan harapan kelompok dipaparkan oleh Lois Peak (1991) dan Catherine C. Lewis (1995). Untuk mengetahui penerapan metode-metode tersebut, penulis melakukan observasi singkat pada guru-guru di Taman Kanak-Kanak Sekolah Jepang Jakarta atau Jakarta Japanese School Kindergarten.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru-guru tersebut menggunakan cara yang serupa dengan yang dipaparkan oleh Peak dan Lewis. Cara-cara tersebut mendukung tujuan sosialisasi anak prasekolah di Jepang.

This thesis discusses the way teachers teach preschool children to socialize in Japan. This thesis use qualitative descriptive analysis method based on data from literatures, as well as observation and brief interviews. Socialization of preschool children in Japan aims to build children's personal ties to each other and build personal willingness and ability to live in groups.
The methods used by the Japanese teachers to train preschool children in order to be in line with the expectations of the group life are described by Lois Peak (1991) and Catherine C. Lewis (1995). To determine the application of these methods, the author conducted a brief observation on the teachers in Taman Kanak-Kanak Sekolah Jepang Jakarta or Jakarta Japanese School Kindergarten.
The result shows that the teachers use similar methods to the method?s that described by Peak and Lewis. These methods support the objectives of socialization of preschool children in Japan.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2015
S61796
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Pollock, David C.
Boston : Nicholas Brealey Pub. , 2001
303.32 POL t
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library