Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rachmi Satarsyah
"ASBTRAK
Dalam tiga puluh tahun terakhir, terjadi peningkatan yang signifikan pada
penggunaan kapal multihulls untuk berbagai aplikasi seperti feri, kapal penangkap
ikan, kapal olahraga, dan kapal penelitian oseanografi. Kenaikan harga BBM telah
menyebabkan bisnis armada operasional dan pengiriman berada dalam situasi
yang krusial. Konsumsi bahan bakar kapal dipengaruhi oleh volume kapal atau
luas permukaan tercelup yang berpengaruh terhadap peningkatan tahanan kapal
dan ukuran mesin utama. Trimaran bentuk lambung atau kapal dengan tiga
lambung yang menjadi perhatian karena dapat memberikan luas dek yang lebih
besar dan ukuran draft yang kecil. Pada penelitian ini menggunakan beberapa
konfigurasi untuk mendapat hasil hambatan yang optimal pada kapal trimaran
asimetrik. Hambatan salah satu merupakan faktor penting ketika merancang kapal
karena berhubungan dengan perhitungan daya mesin utama kapal, biaya
operasional kapal dan konsumsi bahan bakar. Dalam tesis ini akan menjelaskan
pengaruh nilai hambatan yang disebabkan oleh konfigurasi melintang (S / L) pada
lambung kapal trimaran asimetrik. Metode eksperimen (uji fisik) dan numerik
(HullSpeed-MaxsurfPro 11.12) dilakukan dalam penelitian penelitian dengan
variasi kecepatan dalam bilangan Froude 0 -0,51.

ABSTRACT
In the last thirty years, there is significant increase on the use of multihulls vessels
for various applications such as ferries, fishing vessels, sporting craft, and
oceanographic research vessels. The increase of fuel price has caused fleet
operational and shipping bussines to be in danger situation. The fuel consumption
of a ship is influenced by ship volume or wetted area which contributes directly to
the increase of ship resistance and the size of main engine. Trimaran hull form or
vessel with three hulls has recieved considerable attention because it can provide
even bigger deck area and shallower-draft. The core of the study involves
determaining the total resistance for each model in the series in konjunction
varying tranversal side-hull locations. Resistance is an important factor when
designing a ship because it deals with the calculation of main engine power of
vessels, vessel operating costs and fuel consumption. In this thesis would explain
the decrease in resistance value caused by the transversal configuration (S / L) on
out-trigger trimaran asymetrical vessel. Experimental method (physic test) and
numerical (HullSpeed-MaxsurfPro 11.12) conducted the study with the velocity
variations in the Froude number 0 -0,51."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S42273
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Muhamad Ryan Dwi Pramono
"Kapal berperan penting dalam perkembangan perekonomian sebagai media transportasi barang dari berbagai belahan dunia. Pesatnya perkembangan perekonomian mengharuskan adanya peningkatan efisiensi biaya operasi kapal dan kapasitas muatan kapal. Kapal Multihull mampu menjadi salah satu solusi dan skripsi ini membahas kapal model pentamaran dengan variasi jarak lambung dan lambung asimetrik. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan konfigurasi dengan hambatan dan Faktor Interferensi terendah sehingga dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar. Penelitian dilakukan dengan metode eksperimen berupa uji Tarik pada kapal model pentamaran di kolam uji dengan kondisi air tenang pada Fr = 0.55 ndash; 1. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada konfigurasi dengan hambatan terendah pada seluruh kecepatan.

Ship has major important things for developing economy as logistic transportation media for over the world. The significance of developing economy must be increasing the cost rsquo s efficiency for ship operational and ship capacity. Multihull ship can be one of solution and this thesis will discuss about pentamaran ship rsquo s model with the variation hull separation and asymmetric hull. This thesis aim to get the configuration on the lower resistance and Interference Factor so it can increase the fuel rsquo s efficiency. The thesis performed with the experimental method to test pentamaran ship rsquo s model in experiment pool with calm water condition on Fr 0.55 ndash 1. The results show there are no configuration on the lower resistance for all speed."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
S68546
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Arif Rahman
"Kapal Pentamaran adalah hasil pengembangan dari kapal multi hull catamaran, trimaran dan quadramaran. Kapal Pentamaran mempunyai keunggulan yaitu hambatan yang lebih kecil dalam kecepatan yang tinggi dibandingkan dengan kapal satu lambung mono hull sehingga dapat lebih efisien dalam mengkonsumsi bahan bakar, waktu, dan biaya operasionalnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi kecepatan dan peletakan lambung asimetris inboard sisi streamline menghadap ke arah mainhull dan outboard sisi streamline menghadap ke arah berlawanan dengan mainhull terhadap hambatan total kapal. Penelitian dilakukan dengan eksperimen uji tarik pada kapal model pentamaran pada kolam uji dan kondisi air tenang. Eksperimen ini dilakukan pada rentang Fr : 0.55 ndash; 1. Hasil dari eksperimen menunjukan bahwa konfigurasi S/L 0.22 pada rentang Fr : 0.55 ndash; 1 memiliki koefisien hambatan total Ct yang efektif. Konfigurasi yang mempunyai koefisien hambatan total Ct dan Factor Interferensi IF paling rendah terletak pada konfigurasi Asymmetric Inboard Outterhull Position dengan S/L = 0.22 pada sepertiga awal rentang Fr = 0.55 ndash; 1.

Pentamaran ship is the result of development from the ship and trimaran multihull catamarans, quadramaran. Pentamaran ship has benefits such as smaller resistance in high speed compared with the mono hull so that it can be more efficient in fuel consumption, time and operational costs. This research aims to find out the influence of the variation of the speed and the placement of the asymmetric inboard hull streamlines side facing toward the mainhull and outboard streamlines side facing the opposite direction with the mainhull against total ships resistance. The research done with experiment test pull on the ship pentamaran model on the watertank with conditions calm water. The experiment was conducted on a range of Fr 0.55 1. The result of the experiment shows that the configuration of S L 0.22 on a range of Fr 0.55 1 have coefficient total resistance Ct which effectively. The configuration has a coefficient total resistance Ct and Factor Interference IF most low located on the configuration of the Asymmetric Inboard Outterhull positions with S L 0.22 on one third of the beginning of a range of Fr 0.55 1."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
S67975
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adib Muhammad Hasyim Wicaksono
"Pada dewasa ini kapal mempunyai peranan penting dalam perindustrian perkapalan. Perekonomian di dunia menggunakan transportasi kapal sebagai keberlangsungan ekonomi. Kapal multihull mempunyai keunggulan saat kecepatan tinggi. Multihull terdapat 4 major konfigurasi diantaranya Catamaran, Trimaran, quadramaran, dan Pentamaran. Penelitian dari Hambatan Pentamaran sudah diuji dalam eksperimen ini. Dalam kasus ini kapal Pentamaran mepunyai konfigurasi yang bisa mendukung semakin optimalnya nilai hambatan, stabilitas kapal, luasan dek kapal, dan kekuatan konstruksi. Hambatan merupakan simbol dari efisiensi kapal itu sendiri. Tujuan penelitian adalah untuk mendapatkan konfigurasi pentamaran dengan nilai hambatan terendah pada kecepatan tinggi dengan rentang Fr 0.39-0.6. Eksperimen dilakukan pada kolam uji dengan permukaan air tenang.

On this ship has an important role in the shipping industry. Economy in the world using the transport ship as the sustainability of the economy. Multihull ships have advantages when at high speed. There are 4 major Multihull configuration such as Catamaran, Trimaran, Quadraman, and Pentamaran. The Research of Drag Reduction Pentamaran already tested. In this case Pentamaran have a configuration that can support optimalization in drag reduction, stability, ship deck area, the power construction. The obstacle is the symbol of the efficienct of the ship itself. The purpose of the research is to get the configuration of the lowest resistance value at high speeds with range Fr 0.39 0.6. The research has done on water tank with waterl level calm."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
S68277
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library