Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Hizkia Adhikaratma
"Permukaan jalan yang basah dan licin akibat hujan dapat memengaruhi tahanan kekesatan (skid resistance) jalan tersebut sehingga dapat membahayakan pengendara karena ban roda kendaraan dapat tergelincir. Bagian aspal beton yang bergesekan langsung dengan ban roda kendaraan adalah lapis aus permukaan (AC-WC). Salah satu sifat campuran aspal berdasarkan pengujian Marshall yakni rongga terisi aspal (VFA). Penelitian ini mengkaji VFA pada AC-WC dengan perubahan gradasi agregat, suhu pencampuran, dan suhu pemadatan terhadap nilai skid resistance. Salah satu material yang digunakan adalah Asbuton. Asbuton merupakan aspal alam yang berasal dari Pulau Buton, Sulawesi Tenggara. Asbuton dimodifikasi dengan bahan pelunak (oli bekas) dan dicampur dengan aspal minyak. Gradasi agregat yang digunakan, yaitu gradasi agregat AC-WC batas bawah (G1) dan batas atas (G2). Suhu pencampuran dan pemadatan yang digunakan, yaitu suhu panas (HMA) dan suhu hangat (WMA). Terdapat empat spesifikasi campuran, yaitu G1-HMA, G1-WMA, G2-HMA, dan G2-WMA. Kadar aspal terbaik untuk G1-HMA dan G1-WMA sebesar 6,5%, sedangkan untuk G2-HMA dan G2-WMA sebesar 9%. Pengujian skid resistance menggunakan alat British Pendulum Tester. Berubahnya suhu pencampuran dan pemadatan dari panas ke hangat pada gradasi batas bawah membuat nilai skid resistance semakin turun, tetapi VFA semakin naik. Pada gradasi batas atas, nilai skid resistance dan VFA semakin turun.

The wet road surface due to rain can affect the skid resistance ability. It can endanger driver because vehicle tires can slip. The asphalt-concrete part that rubs directly againts vehicle tires is Asphalt Concrete-Wearing Course (AC-WC). One of the characteristics of AC-WC based on Marshall test is Voids Filled with Asphalt (VFA). This research analyzes the VFA in mixture with changes of aggregate gradation, mixing and compaction temperature to skid resistance value. One of the materials used is Buton asphalt (Asbuton) which from Buton Island, Indonesia. Asbuton was modified with used vehicle oil and mixed with oil asphalt. Types of aggregat gradation used are lower limit (G1) and upper limit gradation (G2). Types of mixing and compaction temperature used are Hot (HMA) and Warm (WMA). There are four mixture specifications, namely G1-HMA, G1-WMA, G2-HMA, and G2-WMA. The best asphalt content for G1-HMA and G1-WMA is 6,5%, while for G2-HMA and G2-WMA is 9%. The skid resistance test that using British Pendulum Tester. The change in mixing and compaction temperature from HMA to WMA at the lower limit gradation makes the skid resistance value decrease, but VFA increases. At the upper limit gradation, the skid resistance value and VFA decreases."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Dokumentasi  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Alfin Nurwana
"Nilai Skid resistance merupakan salah satu faktor penting dalam permukaan perkerasan jalan. Skid resistance pada permukaan jalan harus sesuai standar dan spesifikasi untuk menunjang keamanan dan kenyamanan pengguna jalan dalam berkendara. Di dalam penelitian ini bisa dilihat bagaimana pengaruh suhu permukaan terhadap kekesatan jalan. Nilai skid resistance semakin menurun seiring dengan pertambahan suhu permukaan, dimana turunnya nilai skid resistance menunjukkan kekesatan yang semakin berkurang. Pengujian Skid Resistance terdiri dari dua metode yaitu metode kenaikan suhu dan penurunan suhu dimana variasi suhu dalam penelitian ini adalah 26 °C, 30 °C, 35 °C, 40 °C, 45 °C, dan 50 °C. Campuran yang digunakan pada pengujian ini menggunakan campuran aspal modifikasi yang terdiri dari agregat AC-WC, asbuton, oli bekas, dan aspal minyak pen 60/70. Di dalam komposisi nya, diutamakan penggunaan asbuton untuk mengurangi penggunaan aspal minyak di lapangan. Terdapat 4 variasi campuran yang dibedakan berdasarkan spesifikasi agregat dan suhu pencampuran serta suhu pemadatan. Pada penelitian ini juga dibahas mengenai nilai VMA akibat dari perubahan gradasi serta suhu pemadatan. Nilai VMA merupakan volume rongga antar agregat yang akan semakin membesar jika jarak antar agregat semakin jauh. Kaitannya dengan nilai skid resistance, dapat dilihat bahwa campuran dengan gradasi spesifikasi batas atas memiliki nilai skid resistance yang lebih tinggi dibanding spek bawah, begitu pula dengan nilai VMA nya.

Skid resistance value is one of the important factors in road pavement surface. Skid resistance on the road surface must comply with standards and specifications to support the safety and comfort of road users in driving. In this study, it can be seen how the influence of surface temperature on road roughness. The value of skid resistance decreases along with the increase in surface temperature, where the decrease in the value of skid resistance indicates a decrease in roughness. Skid Resistance testing consists of two methods, namely the method of increasing temperature and decreasing temperature where the temperature variations in this study are 26 °C, 30 °C, 35 °C, 40 °C, 45 °C, and 50 °C The mixture used in the test It uses a modified asphalt mixture consisting of AC-WC aggregate, asbuton, used oil, and 60/70 pen oil asphalt. In its composition, the use of asbuton is prioritized to reduce the use of oil asphalt in the field. There are 4 variations of the mixture which are distinguished based on the specifications of the aggregate and the mixing temperature and compaction temperature. This study also discusses the value of VMA due to changes in gradation and compaction temperature. The VMA value is the volume of the voids between the aggregates which will increase if the distance between the aggregates is getting further away. In relation to the skid resistance value, it can be seen that the mixture with the gradation of the upper limit specification has a higher skid resistance value than the lower spec, as well as the VMA value."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library