Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 261 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Dewi Sri Sotijaningsih
"Perguruan tinggi (PT) sebagai pusat penyebaran dan pengembangan ilmu pengetahuan akan berperan sangat penting di era milenium baru, Di Indonesia peran perguruan tinggi mulai ditunjukkan sejak kebangkitan nasional pertama sampai jaman revolusi kemerdekaan, dan berlanjut terus di masa orde baru hingga saat ini yang juga ikut menentukan perjalanan hidup bangsa dan negara kita. Sejalan dengan semangat Undang-undang Nomor 22 Tahun 1999 Tentang Pemerintahan Daerah bahwa bidang pendidikan merupakan tugas dan kewenangan daerah, maka trend pendidikan tinggi semakin mengarah pada dcmokratisasi dan desentralisasi yang setanjutnya akan membawa PT ke arah yang lebih serius untuk menjadikan masyarakat perguruan tinggi sebagai mitra pemerintah daerah dalam rangka mengembangkan potensi diri dan wilayahnya.
Terkait dengan kemandirian PT yang sering disebut dengan otonomi perguruan tinggi, maka Fokus permasalahan dua tahun terakhir ini adalah masalah manajemen. Paradigma haru pendidikan tinggi menghendaki otonomi pendidikan tinggi dalam arti pengelolaan yang seluas-luasnya atas segala potensi sumber daya yang dimiliki secara manajerial.
Permasalahan utama yang terkait erat dengan otonomi PT adalah pembiayaan dalam penyelenggaraan pendidikan. Sejak tahun 2000 empat PTN (UI, UGM, IPB dan 1TB) dinyatakan sebagai perguruan tinggi berbadan hukum atau Pergurun Tinggi Badan Hukum Negara (P 4311....1 berdasarkan PP No. 152-155/2000. Finis 2001 adalah awal masa h'ansisi bagi 4 PT-131-IMN lcrsehut untuk menerapkan PP tersebut-yang direncanakan sampai 2005 karcna banyak hal yang harus dilakukan dan untuk kemandirian PT tersebut terutama dalam penataan pegawai termasuk dosen, dan pengelolaan keuangan.
Atas dasar hal-hal tersebut maka tesis ini ingin menganalisa potensi otonomi PT BHMN dalam menyongsong pcnerapan paradigma baru pendidikan tinggi yaitu menganalisa struktur/sumber anggaran/pembiayaan PT-BHMN; mengkaji potensi PTBHMN berdasarkan model alokasi anggarannya terhadap struktur/sumber pembiayaannya; dan memberikan rekomendasi untuk mengantisipasi dampak pengurangan atau bahkan penghapusan subsidi terhadap kinerja PTN.
Total pembiayaan/annggaran 4 PT-BHMN selama 12 tahun anggaran (1990/91-2001) menunjukkan kecenderungan yang berfluktuasi dan fluktuasi antar komponennya bervariasi antara D1K dan DIKS di masing-masing perguruan tinggi.
Hasil pendataan model alokasi di 4 (empat) PT-BHMN kurang memuaskan karena tidak signifikannya beberapa variabel yang mempengaruhi alokasi anggarnn baik DIP, DIK maupun DIKS. Namun demikian hasil analisis dapat mendukung kebijakan pemerintah dalam penerapan otonomi di pendidikan tinggi dengan adanya signifikansi antara penurunan alokasi DIP di tahun-tahun mendatang dengan kebijakan pemerintah sesuai PP No 152 - 155 Tabun 2000 Tentang Penerapan 4 PT-BHMN tersebut, dimana secara bertahap alokasi DIP yang merupakan subsidi bagi keempat PT-BHMN tersebut akan berkurang untuk mempersiapkan kemandirian PT-BHMN. Di sisi lain, DIKS yang merupakan sumber dana "asli" PT, tahun-tahun mendatang akan terus meningkat penerimaannya, sesuai dengan kebijakan otonomi yang akan diterapkan untuk mendukung kebutuhan dana penyelenggaraan pendidikan karena DIKS diharapkan akan menutup pengurangan alokasi DIP atau pengurangan subsidi pemerintah.
Untuk memenuhi kebutuhan pembiayaan sesuai status dan tujuan otominya PTBHMN tidak bisa lagi mengandalkan sumber pembiayaan dari DIP dan D1K yang berasal dari pemerintah. DIP secara berlahap harus dikurangi yang pada akhirnya tidak disediakan lagi. Oleh karena itu sumber pembiayaan yang harus dipacu penerimaannya adalah DIKS yang bersumber dari masyarakat. SPP merupakan yang merupakan sumber utama selain subsidi pemerintah sebagai salah satu komponen DIKS kenaikannya tidak dapat dihindarkan apabila terjadi peningkatan kebutuhan dana penyelenggaraan pendidikan.
Selain itu PT-BHMN perlu mengembangkan sistem yang mengarah kepada subsidi silang, dimana yang kaya/berlebih atau lebih mampu membayar lebih banyak/mahal sedangkan yang tidak mampu akan mendapat subsidi baik dari pemerintah maupun masyarakat peserta didik yang lebih mampu. Pala subsidi silang ini harus ditingkatkan dengan sistem pendataan yang lebih baik dan akurat.
Penerimaan anggaran DIKS juga dapat ditingkatkan dengan kerjasama atau kemitraan dengan lembaga-Iembaga yang relevan misalnya : kerjasama dengan industri dan kalangan bisnis dengan asas saling menguntungkan; kerjasama dengan pemerintah daerah (PropinsilKabupaten/Kota) sekaligus turut berpartisipasi dalam pembangunan daerah di era otonomi; bermitra dengan lembaga/institusi di dalam dan di luar negeri dalam upaya pengembangan kawasan seta ilmu pengetahuan dan teknologi.
Dengan pergeseran peran pemerintah, maka mekanisme pendanaan PT oleh pemerintah juga hendaknya mengalami perubahan. Mekanisme baru ini diharapkan diterapkan dengan mekanisme pendanaan berbasis block finding yang besarnya tergantung pada jumlah lulusan yang dihasilkan dengan mutu yang tcrjamin. tidak hanya didasarkan kepada jumlah peserta didik/mahasiswa yang terdaftar, disamping juga dengan sistem kompetisi berdasarkan pengelompokan PT."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2003
T12051
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Liana Boen
"Selama ini hampir-hampir tidak ada orang yang mengadakan penelitian mengenai perpustakaan perguruan tinggi swasta, sehingga kea_daan perpustakaan perguruan tinggi swasta masih jarang dikenal di kalangan masyarakat luas. Seperti kita ketahui, sesuai dengan Rencana Pembangunan Lima Tahun XX 1974/75-1978/79, salah satu tujuan pembangunan adalah da_lam bidang pendidikan dan pembinaan generasi muda. Tidak hanya per_guruan tinggi negeri saja yang membantu Pemerintah dalam program pendidikan, akan tetapi perguruan tinggi swastapun turut menyumbang_kan baktinya kepada nusa dan bangsa melalui pendidikan. Di Jakarta saja pada tahun 1977 tercatat tujuh puluh satu buah perguruan tinggi swasta yang telah didirikan untuk menampung para lulusan sekolah lanjutan atas dan telah banyak yang menghasilkan baik sarjana maupun sarjana muda dalam pelbagai cabang ilmu penge_tahuan. Banyak diantara perguruan tinggi swasta ini telah memiliki per-pustakaan dengan tujuan terutama untuk menunjang kurikulum bagi para mahasiswanya. Akan tetapi berapakah jumlah perguruan tinggi swasta yang telah memiliki perpustakaan dengan keadaan yang dapat membantu program universitas dalam Tridarma Perguruan Tinggi? Sedangkan fungsi dan tujuan suatu perpustakaan di dalam universitas adalah membantu universitas dalam mencapai Tridarma Perguruan Tinggi tersebut. Dari sekian banyak perguruan tinggi swasta yang ada di Jakarta, kami memilih Perguruan Tinggi Swasta Trisakti untuk skripsi ini yang berdasarkan Surat Keputusan Kopertis Wilayah II No. 1676/Kop 11/I-X/77 telah ditetapkan sebagai Universitas Swasta Terbaik I di lingkungan perguruan tinggi swasta Kopertis Wilayah II tahun 1976_"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1980
S15491
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Marnodi
"Pada umumnya keadaan dan perkembangan perpustakaan perguruan tinggi di Indonesia masih jauh dari memuaskan. Hal tersebut dapat dibaca dari laporan Patah dan Dunningham ( 1955 ), Krenetsky ( 1959 ), Noble ( 1960 ), Shank ( 1960 ), dan Williamson ( 1961 ). Kenyataan seperti itu tampaknya merupakan gejala umum bahkan menjadi masalah umum yang dihadapi dan harus selekas mungkin ditanggu_langi para pustakawan perguruan tinggi di Indonesia. Masih menjadi pertanyaan apakah Perpustakaan Pusat IKIP Yogyakarta keadaannya juga serupa dengan apa yang telah digambarkan tadi, karena menurut hasil survai pendahuluan yang kami lakukan dan dengan memperhatikan hasil yang telah dicapai oleh perpustakaan tersebut sela_ma perkembangannya dalam jangka waktu lima tahun terakhir ini ( 1971 - 1976 ) ternyata menunjukkan kemajuan yang cukup menggembirakan atau kalau boleh dikatakan pesat perkembangannnya. Akan tetapi yang menjadi masalah sekarang ini ialah meskipun perpustakaan telah berkembang pesat, namun sampai kini masih belum di_ketahui secara pasti sudah sampai seberapa jauh sumbangannya terhadap IKIP Yogyakarta dalam rangka mencapai tujuannya yakni tridharma pergu_ruan tinggi dan apakah sumbangan itu telah memadai dengan apa yang se_harusnya diberikan oleh suatu perpustakaan perguruan tinggi khususnya Perpustakaan Pusat IKIP Yogyakarta. Maka dengan mensurvai perpustakaan tersebut secara menyeluruh dapatlah diharapkan bahwa persoalan itu akan dapat segera terjawab."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1977
S15691
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hari Reswanto
"ABSTRAK
Penelitian mengenai pengadaan bahan pustaka melalui hadiah telah dilakukan di perpustakaan Fakultas Sastra Universitas Indonesia, Depok, pada bulan Maret hingga Mei 1995. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana dan bagaimana pengadaan melalui hadiah telah dimanfaatkan, mengetahui apa manfaat pengadaan melalui hadiah, mengetahui apa masalah pengadaan melalui hadiah, dan mengidentifikasi kebijakan / langkah -langkah atau cara untuk meningkatkan manfaat metode pengadaan ini bagi perpustakaan Fakultas Sastra Universitas Indonesia. Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan teori-teori yang dapat dipakai untuk mengkaji penelitian, Melalui wawancara terhadap kepala perpustakaan, pustakawan senior maupun staf yang bertugas di bagian yang terkait dan penelitian terhadap berbagai dokumen yang relevan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa selain dengan jalan pembelian, pengadaan bahan pustaka di perpustakaan FSUI juga dilakukan dengan jalan menerima hadiah. Buku hadiah yang diterima mencapai 54 % dari keseluruhan penambahan buku dari tahun 1990-1995. Hal ini merupakan kandisi yang kurang baik..

"
1996
S15298
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Universitas Terbuka, 2004
378.19 DUA
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Richardus Eko Indrajit
Yogyakarta: Andi, 2006
378.1 RIC m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Harsja W. Bachtiar, 1934-
Jakarta: Djambatan, 1975
378.598 HAR u
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Proyek Pembinaan dan Pengendalian Proyek Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, 1981
378.92 IND b (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Pusat Pengabdian Masyarakat Universitas Indonesia, 1979
378.92 UNI k
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Buxton, L.H. Dudley
Oxford: The Clarendon Press, 1935
371.426 BUX o
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>