Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
David Ferdiyanto
"Baterai ion-sodium (SiB) saat ini terus dikembangkan sebagai alternatif pengganti baterai ion-litium (LiB) yang lebih ekonomis dan ramah lingkungan. Pada penelitian ini dilakukan karakterisasi dan evaluasi bahan mangan nikel berdoping magnesium yang disintesis secara hidrotermal untuk katoda baterai ion-sodium sebagai alternatif pengganti baterai ion-litium. Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa suhu autoklaf pada proses hidrotermal sangat mempengaruhi sintesis bahan katoda dimana suhu 250oC merupakan suhu optimum proses sintesis bahan. Hal ini dibuktikan melalui  karakterisiasi senyawa kristal bahan dengan uji x-ray diffraxtion (XRD) dan juga pengamatan scanning electron microscope (SEM). Hasil pengujian electric impedance spectroscopy (EIS) menunjukkan bahwa penambahan unsur magnesium sebagai doping pada katoda memberikan hambatan yang lebih rendah dibandingkan tanpa magnesium, sehingga meningkatkan konduktifitas baterai sebesar 9,02%. Tegangan sel mampu mencapai 2,00 V pada pengisian awal dan berada pada rentang 1,50-4,30 V yang terlihat dari hasil uji Cyclic Voltametry (CV). Kapasitas baterai katoda berdoping magnesium (132,12 mAh/g pada saat pengisian dan 14,53 mAh/g pada saat pengosongan) lebih tinggi dibandingkan katoda tanpa magnesium (45,86 mAh/g pada saat pengisian dan 2,37 mAh/g pada saat pengosongan) pada C-rate yang rendah.

Sodium-ion batteries (SiB) are currently being developed as a more economical and environmentally friendly alternative to lithium-ion batteries (LiB). This study involves the characterization and evaluation of manganese nickel materials doped with magnesium, synthesized hydrothermally for use as cathodes in sodium-ion batteries as an alternative to lithium-ion batteries. The results indicate that the autoclave temperature during the hydrothermal process significantly affects the synthesis of the cathode material, with 250°C being the optimal temperature for material synthesis. This is evidenced by the characterization of the material using x-ray diffraction (XRD) and scanning electron microscope (SEM) observations. Electric impedance spectroscopy (EIS) testing shows that adding magnesium as a dopant to the cathode results in lower resistance compared to the one without magnesium, thereby increasing battery conductivity by 9.02%. The cell voltage can reach 2.00 V during initial charging and ranges from 1.50 to 4.30 V, as shown by the Cyclic Voltammetry (CV) test results. The magnesium-doped cathode battery capacity (132.12 mAh/g during charging and 14.53 mAh/g during discharging) is higher than the undoped cathode (45.86 mAh/g during charging and 2.37 mAh/g during discharging) at a low C-rate."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ahmad Husnan Amri
"Baterai natrium-ion merupakan alternatif yang menjanjikan dalam penyimpanan energi karena ketersediaan ion Na yang melimpah. Kinerja baterai secara keseluruhan dapat dipengaruhi oleh semua komponen baterai, termasuk pilihan bahan katoda. Penelitian ini berfokus pada vanadium pentoksida (V2O5) sebagai bahan katoda. V2O5 berpotensi sebagai katoda untuk baterai sodium-ion. Dalam studi ini, kami menghitung potensi material mengunakan density functional theory (DFT) menggunakan self-consistent field (SCF) dan perhitungan optimasi struktur. Pada proses interkalasi ion Na, penambahan ion Na mengikuti rumus kimia NaxV2O5 dengan nilai x (0 <= x <= 1) yang menyatakan banyaknya ion Na pada katoda V2O5. Kami menyelidiki stabilitas struktur dengan menghitung energi formasi dan memeriksa deformasi kisi kristal di katoda di bawah variasi jumlah ion Na+. Dari penelitian kami, struktur NaV2O5 memiliki kapasitas optimal teoretis 147 mAh/g dan tegangan rangkaian terbuka 3.5 V. Spesifikasi ini menjanjikan sebagai katoda pada baterai ion natrium meskipun kapasitasnya tidak sebaik pada baterai lithium ion. Hal ini sesuai dengan ukuran atom dan massa Na+ yang menyebabkan deformasi struktur.

Sodium-ion batteries are a promising alternative in energy storage due to the abundant availability of Na ions. The overall battery performance may be affected by all the battery components, including the choice of the cathode material. This study focuses on vanadium pentoxide (V2O5) as the cathode material. V2O5 has the potential as the cathode for sodium-ion batteries. In this study, we compute the potential within the Density Functional Theory (DFT) using Self-Consistent Field (SCF) and structural optimization methods. In the intercalation process of Na ions, the addition of Na ions follows the chemical formula of NaxV2O5 with the value of x (0 <= x <=1) representing the number of Na ions at the V2O5 cathode. We investigate the structure's stability by calculating the formation energy and inspecting the crystal lattice's deformation at the cathode under the variation of the number of Na+ ions. From our study, the structure NaV2O5 has a theoretical optimal capacity of 147 mAh/g and an open-circuit voltage of 3.5 V. These specifications are promising as a cathode in sodium-ion batteries even though the capacity is not as good as in lithium-ion batteries. It corresponds with the atomic size and mass of Na+ that causes deformation of the structure."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library