Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sekar Anidyawati Utami
"Perjalanan mencari jati diri adalah genre film yang populer dalam industri film. Terdapat dua film terkenal yang membawakan perjalanan pencarian jati diri ini, yaitu Eat, Pray, Love (2010) dan Wild (2014). Salah satu konsep yang paling terkenal terkait pencarian jati diri adalah Hero?s Journey dari Joseph Campbell (1949). Namun, sebetulnya Hero?s Journey adalah konsep yang sudah sangat tua dan mungkin tidak cocok untuk digunakan pada era modern seperti saat ini. Jurnal ini menganalisa bagaimana konsep Hero?s Journey ini digunakan dalam era modern dengan membandingan dua karakter film, yaitu Liz Gilbert dari film Eat, Pray, Love (2010) dan Cheryl Strayed dari film Wild (2014) dan mencari tahu bagaimana mereka menemukan jati diri mereka melalui perjalanan di area yang berbeda. Hasil yang ditemukan adalah terdapat beberapa perbedaan yang terlihat dalam kedua karakter tersebut. Liz hanya melewati 11 dari 12 tahap dari Hero?s Journey dengan urutan yang berbeda. Sedangkan Cheryl melewati 9 dari 12 tahap yang ada di Hero?s Journey. Semua hasil ini menunjukkan bahwa tidak semua tahap dari Hero?s Journey ditemukan dalam manusia modern saat menemukan jati diri mereka.
Self-discovery journey is a popular genre in film industry, and there are two popular films about self-discovery journey which are Eat, Pray, Love (2010) and Wild (2014). One of the popular concepts of self-discovery is the concept of Hero?s Journey by Joseph Campbell (1949). However, Hero?s Journey is a very old traditional concept that may not be fit into people nowadays. This paper analyses how Hero?s Journey concept is used in modern time by comparing the way the two characters, Liz Gilbert in Eat, Pray, Love (2010) and Cheryl Strayed in Wild (2014) try to discover their true selves on their own way through their journey in different world. From the findings, there are some significant differences in both characters. Liz only goes through 11 out of 12 stages of Hero?s Journey with difference sequence, while Cheryl only passes 9 out of 12 stages of Hero?s Journey. All these findings show that modern people cannot go through all the Hero?s Journey stages to find their true selves."
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2016
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Salsabila Faidania
"Closer (2004) menunjukkan betapa mudahnya orang modern bertemu dengan orang asing, baik secara online maupun secara langsung. Terlepas dari kemudahan yang dimiliki orang modern, kemungkinan tergoda oleh orang asing juga besar. Untuk dapat melihat korelasi antara orang asing dan godaan, tulisan ini menganalisis unsur-unsur film Closer (2004) tentang bagaimana mereka menggambarkan tema godaan dan mengkaji bagaimana keempat karakter dalam film tersebut merepresentasikan perjuangan manusia modern dalam mencari cinta melalui orang asing. Dengan menggunakan analisis struktural dan model aktan oleh Greimas, penulis menyimpulkan bahwa semua tokoh utama memiliki godaan yang ditempatkan di sisi lawan aktan. Berdasarkan diagram, karakter utama termotivasi untuk membuat hidup mereka lebih baik. Tidak ada yang bermaksud menyakiti orang lain sejak awal. Namun, tergoda oleh orang asing membuat mereka berbohong dan mengkhianati pasangannya. Oleh karena itu, kebenaran menjadi penghancur koneksi mereka ketika terungkap. Terjatuh dalam godaan membuat karakter semakin jauh dari objeknya, yaitu cinta. Seperti yang dikatakan Alice, satu-satunya cara untuk keluar dari godaan adalah dengan memiliki 'deep inner strength'.

Closer (2004) shows how easy it is for modern people to meet strangers, whether it is online or in person. Despite the convenience that modern people have, the probability of being tempted by strangers is also big. To be able to see the correlation between strangers and temptation, this paper analyzes the elements of the film Closer (2004) on how they portray the theme of temptation and examines how the four characters in the film represent modern people's struggles in seeking love through strangers. Using structural analysis and the actantial model by Greimas, the writer concludes that all of the main characters have temptations placed on the opponent’s side of the actant. Based on the diagrams, the main characters are motivated to make their lives better. No one intended to hurt the other person in the first place. However, being tempted by strangers made them lie and betray their partners. Therefore, truth becomes the destroyer of their connections when it comes out. Falling into temptations has made the characters further away from their object, which is love. Just like what Alice said, the only way to be out of temptation is by having ‘deep inner strength’."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Oktafia Dwijayanti
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas fungsi makian dalam tuturan dialog film Wer Bin Ich ? Kein System ist Sicher berdasarkan konteks dan situasi pembicaraan yang menyertai tuturan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang disertai penghitungan jumlah data. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara umum makian memiliki 4 fungsi, yaitu expletive, abusive, stylistic atau auxiliary, dan social atau humorous. Namun, keempat fungsi ini dapat muncul di saat bersamaan (overlap), disebabkan oleh situasi pembicaraan saat penuturan.

ABSTRACT
This research focuses on the analysing the swearwords? functions in the movie Who Am I, based on context and speech situations they are spoken. This research uses qualitative descriptive method, supported by calculation of datas. Analysis? results show that swearwords generally have 4 functions (expletive, abusive, stylistic/auxiliary, social/humorous). However, these functions can overlap each other caused by the context and speech situation of the spoken swearwords.
"
2016
S64064
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library