Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Fera Liza
"ABSTRAK
Modifikasi gaya hidup merupak:an salah satu cara untuk mengendalikan faktor risiko stroke untuk mencegah terjadinya stroke berulang. SEP merupakan program edukasi yang melibatkan pasien dan keluarga sebagai caregiver informal yang diberikan ketika pasien dirawat dan setelah pulang ke rumah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efekti:fitas program SEP terhadap peran family caregiver dalam modi:fikasi gaya hidup pasien stroke. Penelitian ini menggunakan design quasi experiment dengan pendekatan post-test nonequivalent control group. Penelitian dilakukan di RS Stroke Nasional Bukittinggi dengan jumlah sampel 40 orang ( 21 kontrol, 19 intervensi). Hasil analisis dengan independent t-test menunjukkan program SEP efektif terhadap meningkatkan peran family caregiver dalam. modi:fikasi gaya hidup pasien stroke (p=O,OO1). Variabel perancu tidak mempengaruhi peranfamily caregiver pada kelompok intervensi. SEP dapat diadopsi dan diterapkan perawat dalam memberikan edukasi pada pasien stroke dan keluarga sebagai caregiver.

ABSTRACT
Modifying patient's life style is one option to control stroke risk factors in preventing the recurrence of stroke episode. Stroke Education Program (SEP) is the education program that involving patient and their family as caregiver which is given during inpatient and after patient discharge from hospital. The purpose of this study is to determine the effectiveness of Stroke Education Program (SEP) on Family Caregiver's Role in Modifying Patient's Life Style. Quasi-Experiment with post-test nonequivalent control group was used with sample of 40 respondents (21 control and 19 intervention) from Stroke National Hospital, Bukittinggi. Independent t-test was used to analyze the data.The result shows that Stroke Education Program (SEP) can effectively improving Family Caregiver's Role on Modifying Patient's Life Style (p=O,OOl). Confounding variables did not influenced Family Caregiver's Role on intervention group. Stroke Education Program (SEP) can be adopted and implemented by the nurses along with educating stroke patients and family members as caregiver."
2012
T44142
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
T Widya Naralia
"Angka kejadian COVID-19 yang terus meningkat menyebabkan perawatannya tidak hanya di rumah sakit namun juga di rumah dengan isolasi mandiri sehingga harus melibatkan keluarga sebagai caregiver. Keluarga berperan penting dalam memberikan perawatan dan meningkatkan status kesehatan anggota keluarganya yang sakit. Family caregiver merasakan berbagai tantangan selama memberikan perawatan kepada anggota keluarganya yang menderita penyakit menular pernafasan ini. Tujuan penelitian ini ialah untuk mendapatkan tentang arti dan makna dari pengalaman keluarga dalam merawat anggota keluarga yang terkonfirmasi COVID-19. Peneliti menggunakan teknik purposive sampling untuk mendapatkan 14 orang partsipan yang sesuai dengan kriteria inklusi. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi deskriptif dengan metode wawancara mendalam dan melakukan analisis data dengan metode Colaizzi. Hasilnya penelitian ditemukan 7 (tujuh) tema yang menggambarkan pengalaman keluarga yaitu: respon family caregiver, pemenuhan kebutuhan khusus anggota keluarga yang terkonfirmasi COVID-19, beban berat sebagai caregiver, strategi koping caregiver, dukungan dari berbagai sumber, harapan caregiver, dan makna positif yang diperoleh. Family caregiver mengungkapkan adanya masalah psikologis, stigma masyarakat, dan berbagai masalah lainnya ketika merawat anggota keluarga yang terkonfirmasi COVID-19 sehingga membutuhkan dukungan termasuk dukungan dari keluarga, masyarakat, pemerintah dan fasilitas kesehatan. Sistem pelayanan kesehatan jarak jauh seperti telehealth perlu ditingkatkan untuk mendukung peran perawat komunitas dimasa pandemi. Adanya media telehealth dinilai dapat mengoptimalkan peran perawat komunitas untuk membantu mengurangi beban berat family caregiver dalam memberikan perawatan kepada anggota keluarganya yang terkonfirmasi COVID-19.

The increasing number of COVID-19 cases has caused the treatment not only in hospitals but also at home by self-isolation therefore involved the family as caregivers. The treatment of COVID-19 in the community is carried out by self-isolation at home therefore it must involve the family as caregiver. Families have an important role in providing care and improving the health status of sick family members. Family caregivers experience various challenges while providing care to family members who suffer from this respiratory infectious disease. The purpose of this study is to get an in-depth of the meaning and significance of family experiences in caring for family members with COVID-19. The researcher used purposive sampling technique to get 14 participants who fit the inclusion criteria. This study uses a descriptive phenomenological approach with in-depth interviews and data analysis using the Colaizzi method. The results of the study found 7 (seven) themes that describe family experiences, namely: 1) response of family caregiver, 2) the special needs of family members with COVID-19, 3) burdens as caregivers, 4) caregiver coping strategies, 5) support from various sources, 6) caregiver expectations, and 7) positive meanings obtained. Family caregivers revealed that there are psychological problems, community stigma, and various other problems when caring for family members with confirmed COVID-19 so that they need support including support from families, communities, government and health facilities. Remote health care systems such as telehealth need to be improved to support the role of community nurses during the pandemic. The existence of telehealth media is considered to be able to optimize the role of community nurses to help reduce the heavy burden of family caregivers in providing care to family members who are confirmed to have COVID-19."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library