Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 5 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Winarto
"

Dalam sepuluh tahun terakhir, penelitian di Indonesia telah mengalami peningkatan signifikan dalam bidang metodologi penilaian umur pakai untuk memprediksi waktu kerusakan komponen penting. Tujuan utama asesmen ini adalah untuk meningkatkan keselamatan, mengurangi risiko cedera, mengatasi kesulitan sosial, dan mengurangi kerugian ekonomi yang terkait dengan kegagalan komponen dalam industri pembangkit listrik. Selain teknik kalkulasi, evaluasi tak rusak juga merupakan fokus utama penelitian. Metode ini melibatkan penggunaan teknologi non-destruktif (NDT), seperti ultrasonik, radiografi, termografi, dan inspeksi visual, serta teknik metalografi untuk memeriksa kondisi internal dan eksternal komponen tanpa merusaknya. Dengan menggunakan teknik ini, para peneliti dapat mendeteksi cacat, keretakan, atau penurunan kualitas yang dapat menyebabkan kegagalan komponen. Data yang diperoleh dari evaluasi tak rusak ini kemudian digunakan dalam analisis untuk memperkirakan umur sisa pakai komponen teknik dengan lebih akurat. Pengujian merusak (DT) juga menjadi bagian penting dalam asessmen ini. Sampel komponen yang diambil dari instalasi yang ada dapat diuji secara langsung dalam kondisi ekstrim untuk menilai batas kinerja dan waktu kerusakan. Hasil asesmen umur sisa pakai (Remaining Life Assessment) pada casing turbin unit pembangkit listrik, disimpulkan bahwa prediksi umur sisa pakai berdasarkan metalografi insitu terlihat bahwa tingkat kerusakan creep komponen casing turbin berada pada kelas B (20 % kerusakan & 80% sisa umur pakai nya) yang mengindikasikan bahwa umur sisa pakai setelah 29 tahun pemakaian diperoleh kira-kira 23,2 tahun. Sedangkan berdasarkan metoda simulasi berdasarkan uji kekerasan dan parameter operasi pembangkit listrik maka hasil perhitungan umur sisa pakainya sekitar 23,4 tahun.


In the last ten years, research in Indonesia has experienced significant improvement in the field of service life assessment methodologies for predicting the failure time of critical components. The main objective of this research is to improve safety, reduce the risk of injury, overcome social difficulties, and reduce economic losses associated with component failure in the power generation industries. Apart from calculation techniques, nondestructive evaluation is also a major focus of assessment. This method involves using non-destructive technology (NDT), such as ultrasound, radiography, thermography, and visual inspection, metallography technique to check the internal and external condition of components without damaging them. Using this techniques, investigator can detect defects, cracks, or deterioration that can lead to component failure. The data obtained from this nondestructive evaluation is then used in the analysis to more accurately estimate the remaining life of the engineering components. Destructive testing (DT) is also an important part of this research. Component samples taken from existing installations can be tested under extreme conditions to assess performance limits and downtime.The results of the Remaining Life Assessment on the turbine casing of the power plant unit, it is concluded that the prediction of the remaining life based on in-situ metallography shows that the level of creep damage to the turbine casing components is in class B (20% damage & 80% remaining life). ) which indicates that the remaining service life after 29 years of use is obtained to be approximately 23.2 years. While based on the simulation method based on hardness test and power plant operation parameters, the results of the calculation of the remaining useful life are around 23.4 years.

 

"
Jakarta: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Sugeng Sunarto
"Pompa air merupakan alat konversi energi, yaitu konversi energi mekanis menjadi energi fluida. Energi mekanis dihasilkan oleh motor listrik dalam hal ini berupa daya pores yang diubah oleh sudut sudut impeller menjadi energi fluida berupa tinggi tekan dan kecepatan sehingga mampu memindahkan atau mengalirkan fluida. Unjuk kerja pompa adalah kemampuan pampa yang ditunjukkan dengan besarnya tinggi tekan, kapasitas dan effisiensi Pengujian pompa dengan impeller sudu sejajar dan sudu zig zag ditamhah variasi sudut laluan /utup casing adalah dimaksudkan untuk mengelahui unjuk ketja terbaik dari semua variasi diatas rerhadap pompa air jenis turbin. Hasil pengujian memmjukkan bahwa Fidak terdapat pcrbedaan yang signifikan dengan pembahan impeller dari sudu sejajar menjadi sudu zig zag sedangkan effisiensi tertinggi sampai 16 % dan kapasitas yang besar diperoleh ji/r.a menggunakan Jutup casing dengan sudut laluan (J,$'. Tinggi tekan tertinggi hingga 31 mll20 dapat dicapai dengan menggunakan rump casing dengcm sudut laluan r'."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2002
S37305
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Reza Dianofitra
"Indonesia merupakan salah satu negara berkembang di Asia Tenggara dan belum seluruh daerahnya menikmati energi listrik. Sebagian besar daerah yang belum menikmati energi listrik tersebut berada pada daerah terpencil disebabkan oleh tidak adanya jaringan listrik dari pusat. Jaringan listrik dari pusat tidak tersedia karena pada daerah terpencil kebutuhan energi listrik sedikit sehingga harga listrik per kWh jadi lebih mahal. Indonesia memiliki karakteristik geografis pegunungan dan berbukit. Oleh karena itu, pembangkit listrik tenaga mikrohidro menjadi pilihan energi listrik pada daerah terpencil. Sebelumnya telah dilakukan perancangan turbin mikrohidro dengan head total setinggi 2 m, yaitu turbin air openflume dengan rasio hub-to-tip sebesar 0,4 dengan free vortex theory. Tulisan ini menampilkan verifikasi data hasil perancangan sebelumnya dengan metode numerik melalui simulasi CFD (Computational Fluid Dynamics). Modifikasi dilakukan pada rancangan turbin yang sebelumnya dengan merubah besar sudut sudu pada bagian masuk dan keluar. Simulasi CFD pada turbin openflume ini dilakukan menggunakan software ANSYS Fluent 15.0 dengan model turbulensi k- dan mendefinisikan model simulasi dengan turbo-topology. Tulisan ini membandingkan karakteristik performa dari turbin awal dan turbin modifikasi dengan melihat debit aliran, torsi, dan daya poros pada tiap RPM yang dihasilkan. Efisiensi turbin tertinggi dari turbin adalah 62.47% pada kecepatan putar 600 RPM dengan sudut sudu bagian masuk 72.3o dan bagian keluar 76.5o.

Indonesia is one of developing country in South East Asia yet ironically parts of its region cannot derive the luxury of electricity. Most area without electricity yet is located in remote areas which is caused by the inexistence of electrical transmision from central. Electrical transmision from central is not avalailable because the needs of electricity in remote areas are minimum, so that the price of electricity are more expensive per kWh. Indonesia has major geographical characteristics with its mountains and highlands. Therefore, a power plant powered by microhydro plant has been chosen as electricity source in such place. Beforehand, micro-hydro turbine design has been carried out with total head 2 m, that is openflume propeller turbine with 0,4 hub-to-tip ratio with the free vortex theory. This writing represents the verification of designing results with numeric method accomplished by CFD (Computational Fluid Dynamics) simulation. Modification is applied on the previous turbine design with changing the blade angle on inlet and outlet. The simulation of CFD on this openflume turbine propeller was performed using ANSYS Fluent 15.0 software with k- turbulence model and defining the simulation model with turbo-topology. This writing compares the performance characteristics of the original turbine and the modified turbine with flow capacity, torsion and shaft power at each RPM produced. The highest turbine efficiency is 62.47% at 600 RPM with inlet blade angle 72.3o and outlet blade angle 76.5o.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
S57903
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sultan Alif Zidane
"Kebutuhan energi yang terus meningkat setiap tahunnya membuat manusia perlu menggunakan alternatif sumber energi lain yaitu gas bumi, dimana cadangan gas bumi Indonesia adalah 142.72 TSCF pada 2017. Karena LNG merupakan sumber energi yang murah dan ramah lingkungan maka sistem propulsi kapal angkut juga akan menggunakan bahan bakar LNG. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan sistem propulsi berbahan bakar full LNG untuk kapal small scale LNG Carrier dengan sistem kombinasi gas elektrik steam turbin (COGES). Kelayakan sistem propulsi rancangan akan ditentukan oleh daya yang dihasilkan sistem, luaran emisi yang dihasilkan, serta kelayakan ekonomi sistem. Data yang digunakan diperoleh dari simulasi menggunakan software Cycle-Tempo 5.1 dan juga untuk data emisi diperoleh dari simulasi menggunakan software SimaPro. Penelitian ini menunjukan dengan input kalor yang sama 50000 kJ, sistem COGES, sistem DFDE, sistem Diesel daya luaran yang dihasilkan berturut-turut adalah 14 kWh, 6.6 kWh, dan 6.4kWh sehingga sistem COGES memiliki keunggulan dibandingkan dengan sistem lainnya. Dengan efisiensi sistem COGES 30.1% (elektikal) dan 61.79% (mekanikal). Sistem COGES juga memiliki luaran emisi CO2 yang lebih kecil dibandingkan sistem lainnya dengan komposisi 24% (COGES); 25% (DFDE); 51% (Diesel). Kemudian untuk keekonomian sistem propulsi COGES memiliki nilai NPV yang positif, IRR di kisaran 21% - 72% dan PBP di kisaran 4.06 tahun – 1.39 tahun.

Energy needs that continue to increase every year make people need to use alternative energy sources, namely natural gas, where Indonesia's natural gas reserves are 142.72 TSCF in 2017. To meet natural gas needs, distribution from natural gas sources to consumers to regions is required. remote areas, one of which uses an LNG carrier ship. Because LNG is a cheap and environmentally friendly energy source, the propulsion system of the transport ship will also use LNG as fuel. This study aims to determine the feasibility of a full LNG-fueled propulsion system for small-scale LNG Carrier vessels with a combination gas electric steam turbine system (COGES). The feasibility of the design propulsion system will be determined based on the power generated by the system, the output emissions generated, and the economic feasibility of the system. The data used were obtained from simulations using Cycle-Tempo 5.1 software and also for emissions data obtained from simulations using SimaPro software. The results of this study show that with the same heat input of 50000 kJ, the COGES system, the DFDE system and the Diesel system of the output power produced are 14 kWh, 6.6 kWh, and 6.4 kWh, so that the COGES system has advantages compared to other systems. With COGES system efficiency of 30.1% (electrical) and 61.79% (mechanical). The COGES system also has a lower CO2 emission output than other systems with a composition of 24% (COGES); 25% (DFDE); 51% (Diesel). Then for the economy of the propulsion system COGES design has a positive NPV value, IRR in the range of 21% - 72% and PBP in the range of 4.06 years - 1.39 years."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tania Mentari Desriyani
"Pemeliharaan merupakan hal terpenting dalam menjalankan sebuah sistem produksi yang melibatkan aset yang besar, termasuk pada Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi. Pemeliharaan mesin berbasis kondisi mesin Condition-Based Maintenance dirasa efektif dalam menjaga performa mesin. Kondisi mesin dapat diketahui melalui data operasi yang ada. Salah satu pendekatan yang dapat mempelajari dan mengolah ribuan data operasi yang terekam oleh sensor-sensor parameter keseluruhan data operasi yang ada adalah dengan pendekatan machine learning. Data operasi tersebut kemudian akan dibagi menjadi beberapa kategori yaitu long, medium dan short dengan batasan berupa lama waktu aset tersebut beroperasi. Data tersebut kemudian akan menjalani proses training menggunakan aplikasi Classification Learner pada software MATLAB. Proses ini memungkinkan MATLAB mempelajari hubungan antar parameter, waktu dan kategori yang dibuat hingga menghasilkan sebuah model klasifikasi kondisi mesin. Model tersebut kemudian digunakan untuk memprediksi kondisi turbin terkini yang kemudian dapat diperkirakan berapa lama lagi turbin dapat beroperasi dengan baik sampai turbin membutuhkan kegiatan pemeliharaan kembali.

Maintenance is the most important thing in running a large production system that is using some machinery such as turbines, pumps and so on. This is also applied for a geothermal power plants that have so many assets to maintain. Condition based maintenance is considered to be the most effective maintenance management to be applied for a big scale industrial company. Machines condition could be known from the machines operation data that is continously recorded by the censors of some parameter. One of the most suitable approach to learn and process the big operation data is machine learning. The operation data will be classified into three categories, there are long category, medium category and short category, which has its limit based on the length of time the machine has been operating. Then, the operation data will be trained using Classification Learner toolbox of MATLAB. This process let MATLAB understands the relationship between each parameter, time and the categories until a classification model of machines condition has been produced. The model later could be used to predict the most recent machines condition so that we can also predict how long the machine could still operate well until it needs to be maintained again. "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library