Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Bimo Arief Wicaksana
Abstrak :
Saat ini, Web telah menjadi salah satu infrastruktur yang paling umum digunakan melalui Internet. Oleh karena itu, Web Based Augmented Reality (Web AR) memiliki potensi besar untuk menjadi solusi Mobile AR lintas platform yang dapat digunakan secara luas. Akan tetapi, karena Web AR merupakan teknologi yang relatif baru, pengembangan untuk Web AR multi pengguna masih sangat terbatas. Dalam penelitian ini dilakukan rancang bangun dan evaluasi untuk sistem Web AR multi pengguna menggunakan Three.js, AR.js, Node.js dan Socket.io. Skenario pemesanan lahan real estate dipilih untuk memberikan konteks yang lebih familiar untuk penggunaan sistem, dengan tujuan untuk mengembangkan fitur identifikasi pengguna, sinkronisasi data, responsif, dan manajemen akses. Pengujian dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan pengujian kualitatif, sistem yang dikembangkan mendapatkan nilai 4 untuk kemudahan, 4,25 untuk kecepatan sinkronisasi berbasis peristiwa, dan 3,95 untuk kecepatan sinkronisasi berbasis streaming, 3,5 untuk performa, 4,7 untuk daya tarik, dan 4,77 untuk potensi. Adapun dari pengujian kuantitatif diketahui bahwa jumlah objek 3D pada lingkungan berbanding lurus dengan performa CPU dan GPU pada sisi klien, dan jumlah pengguna aktif pada sistem mempengaruhi penggunaan CPU pada server. Diketahui juga bahwa latensi pada sistem dipengaruhi oleh penggunaan CPU dan GPU di sisi klien, serta intensitas komputasi pada server. ......Nowadays, Web has become one of the most common infrastructure used over the internet. Therefore, Web Based Augmented Reality (Web AR) has a huge potential to becoming a cross-platform Mobile AR solution. However, since Web AR is a fairly recent technology, the development for multi-user Web AR has been very limited. In this research, we developed and evaluated a multi-user Web AR system using Three.js, AR.js, Node.js, and Socket.io. A scenario for real estate land reservation is chosen to give a more familiar context for the use case of the system, with the goal of developing user identification, data synchronization, responsive, and access management. Based on the qualitative testing, the system achieved a score of 4 for ease of use, 4.25 for event-based synchronization, 3.95 for streaming-based synchronization, 3.5 for performance, 4.7 for attractiveness, and 4.7 for potential. From the quantitative testing, it is concluded that the amount of 3D objects in the environment is directly proportional to the CPU and GPU usage in the client-side, and the number of active users in the system affects the CPU usage in the server. It is also observed that latency of the system is affected by the CPU and GPU usage in the client-side, and intensity of computation on the server.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ferdi Ferandi
Abstrak :
Untuk membantu mahasiswa menentukan topik serta pembimbing seminar dan sk.ripsi, telah diimplementasikan rule based expert system untuk melakukan konsultasi online" Sistem memberikan beberapa pertanyaan kepada mahasiswa, memhandinghmnya dengan nilai mahasiswa. dan kemudian memberikan solusi. Dengan adanya konsultasi online ini, keterbatasan pembimbing akademis dalam hal tenaga, tempat dan waktu dapat diatasi. Sistem ini bekerja dengan baik, namun memiliki keterbatasan tidak memiliki kemampuan belajar. Sedangkan kemampuan belajar ini penting apabila lingkugan atau standar keahlian berubah seiring waktu. Oleh karena itu dilakukan perancangan implementasi sistem adaptif yang memungkinkan sistem menerima input baru dari mahasiswa. Input baru itu kemudian akan diproses untuk memperbaiki aturan (rules) yang sudah ada sehingga sesi konsultasi berikutnya akan menjadi lebih baik. Selaln memiliki kemampuan adaptasi, implementnsi ini juga memungkinkan perubahan pertanyaan dan pilihan. jawabcm yang diberikan pada user pada waktu konsultasi. Sebelumnya untuk merubah pertanyaan dan pilihan jawaban, harus dilakukan perubahan pada program (coding) halaman tersebut. Dalam tugas skripsi ini, untuk mempermudah dilakukannya maintenance, penulis telah menamhahkan satu halaman admin untuk menguhah database aturan. Berdasarkan hasil implementasi sistem adaptif, sistem mampu beradaptasi sesuai dengan input baru yang diberikan oleh mahahasiswa. Sesi konsultasi selanjutnya diperbaiki berdasarkan input-input yang sebelumnya diberikran. Penambahan halaman...
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004
S39991
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hari Prasetya Utomo
Abstrak :
Sistem pembelajaran dengan metode kolaboratif saat ini merupakan salah satu aplikasi e-learning yang sedang marak dikembangkan diberbagai lembaga pendidikan tinggi terkemuka di dunia. Karena kemampuannya dalam menjadikan peserta didik sebagai pusat aktifitas dalam proses pembelajaran (student centered learning). Berbagai macam metode telah dikembangkan untuk membuat sistem ini semakin sempurna, salah satunya dengan mengimplementasikan metode STAD (Student Teams-Achievement Division). Penerapan sistem pembelajaran kolaboratif dengan metode STAD membutuhkan beberapa fitur guna mendukung proses pembelajaran. Beberapa fitur yang dikembangkan antara lain adalah fitur pendistribusian bahan ajar dan fitur group tools. Fitur pendistribusian bahan ajar berguna bagi instruktur (dosen) untuk mengirimkan materi ajar kepada peserta didik (mahasiswa). Sedangkan fitur group tools berguna untuk mendukung proses pembelajaran kolaboratif peserta didik (mahasiswa) yang terdiri dari web forum, kirim pesan (e-mail), kirim (posting) artikel, pertukaran files, dan chat board. Beberapa pengujian dilakukan untuk mengetahui kinerja dari fitur-fitur tersebut. Pada fitur pendistribusian bahan ajar dan pertukaran files (group tools) pengujian dilakukan dengan menghitung waktu yang dibutuhkan dalam proses download dengan variasi ukuran file. Sedangkan pada fitur group tools pengujian dilakukan pada fitur kirim artikel. Pengujian pada fitur kirim artikel dilakukan dengan menghitung kecepatan proses SQL query pada database. Melalui pengujian yang dilakukan pada fitur distribusi bahan ajar dan pertukaran files, semakin besar ukuran file maka waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proses download akan semakin besar. Rata-rata kenaikan waktu yang dibutuhkan untuk men-download file dengan peningkatan tiap 1000 KB dari 1000 KB - 15000 KB adalah 7,99 % pada fitur pendistibusian bahan ajar dan 10,05% pada fitur pertukaran files. Sedangkan pada fitur kirim artikel kecepatan proses query tidak ditentukan oleh banyaknya jumlah kata atau teks.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
S40241
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dali Shoufari Arzie
Abstrak :
Sebuah website elearning diharapkan dinamis dan interaktif sehingga dapat lebih menarik minat para pelajar untuk ikut serta dalam proses elearning. Dengan menggunakan PHP pembuatan suatu website yang dinamik dimana PHP merupakan pemrograman script yang bekerja pada sisi server (server side) dan hasil pengolahan yang telah diproses dikirim kembali ke browser dan Flash adalah pendukung dalam pembuatan website yang interaktif karena dukungannya terhadap teks, suara, dan gambar. Implementasi PHP dan Flash pada aplikasi web ini menghasilkan sebuah website yang akan mendukung fasilitas dari website elearning, sehingga lebih interaktif dan dinamis. Hasil pengujian dari aplikasi ini didapatkan rata-rata rate untuk video conference sebesar 100.8 b/s, dan waktu akses rata-rata untuk pengaksesan tiap-tiap halaman web sebesar 1.1 s, 2.2s, 15s, dan 6s. Dengan dukungan Flash Communication Server sebagai application server dapat diwujudkan sistem e-learning melalui pendekatan multimedia dengan adanya fasilitas video conference.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2005
S40197
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library