Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Elvaretta
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepentingan relatif dari faktorfaktor yang mempengaruhi persaingan pelabuhan peti kemas berdasarkan perspektif pengguna. Tiga kelompok pengguna pelabuhan, yaitu perusahaan pelayaran, perusahaan forwarder, dan perusahaan pemilik barang dipertimbangkan dalam penelitian ini. Tingkat kepentingan berbagai faktor ditentukan berdasarkan hasil survei dari para pembuat keputusan dan kemudian diproses melalui metode Analythic Hierarchy Process (AHP). Selain itu, penelitian ini dilanjutkan dengan mencari nilai daya saing Pelabuhan Tj. Priok dan Pelabuhan Tj. Perak berdasarkan faktor-faktor pengaruhnya.

The objective of this paper is to explore the relative importance of factors that determine container port competitiveness from the users' perspective. Three groups of port users - shipping liners, forwarders and shippers - are considered in this paper. The importance of the various factors is determined on the basis of survey results from the policymakers and then obtained via the analythic hierarchy process (AHP). In addition, the study continued with the search for the competitiveness of Tanjung Priok Port and of Tanjung Perak Port based on the importance of factors."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S42887
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Burns, Maria G.
Boca Raton: CRC Press, 2015
387.106 8 BUR p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Atika Aqmarina
"Pelabuhan mempunyai peran penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi suatu negara. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor penentu kinerja pelabuhan di Indonesia. Dalam penelitian ini, 4 pelabuhan utama dipilih sebagai sampel, yaitu Pelabuhan Belawan, Pelabuhan Tanjung Priok, Pelabuhan Tanjung Perak dan Makassar. Penelitian ini menggunakan metoda OLS sebagai metodologi untuk menganalisis determinan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Total Traffic tidak dipengaruhi oleh Operating Surplus per Ton. Sementara itu, variabel - variabel lainnya yang digunakan seperti turnaround time, idle time, berth of occupancy rate, rate of return, number of employee dan cargo equipment terbukti memberikan pengaruh yang signifikan terhadap Total Traffic.

Port plays significant role in supporting economic growth of a country. This study aims to analyze the determinant of port performance in Indonesia. In this research, the ports selected are 4 main ports in Indonesia, which are Port of Belawan, Port of Tanjung Priok, Port of Tanjung Perak and Makassar. The study used pooled OLS as the methodology to analyze the determinant. The result of this studies shows that total traffic is not influenced by operating surplus per ton, whereas the rest of variables such as turnaround time, idle time, berth of occupancy rate, rate of return, number of employee and cargo equipment have significant results and significantly influenced the total traffic.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
S69483
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ega Religia Islamiah
"ABSTRAK
Sebagai negara kepulauan yang seharusnya dapat memanfaatkan potensi kemaritiman, sudah seharusnya Indonesia melakukan utilisasi pemanfaatan potensi dari aspek transportasi logistik, dalam konteks penelitian ini adalah Pelabuhan. Persebaran pelabuhan di indonesia belum merata jika dilihat dari Pendapatan Domestik Regional Bruto PDRB , dalam kasus ini adalah Kota Dumai yang memiliki pelabuhan yang terletak di alur laut kepulauan Indonesia ALKI 1, walaupun terletak dalam lokasi yang strategis, hal itu tidak tercermin dari PDRB kota Dumai yang bisa dikategorikan tertinggal dibanding kota-kota Pelabuhan lain di Indonesia. Untuk melakukan optimasi pemanfaatan pelabuhan yang ada dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kota Dumai, PT. Pelindo 1 perwilayahan Dumai berencana untuk melakukan pengembangan kapasitas pelabuhan dengan membangun segmen khusus kegiatan bongkar muat peti kemas yang didasari oleh semakin meningkatnya intensitas kapal bermuatan peti kemas yang berlabuh di Pelabuhan Dumai. Untuk menanggapi fenomena yang terjadi, maka penelitian ini bermaksud untuk melakukan analisis desain konseptual pengembangan pelabuhan berbasis Seatropolis dengan mempertimbangkan biaya operasional dan pemeliharaan serta proyeksi pendapatan menggunakan sistem dinamik. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan dalam penelitian ini, telah didapatkan estimasi biaya operasional dan pemeliharaan desain konseptual kawasan Seatropolis yaitu sebesar Rp 898.799.348.398,27 dan untuk proyeksi pendapatan sebesar Rp 21.298.015.775.555 pada tahun yang sama yaitu tahun 2027.

ABSTRAK
For an archipelago country that can exploit the maritime potential, Indonesia should be utilizing the potential of logistics transportation aspect, in this research context is Port. The distribution of ports in Indonesia is not evenly distributed if seen from Gross Regional Domestic Product PDRB , in this case is Dumai City which has a port in the Indonesian archipelagic sea lane ALKI 1, although it is in strategic location, it is not reflected from Dumai city PDRB that can be categorized as lagging compared to other Port cities in Indonesia. To optimize the utilization of existing ports and increase economic growth in Dumai City, PT. Pelindo 1 of Dumai territory plans to develop port capacity by building a special segment of container loading and unloading activities based on the increasingly cheap vessels of containers docked at Dumai Port. To add to the phenomenon that occurs, the research is intended to design the conceptual design of port development. By using dynamic system. Based on the results of analysis conducted in this study, has obtained estimation of operational cost and arrangement of conceptual design of Chair area amounting to Rp 898.799.348.398,27 and for profit and loss projection Rp 21.298.015.775.555 in the same year that is year 2027."
2017
S68693
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library