Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 16 dokumen yang sesuai dengan query
cover
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1998
S40938
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Mochammad Rofii
"Menurut spesifikasi yang ditetapkan Kementerian ESDM, Biosolar Indonesia (B30) memiliki kandungan sulfur pada takaran yang cukup tinggi (<2000 ppm) jika dibandingkan standar lain seperti EURO VI (<10 ppm) dan EPA (<15 ppm). Kandungan sulfur yang tinggi pada biosolar dapat merugikan secara ekonomi karena merusak komponen mesin diesel dan mencemari lingkungan dengan emisi gas SOx. Oxidative desulfurization (ODS) merupakan metode alternatif untuk menurunkan kadar sulfur pada bahan bakar selain Hydrodesulfurization (HDS). ODS memiliki kondisi operasi pada suhu dan tekanan rendah sehingga secara keekonomian lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui performa dari kalium permanganat sebagai oksidator dalam menurunkan kadar sulfur pada biosolar Indonesia. Vairabel yang dipakai adalah jumlah kalium permanganat, katalis yang digunakan, dan waktu oksidasi. Untuk mengetahui kadar sulfur sebelum dan sesudah proses ODS, digunakan metode FTIR. ODS Biosolar Indonesia menggunakan kalium permanganat katalis asam asetat dapat menghasilkan derajat desulfurisasi hingga 28,12% dengan waktu oksidasi selama 30 menit.

According to the specifications set by the Ministry of Energy and Mineral Resources, Indonesian Biosolar (B30) has a high sulfur content (<2000 ppm) when compared to other standards such as EURO VI (<10 ppm) and EPA (<15 ppm). High sulfur content in biodiesel can be economically detrimental because it damages diesel engine components and pollutes the environment with SOx gas emissions. Oxidative desulfurization (ODS) is an alternative method to reduce sulfur content in fuels other than Hydrodesulfurization (HDS). ODS has operating conditions at low temperature and pressure so that it is economically better. This study aims to determine the performance of potassium permanganate as an oxidizing agent in reducing sulfur content in Indonesian biodiesel. The variables used were the amount of potassium permanganate, the catalyst used, and the oxidation time. To determine the sulfur content before and after the ODS process, the FTIR method was used. ODS Biosolar Indonesia using potassium permanganate acetic acid catalyst can produce a degree of desulfurization up to 28.12% with an oxidation time of 30 minutes.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Universitas Indonesia, 2001
S29714
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Naghmalia Ghina Taqiyya
"Penelitian ini dilakukan untuk untuk mengetahui pengaruh proses desulfurisasi oksidatif (ODS) dengan high-speed mixer dan ekstraksi untuk mengurangi kadar sulfur pada bahan bakar. ODS terdiri dari dua proses yaitu oksidasi dan separasi. Pada proses oksidasi, hidrogen peroksida digunakan sebagai oksidator dan dikombinasikan dengan asam format sebagai katalis. Oksidasi dilakukan menggunakan high-speed mixer sebagai reaktor tempat oksidator dan katalis bereaksi dengan sampel Pertamina Dex yang diuji. Tiga jenis pelarut, metanol, etanol, dan isopropanol diuji untuk menghasilkan persen desulfurisasi tertinggi. Selain itu, penelitian ini juga memvariasikan waktu pencampuran sebesar 10, 20, dan 30 menit, waktu oksidasi sebesar 30, 45, dan 60 detik, dan suhu 30, 35, dan 40oC. Metode FTIR digunakan untuk mengetahui kadar sulfur sebelum dan sesudah proses ODS dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses desulfurisasi oksidatif menggunakan reaktor high-speed mixer menghasilkan persentase ODS tertinggi sebesar 19,41% dengan menggunakan pelarut metanol, waktu pencampuran dengan pelarut selama 20 menit, waktu oksidasi selama 30 detik, dan suhu sebesar 40 oC.

This research was conducted to determine the effect of the oxidative desulfurization (ODS) process with a high-speed mixer and extraction to reduce sulfur content in fuel. ODS consists of two processes namely oxidation and separation. In the oxidation process, hydrogen peroxide is used as an oxidizing agent and combined with formic acid as a catalyst. Oxidation was carried out using a high-speed mixer as the reactor where the oxidizer and catalyst reacted with the Pertamina Dex sample being tested. Three types of solvents, methanol, ethanol, and isopropanol were tested to produce the highest desulfurization percent. In addition, this study also varied the mixing time by 10, 20 and 30 minutes, the oxidation time by 30, 45 and 60 seconds, and the temperature at 30, 35 and 40oC. The FTIR method is used to determine sulfur content before and after the ODS process is carried out. The results showed that the oxidative desulfurization process using a high-speed mixer reactor resulted in the highest ODS percentage of 19.41% using methanol solvent, mixing time with solvent for 20 minutes, oxidation time for 30 seconds, and temperature of 40 oC.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dwi Endah Rachmawati
"Tingginya kadar sulfur dalam bahan bakar diesel dapat menyebabkan kerusakan mesin kendaraan dan berdampak buruk pada lingkungan. Salah satu metode yang efisien dalam proses penghilangan sulfur adalah oxidative desulfurization (ODS). Penelitian ini mempelajari pengaruh promotor Ce sebagai oxygen storage pada katalis Ni-Mo/Al2O3 dalam reaksi ODS untuk menurunkan senyawa sulfur dibenzothiophene dalam diesel dengan menggunakan hidrogen peroksida dan asam format sebagai oksidator. Pada penelitian terdahulu diperoleh konversi DBT dalam pelarut n-heptana sebesar 99% dengan menggunakan promotor Fe pada katalis Ni-Mo/Al2O3. Pada studi ini, katalis Ce promoted Ni-Mo/Al2O3 berhasil disintesis dengan menggunakan metode wet impregnation. Katalis dikarakterisasi dengan SEM, XRF dan BET Surface Area Analysis. Kapasitas penyimpanan oksigen katalis diperoleh melalui studi adsorpsi isotermal oksigen pada suhu ruang dengan tekanan oksigen yang divariasikan. Diamati pengaruh kondisi operasi terhadap konversi DBT yang meliputi pengaruh penambahan asam kuat, suhu reaksi, waktu kontak, Ce loading, volume oksidator dan dosis katalis. Kadar sulfur pada produk dianalisis dengan UV-Vis Spektrofotometer pada panjang gelombang 200 – 400 nm. Hasilnya diperoleh bahwa Cerium mampu meningkatkan kapasitas adsorpsi oksigen sebesar 39% menjadi 101,1 µmol/g katalis. Cerium juga mampu mengkonversi DBT sebesar 90% yang mengalami peningkatan 216% dibandingkan katalis tanpa Cerium. Studi kinetika reaksi ODS diinvestigasi dengan pseudo-first order kinetic model dan diperoleh nilai energi aktivasi sebesar 41,304 KJ/mol.

High content of sulfur in diesel fuel can cause damage to diesel engines and have negative impact on the environment. One of the efficient methods in the sulfur removal process is oxidative desulfurization (ODS). This research investigates the effect of Ce promotor as an oxygen storage over Ni-Mo/Al2O3 catalyst in ODS reaction of dibenzothiophene (DBT) in diesel fuel using hydrogen peroxide and formic acid as oxidants. In the previous research, the yield of DBT conversion in n-heptane solvent using Fe as promotor over Ni-Mo/Al2O3 catalyst was 99%. In this study, Ce promoted Ni-Mo/Al2O3 catalyst was successfully synthesized by using wet impregnation method. The catalyst then characterized using SEM, XRF and BET Surface Area Analysis. The oxygen storage capacity of the catalyst was gained from oxygen isotherm study at room temperature with vary oxygen pressures. The operation over the conversion of DBT was observed including the effect of strong acid addition, reaction temperature, contact time, Ce loading, oxidants volume and catalyst dose. The sulfur content of product was analyzed by using UV-Vis Spectrophotometer at wavelength 200 – 400 nm. The result showed that Cerium was able to increase 39% of oxygen adsorption capacity became 101.1 µmol/g catalyst. Cerium also converted 90.0% of DBT, increasing 216% compare to the catalyst without Cerium. The kinetic study of ODS reaction was investigated by using pseudo-first order kinetic model and the activation energy value of 41.304 KJ/mol was gained."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Meaikhel Nikolas
"Kadar sulfur pada bahan bakar solar di Indonesia masih sangat tinggi saat ini dan jauh lebih tinggi dibanding standar internasional. Tingginya kadar sulfur ini dapat menyebabkan dampak negatif pada mesin kendaraan, kesehatan manusia, dan lingkungan. Untuk mengatasi permasalahan ini, terdapat beberapa metode penurunan kadar sulfur. Salah satu metode yang dianggap paling baik dan banyak diteliti adalah Oxydative Desulfurization (ODS) yang memiliki keunggulan reaksi singkat, kondisi operasi ambien, efisiensi tinggi, tidak memerlukan banyak biaya, dan selektivitas tinggi. Berbagai penelitian terkait ODS dilakukan dengan berbagai kombinasi jenis oksidator, katalis, dan pelarut. Pada penelitian ini, metode ODS dilakukan dengan menggunakan oksidator hidrogen peroksida, katalis asam format, dan pelarut metanol yang telah dilaporkan memiliki kinerja yang paling baik. Proses oksidasi ODS dilakukan dengan mencampur dan mengaduk katalis, oksidator, dan solar dalam suatu wadah pada temperatur 30oC dengan rasio molar katalis/sulfur 4:1 dan rasio molar oksidator/sulfur 3:1. Setelah oksidasi, dilakukan ekstraksi cair-cair dengan pelarut metanol untuk memisahkan sulfur yang telah teroksidasi dari produk solar. Waktu ekstraksi divariasikan dari 10 sampai 40 menit. Kinerja penelitian ini dapat diketahui dengan membandingkan kadar sulfur sebelum dan sesudah ODS. Kadar sulfur dianalisis menggunakan alat FTIR, GCMS, dan ASTM D4294. Hasil uji kemudian akan dianalisis secara kuantitatif untuk memperoleh tingkat desulfurisasi. Dari hasil analisis kuantitatif, didapati bahwa waktu ekstraksi yang menghasilkan persen desulfurisasi tertinggi adalah 10 menit. Tingkat desulfurisasi tertinggi mencapai 70% dengan kadar sulfur dalam biosolar tersisa 120 ppm.

Sulfur levels in diesel fuel in Indonesia are still very high today and much higher than international standards. High levels of sulfur can cause negative impacts on vehicle engines, human health, and the environment. To overcome this problem, there are several methods of reducing sulfur content. One of the methods that is considered the best and has been widely studied is Oxidative Desulfurization (ODS) which has the advantages of short reaction time, ambient operating conditions, high efficiency, does not require much cost, and high selectivity. Various studies related to ODS have been carried out with various combinations of oxidizing agents, catalysts, and solvents. In this study, the ODS method was carried out using hydrogen peroxide as an oxidizing agent, formic acid catalyst, and methanol as solvent which has been reported to have the best performance. The ODS oxidation process is carried out by mixing and stirring the catalyst, oxidizing agent, and diesel fuel in a container at a temperature of 30oC with a catalyst/sulfur ratio of 4:1 and a molar ratio of oxidizing agent/sulfur 3:1. After oxidation, a liquid-liquid extraction was carried out with methanol as a solvent to separate the oxidized sulfur from the diesel product. Extraction time was varied from 10 to 40 minutes. The performance of this research can be known by comparing the sulfur content before and after ODS. Sulfur content was analyzed using FTIR, GCMS, and ASTM D4294. The test results will then be analyzed quantitatively to obtain the level of desulfurization. From the results of quantitative analysis, it was found that the extraction time that produced the highest percentage of desulfurization was 10 minutes. The highest desulfurization rate reached 70% with the remaining sulfur content in biodiesel at 120 ppm."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1998
S40967
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Cracks was found in type 347 stainless steel internal attachment welds of a reactor for a high temperature, and high pressure hydrogen service. One of the possible causes of cracking is low cycle fatigue cracking induced by repetition of thermal stress to embrittled weld metal. Type 347 weld metal loses its ductility by presence of sigma phase and hydrogen."
[Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Universitas Indonesia, Fakultas Teknik Universitas Indonesia], 2008
pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>