Ditemukan 5 dokumen yang sesuai dengan query
Muhammad Rabbani Reksoprodjo
"
ABSTRAKProduksi bodi kendaraan bertipe monocoque semakin meningkat pada setiap tahunnya. Penggunaan motor diesel pada kendaraan penumpang kecil mulai digunakan oleh para piham manufaktur kendaraan. Dalam aspek desain mekanika getaran merupakan salah satu hal yang dipertimbangkan, terutama dalam mesin yang bersentuhan langsung dengan manusia. Penelitian karakteristik getaran pada kasus seperti ini belum banyak dilakukan dalam dunia industri otomotif, terutama pada bodi berjenis monocoque. Penelitian ini dilakukan dengan melacak titik ukur yang dianggap memiliki respons getaran yang relatif besar dibandingkan dengan titik lain pada bodi. Pengambilan data getaran berupa RMS keceatan pada titik ukur dan data spektrum. Data RMS kecepatan yang diperoleh kemudian disesuaikan dengan standard getaran IRD Severity Chart dan dilakukan transfer path analysis untuk mengetahui peredaman getaran yang terjadi pada struktur kendaraan. Analisis spektrum juga dilakukan untuk melihat eksitasi apa saja yang memberikan respons getaran terhadap struktur bodi kendaraan.
ABSTRACTThe production of monocoque body type vehicles is increasing every year. The use of diesel motors in small passenger vehicles is being used by vehicle manufacturing companies. In the design aspect vibration mechanics is one of the things considered, especially in machines that come in direct contact with humans. Research on vibration characteristics in such cases has not been done much in the world of the automotive industry, especially in the monocoque type bodi. This research was conducted by tracking the measuring points which are considered to have a relatively large vibration response compared to other points on the bodi. The retrieval of vibration data in the form of speed RMS at the measuring point and spectrum data. The speed RMS data obtained is then adjusted to the IRD Severity Chart vibration standard and transfer path analysis is performed to determine the vibration reduction that occurs in the vehicle structure. Spectrum analysis is also performed to see any excitation that response to vibrations to the bodi structure of the vehicle."
2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Regie Poulanka Tresna Putera
"Organic Rankine cycle (ORC) is a modified rankine cycle with working fluids, of organic material (Refrigerant). Refrigeran pentane has low boiling point, therefore ORC can be used in power plant which uses low temperature resources, such as exhausted gases and geothermal wells. Organic Rankine Cycle (ORC) is used to convert heat energy into mechanical energy or electricity generated by a low temperature of the hot sun. The working fluid used is R-22. Simulations performed with an organic Rankine cycle temperature and pressure with cycle tempo program. By programming the simulation cycle Refrop tempo and got the result on the maximum power a turbine to the conditions of the working fluid R-22 to the input turbine T = 46oC and pressure = 13.6 bar can generate 177.5 KW. Turbocharger is one of the alternatives in the energy conversion of the energy of motion into electrical energy. Turbocharger rotation will be used to turn a generator and converts the energy of motion into electrical energy. Pressure required to run the turbocharger is 8 psig with mass flow rate of 25.8 kg / s."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S1934
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Syahbani Rizkivaldy
"
ABSTRAKMotor bakar diesel biasa digunakan untuk kendaraan berdimensi besar karena diperlukan tenaga yang besar. Selain mengeluarkan tenaga yang besar kendaraan bermotor bakar diesel dikenal dengan getaran dan juga kebisingan yang besar. Jika kendaraan kecil menggunakan motor berbahan bakar diesel maka getaran dan kebisingan yang dihasilkan akan lebih besar daripada motor bakar otto biasa. Sedangkan pada kendaraan kecil seperti sedan salah satu faktor yang dipertimbangkan untuk menggunakan mobil tersebut adalah faktor kenyamanan. Getaran dan kebisingan yang ditimbulkan bisa menjadi faktor yang menggangu kenyamanan bila melewati batas yang telah ditentukan. Pada penelitian ini penulis mengambil data getaran dan kebisingan pada titik tertentu yang telah ditentukan dengan metode Transfer path analysis. Hasil dari pengambilan data tersebut akan dibandingkan dengan standar yang telah ditentukan oleh ISO dan juga Kementrian Lingkungan Hidup tentang batas baku getaran dan kebisingan.
ABSTRACTDiesel engine is commonly used for large dimensional vehicles because it requires a lot of power. Besides known for releasing a large amount of power, diesel engine known as produce a high vibration and noise. If a small vehicle such as city car uses a diesel engine then the vibration and noise generated will be larger than the usual otto engine. While on a small vehicle like a city car, one factor that is considered by consumer to use the car is a comfortable factor. Vibration and noise can be a factor that disturbs comfort when it exceeds a predetermined limit. In this research the writer take the data of vibration and noise at certain point which have been determined by Transfer Path Analysis method. The results of the data retrieval will be compared with the standards specified by the ISO as well as the Ministry of the Environment concerning the vibration and noise standard limits."
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
"Sumber energi yang disediakan oleh alam sangat banyak sehingga dapat digunakan manusia untuk kelangsungan hidupnya. Sejak dahulu sampai saat ini telah dilakulcan berbagai penelitian oieh para ilmuwan dari mancancgara mengenai energi. Salah S8111 gagasan yang selalu digunakan sebagai pedoman adalah bahwa energi itu tetap lestari. Memanfaatkan energi semaksimal mungkin dengan cara mengubahnya menjadi bentuk energi lain menxpakan prinsip konversi energi. Pennasalahan tersebut diataslah yang akan dibahas dalam tugas akhir ini.
Motor bakar torak adalah salah satu penggerak mula yang mengkonversi energi kimia bahan bakar menjadi tenaga atau daya. Daya yang berasal dari pembakamn bahan bakar dan udara didalam silinder inilah yang kemudian dikonversi menjadi energi mekanik untuk menggcrakkan suatu peralatan.
Seperti diketahui bahwa daya dari suatu motor bakar sangat tergantung dengan massa udara dan kuantitas bahan bakar yang tersedia dengan kata lain sangat tergantung dengan mean ejécrhfe pressure (mep) atau tekanan efektif rata-rata dari motor bakar tersebut.
Menambah daya suatu motor bakar tanpa mengubah volume langkah dan kecepatan motor dapat dilakukan dengan meningkatkan mep motor tersebut. Ha!
ini dapat dilakukan dengan penambahan turbocharger dan afercooler."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1999
S37405
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Nguyen-Schafer, Hung
"This book deals with rotordynamics of automotive turbochargers while encompassing the analysis of the dynamics of rotating machines at very high rotor speeds of 300,000 rpm and above. This interdisciplinary field involves 1. thermodynamics and turbo-matching knowledge to compute working conditions of turbochargers, 2. fluid and bearing dynamics to calculate various operating thrust loads and to design the rotating floating ring bearings (two-oil-film bearings), and 3. tribology to improve the rotor stability and to reduce the bearing friction. Mathematical background in modeling and simulation methods is necessary; however, the prerequisites have been kept to a minimum. The book addresses both practitioners working in the field of rotordynamics of automotive turbochargers and graduate students in mechanical engineering. "
Berlin: [;Spinger-Verlag, Springer], 2012
e20398790
eBooks Universitas Indonesia Library