Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Matondang, Rosnath
Abstrak :
Pada masa sekarang ini bidang pariwisata mendapat perhatian khusus diseluruh dunia : Indonesia juga iku berpartisipasi menggalakkan pariwisata dengan " Visit Indonesia Year 1991"'. Semakin meningkanya usaha memajukan pariwisata, mengakibatkan tuntutan masyarakat terhadap sarana dan fasilitas yang ada menjadi tinggi. Tempat menginap atau hotel adalah salah satunya. Persaingan yang semakin keras dalam dunia perhotelan menyebabkan setiap hotel berlomba-lomba untuk memberikan pelayanan dan produk wisata yang terbaik. Salah satu usaha yang dianggap tbrut berperan dalam kemajuan dan kelarisan jasa dan produk yang ditawarkan oleh hotel tersebut adalah bidang Hubungan Hasyarakat. Meskipun bidang ini masih baru bagi masyarakat Indonesia, namun tidak halnya di negara- negara maju. Hampir di setiap hotel bertaraf internasional, bidang Humas dapat kita temui. Heskipun pada kenyataannya, belum ada pengertian yang sa~a akan arti dan fungsinya, maka keberadaan Humas dan wewenangnya menjadi berlainan. Dalam penelitian in1. a kan disorot berbagai program kerja Humas di Hote l Sari Pa Pacific, Jakarta dalam menunjang fungsi perusahaan hotel. Secara khu sus di t injau dari hubungannya dengan para pelanggan . Untuk itu diadakan suatu penelitian dengan men ggunakan kuesioner . Sampel sengaja (purposive sampt e) adalah s ampe l yang digunakan d a1am penelitian i ni . Sebagai sampelnya a dalah mereka yang p erna enggunakan jasa dan p rodu k Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta , berkebangsaan Ind ones · a, b e rkantor d i wilayah Jakarta Pusat dan dikirim majalah pub li kasi ho te l ''Sari Smile'' . Data 1ain diperoLeh dar i ke ustakaan dan wawancara . dengan mereka yang jabatan dan pek&r jaannya di Hot e l Sari Pan Pacific. Jakarta sedikit banyak berhubungan dengan bagian Humasnya yang disebut Promotion and Publ i c Relations Depar tment. Dari hasil penelitian di lapangan terhadap para pelanggan diperoleh hasil bahwa Humas belum ditempatkan pada porsi yang memadai, yakni sebagai Top Manajemen. Humas Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta hanya merupakan bag ian d·ar i Sales De par tmen t. Hal ini dapat mempengaruhi program-program kerja yang dilaksanakan, yang lebih ditujukan secara khusus bagi kepentingan Sales Department, bukan manajemen keseluruhan Heskipun tidak menutupi adanya faktor penyebab lain, hasil penelitiam ini diharapkan tetap memberikan gambaran dan . masukan terhadap fungsi fungsi Humas perhotelan
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1993
S4026
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library