Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Naufal Arif
"Dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang sangat pesat telah mendorong semua layanan di berbagai sektor kehidupan masyarakat telah bertransformasi dalam bentuk layanan digital yang memanfaatkan internet, salah satunya yaitu di bidang edukasi. Salah satu bentuk pelayanan dalam bidang edukasi yang sangat berkembang sekarang yaitu E-Learning. E-learning sendiri telah diketahui dan diterima secara luas oleh masyarakat Indonesia, baik itu institusi akademik maupun organisasi bisnis. Dengan adanya penerimaan ini telah menciptakan peluang untuk mengembangkan e-learning agar dapat diakses melalui perangkat seluer (m-learning). Kemendikbud sebagai pelaksana urusan pemerintahan di bidang pendidikan telah mengembangkan sebuah platform m-learning yang diberi nama Rumah Belajar untuk membantu pembelajaran siswa di Indonesia.
Metode penelitian yang digunakan yaitu Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) yang dikombinasikan dengan Uses and Gratification Theory (UGT), menghasilkan 7 hipotesis yang diterima dari 11 hipotesis yang diuji, dengan 4 faktor berpengaruh signifikan terhadap adopsi Aplikasi Rumah Belajar oleh siswa. Kemudian, hasil tersebut dianalisis lanjut dengan Technology Adoption Lifecycle untuk perencanaan strategi. Strategi ini dipetakan dengan Strategy to Mission Matrix untuk melihat kesesuainnya dengan Pustekkom sebagai developer Aplikasi Rumah Belajar."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Riadi Antasa
"Pada era inovasi disruptif saat ini, karyawan harus memiliki daya saing yang mumpuni agar dapat meningkatkan keterlibatan karyawan pada kemajuan perusahaan. Hal tersebut dapat dilakukan apabila sistem manajemen kompetensi yang dikembangkan untuk karyawan selaras dengan kebutuhan perusahaan dalam persaingan global. Pada proses pelaksanaannya, pelatihan berbasis kompetensi yang mengikuti tata cara pembelajaran masa kini perlu memerhatikan efektivitas dan kemajuan inovasi. Oleh karena itu, diperlukan teknik penerapan teknologi e-learning yang efektif dan efisien untuk meningkatkan kompetensi karyawan. Model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) digunakan dalam penelitian ini untuk memperkuat diffusion of innovation pada e-learning system. Studi ini menggunakan data kuantitatif yang dikumpulkan melalui survey yang dilakukan secara online dan mendapatkan 216 karyawan dengan perusahaan yang menggunakan dan mengembangan sistem e-learning yang dan bekerja di daerah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi, Indonesia. Hasil dari penelitian, diffusion of innovation memiliki hubungan yang signifikan yang dimediasi oleh intrinsic motivation dan extrinsic motivation dalam model UTAUT terhadap niat perilaku menggunakan e-learning, sehingga intrinsic motivation dan extrinsic motivation pada penerimaan teknologi dapat memperkuat niat karyawan untuk menggunakan e-learning sebagai inovasi yang berdampak positif. Selanjutnya, teori ini memiliki hubungan positif langsung dengan niat perilaku untuk menggunakan elearning, dan extrinsic motivation pada model UTAUT memberikan pengaruh yang cukup kuat apabila dimediasi juga dengan intrinsic motivation dari model UTAUT. Karyawan mampu menerima perkembangan yang inovatif dalam e-learning dan mampu memudahkan pembelajaran dan pengembangan karyawan yang terus berkembang.
Employees must have great competitiveness in the current era of disruptive innovation in terms of enhancing employee involvement in the organization's growth. Employee competency management systems that are aligned with the company's needs in global competition can help the company grow. Competency-based employee training and development using current learning methods is required during the implementation phase, which necessitates successful improvement and innovation. The Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) model used in this study to strengthen the theory of diffusion of innovation in e-learning systems. This study uses quantitative data collected through online surveys and found 216 employees working in the areas of Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang and Bekasi, Indonesia. the results of the study, diffusion of innovation has a significant relationship mediated by intrinsic and extrinsic motivation in the UTAUT model on behavioral intentions to use e-learning, so that intrinsic and extrinsic motivation on technology acceptance can strengthen employees' intention to use e-learning as an innovation that has an positive impact. Furthermore, this theory has a direct positive relationship with behavioral intentions to use e-learning, and extrinsic motivation from UTAUT Model has a strong enough influence if mediated also with intrinsic motivation from UTAUT Model. Employees are able to accept innovative developments in e-learning and are able to facilitate learning and development of employees who continue to grow. "
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library