Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 5 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Lusiana Indra
"

Penulisan ini membahas pengaruh sentimen twitter terhadap mispricing pada perusahaan terdaftar di Indonesia periode tahun 2013-2017. Penulisan ini membandingkan beberapa metode yaitu Naïve Bayes, Support Vector Machine, dan Decision Tree untuk mendapatkan metode klasifikasi sentimen dengan akurasi tertinggi. Hasil yang didapat menunjukkan tingkat akurasi Decision Tree paling tinggi dibandingkan metode lainnya. Pengukuran mispricing menggunakan metode skoring dari Stambaugh, Yu dan Yuan (2012)untuk 9 anomali dengan strategi long/short. Hasil menunjukkan bahwa sentimen berpengaruh rendah dan signifikan terhadap returns saham di Indonesia. Strategi long-leg lebih menguntungkan ketika sentimen rendah atau negatif, dan strategi short-leg lebih menguntungkan ketika sentimen rendah atau positif.


This paper examines the impact of twitter sentiment on mispricing in Indonesia listed firms over period 2013-2017. This study also compares machine learning methods for sentiment classification based on Na ve Bayes, Support Vector Machine and Decision Tree algorithm. The results show that Decision Tree has the highest accuracy than other methods. To measure mispricing, we use mispricing score method from Stambaugh, Yu and Yuan (2012)associated with 9 long/short anomalies. The results of this studies show that sentiment exhibits low and significant relation to returns on the long/short strategies. The long-leg strategy is more profitable following low sentiments or negative sentiments. The short-leg strategy is more profitable following low sentiments or positive sentiments.

"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Ghiffari Irfansyah
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter strategi pesan dan tipe perilaku pelibatan apa saja yang terjadi dalam konten #OneDayOneTemplate serta motivasi dan kebutuhan apa saja yang dicari pengguna dalam melakukan pelibatan konten humor (prank & imitation) tersebut. Penelitian ini mencoba untuk memahami fenomena penggunaan pendekatan humor dalam pembuatan konten media sosial suatu jenama untuk menghasilkan pelibatan media sosial. Fenomena ini juga diteliti dengan teori Uses & Gratifications dimana pengguna memiliki motivasi untuk melakukan pelibatan dengan konten humor prank & imitasi ini. dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan multimetode yaitu analisis isi kualitatif dan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Dari hasil pengumpulan data, dapat diketahui bahwa @LambeResing mengkombinasikan strategi pesan dengan merepetisi pesan sebelumnya dan menggabungkannya dengan konteks yang sesuai target audiens mereka (olahraga balap). Motivasi para pengguna melakukan pelibatan sesuai dengan Superiority Theory dimana pengguna ingin terlihat lebih hebat, lebih baik, dan menang atas objek tertawaan pada konten cuitan #OneDayOneTemplate yakni pengguna yang tertipu (tergocek) dan pemilik cuitan asli yang dijadikan template.

This study aims to determine the character of the message strategy and types of engagement behavior that occurs in #OneDayOneTemplate content and what motivations and needs are sought by users in engaging in humorous content (prank & imitation) on social media. This research attempts to understand the phenomenon of using humor approach in creating social media content for a brand to generate user engagement. This phenomenon is also investigated by the Uses & Gratifications theory, where users have certain motivations to engage with this prank & imitation humorous content. Carried out using a qualitative approach with multi- method, namely qualitative content analysis and case studies. Data collection was carried out by observation, semi-structured interviews, and documentation. The data collection results show that @LambeResing combines message strategies by repeating previous messages and combining them with context according to their target audience (racing sports). The motivation of users to engage matches with the Superiority Theory, where users want to look higher, better, and win over the object of ridicule in the #OneDayOneTemplate tweet content, namely those who are pranked and the owner of the original tweet used as a template."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tarigan, Aloina Majesty
"Penelitian ini menekankan peran media dalam mengkonstruksi dan menyebarkan konten yang membentuk persepsi penggemar terhadap realitas asli dan realitas semu. Penelitian ini mengkaji Alternate Universe (AU) di X (Formerly Twitter) sebagai salah satu bentuk media di ruang digital dengan dasar berpikir teori Computer Mediated Communication (CMC). Penggemar AU dengan face-claim grup idola K-Pop Neo Culture Technology (NCT) menjadi fokus pada penelitian ini. Hiperrealitas yang dialami penggemar dalam studi ini dilihat melalui beberapa konsep: media sebagai simulasi, pengaburan realitas nyata dan semu, multiplisitas realitas dan partisipasi dalam hiperrealitas.
Menggunakan strategi penelitian etnografi digital, penelitian ini mengkaji pengalaman dan aktivitas informan yang secara unik mengkonstruksi hiperrealitas sebagai penggemar AU NCT di X (Formerly Twitter) secara kualitatif. Melalui wawancara mendalam terhadap empat orang informan, ditemukan bahwa penggemar membangun pengalaman hiperrealitas melalui konsumsi AU, yang mengarah pada pengaburan realitas nyata. Meski demikian, kegiatan ini memantik partisipasi aktif dalam konsumsi dan produksi AU.
Temuan menunjukkan bahwa penggemar mengalami tiga fase hiperrealitas (simulacra sebagai cerminan realitas, menutup reaitas, dan menutupi realitas) yang berkontribusi terhadap konstruksi budaya penggemar dan budaya partisipatif. Hiperrealitas yang dialami penggemar mengarah pada berkembangnya budaya penggemar dan budaya partisipatif, sehingga mengubah penggemar dari konsumen pasif menjadi produsen aktif fiksi penggemar AU.

This research emphasizes the role of the media in constructing and disseminating content that shapes fans' perceptions of real reality and pseudo reality. This research examines Alternate Universe (AU) on X (Formerly Twitter) as a form of media in the digital space based on Computer Mediated Communication (CMC) theory. AU fans with the face-claim of the K-Pop idol group Neo Culture Technology (NCT) are the focus of this research. The hyperreality experienced by fans in this study is seen through several concepts: media as simulation, blurring of real and pseudo reality, multiplicity of realities and participation in hyperreality.Using a digital ethnographic research strategy, this research qualitatively examines the experiences and activities of informants who uniquely construct hyperreality as NCT AU fans on X (Formerly Twitter). Through in-depth interviews with four informants, it was found that fans construct hyperreality experiences through AU consumption, which leads to the blurring of real reality. However, this activity sparked active participation in AU consumption and production. The findings show that fans experience three phases of hyperreality (simulacra as a reflection of reality, covering up reality, and covering up reality) which contribute to the construction of fan culture and participatory culture. The hyperreality experienced by fans leads to the development of fan culture and participatory culture, thereby changing fans from passive consumers to active producers of AU fan fiction."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ghanim Kanugrahan
"Pandemi Covid-19 telah melanda Indonesia selama lebih dari satu tahun. Hal tersebut menyebabkan terhentinya kegiatan normal di berbagai sektor kehidupan masyarakat, khususnya dalam dunia pendidikan. Setelah lebih dari satu tahun menutup kegiatan belajar tatap muka, Pemerintah kembali merencanakan kembalinya pendidikan tatap muka. Meskipun pendidikan tatap muka dinilai lebih efektif, akan tetapi bahaya Covid-19 yang semakin mudah menular menyebabkan kekhawatiran di dalam masyarakat. Untuk itu, pemerintah wajib menampung aspirasi rakyatnya. Salah satunya adalah dengan menggunakan metode sentimen analisis. Dengan mengkombinasikan feature yang terdapat pada data Twitter, maka kita bisa membangun sebuah model untuk mengklasifikasi opini masyarakat. Penelitian ini juga membandingkan algoritma machine learning Support Vector Machine (SVM) dan Multi-layer Perceptron (MLP). Hasilnya, penambahan feature dan penggunaan algoritma (SVM) dalam mengklasifikasikan model Sentiment-Neutral menghasilkan nilai akurasi dan F-1 Score terbaik (85,78% dan 81,0%). Selain itu, visualisasi menggunakan Scattertext berhasil merepresentasikan teks dalam suatu plot. Hasilnya adalah mayoritas masyarakat yang mendukung kembalinya pendidikan tatap muka berdasarkan kepercayaan bahwa pendidikan tatap muka lebih efektif dibandingkan dengan pendidikan online. Di sisi lain, masyarakat juga takut akan bahayanya virus Covid-19.

The Covid-19 pandemic has hit Indonesia for more than a year. This causes the cessation of daily activities in various sectors in Indonesia, especially in the education sector. After more than a year banning face-to-face learning activities, the Government is now planning to unban the face-to-face education. Although face-to-face education is considered more effective, the danger of Covid-19 which is easily transmitted causing concern amongst people. Because of that, the government must accommodate the aspirations of the people. One of them is by using sentiment analysis method. By combining the features contained in the Twitter data, we can build a model to classify public opinions. This study also compares machine learning algorithms Support Vector Machine (SVM) and Multi-layer Perceptron (MLP). As a result, the addition of features and the use of the SVM algorithm in classifying the Sentiment-Neutral model resulted in the best accuracy and F-1 scores (85.78% and 81.0%). In addition, visualization using Scattertext successfully represents text in a plot. The result is the majority of people who support the return of face-to-face education based on the belief that face-to-face education is more effective than online education. On the other hand, people are also afraid of the dangers of the Covid-19 virus."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Nur Ramadhania
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh deal proneness terhadap reparticipation niat menjual flash online Tokopedia dengan mempertimbangkan
atribusi sebagai variabel moderasi. Responden yang dituju adalah pengguna di
Jabodetabek yang pernah berpartisipasi dalam Flash Sale online Tokopedia sebelumnya 1 (satu) kali terakhir dan mengalami kegagalan layanan proses. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui penyebaran kuesioner kepada responden diperoleh dengan teknik purposive sampling. Hasil analisis menggunakan metode Parsial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) menunjukkan bahwa kesepakatan kerentanan memiliki pengaruh langsung pada niat partisipasi ulang di pengguna yang telah berpartisipasi dalam penjualan flash online dan mengalami kegagalan layanan proses. Sedangkan peran moderasi berasal dari atribusi internal dan eksternal pengaitan menunjukkan bahwa tidak ada hubungan interaksi dengan rawan kesepakatan dalam mempengaruhi niat partisipasi ulang. Hasil analisis juga menunjukkan bahwa atribusi eksternal memiliki efek langsung yang signifikan terhadap partisipasi niat.
ABSTRACT
This study aims to analyze the effect of deal proneness on reparticipation of Tokopedia's online flash selling intentions by considering attribution as a moderating variable. The intended respondents are users on Jabodetabek that has participated in the previous Tokopedia online Flash Sale 1 (one) last time and experienced a process service failure. This research using a quantitative approach through distributing questionnaires to respondents obtained by purposive sampling technique. The results of the analysis using the Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) method indicate that the agreement of vulnerability has a direct influence on the intention of re-participation in users who have participated in online flash sales and experienced a service process failure. Meanwhile, the role of moderation comes from internal and external attributions showing that there is no interaction relationship with agreement-prone in influencing the intention to re-participate. The analysis results also show that external attributions have a significant direct effect on intention participation."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library