Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Muhammad Aldy Bagaztian
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari faktor hubungan antara menu online restoran terhadap niat pembelian konsumen selama pandemi COVID-19 (studi pada Shopee Food di di 8 Kota Besar di Pulau Jawa) serta penelitian ini dilakukan di 8 Kota Besar di Pulau Jawa yang lebih tepatnya di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, Surabaya, & Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan data primer dari kuisioner dengan skala likert 1-6, pengambilan sampling dengan menggunakan non-probability sampling, dengan screening pada pengguna layanan delivery apps yang pernah melakukan pembelian makanan atau minuman melalui aplikasi Shopee Food. Penelitian ini menemukan bahwa daya tarik visual menu berpengaruh positif signifikan terhadap keinginan untuk makan. Persepsi risiko COVID-19 juga berpengaruh positif signifikan terhadap keinginan untuk makan. Namun disisi lain ternyata persepsi risiko COVID-19 mempunyai pengaruh negatif signifikan terhadap kenyamanan yang dirasakan dari pemesanan makanan secara online. Penelitian ini menggunakan metode Structural Equation Method (SEM) yang diolah dengan software AMOS versi 22
This study aims to determine the influence of the relationship factor between restaurant online menus on consumer purchase intentions during the COVID-19 pandemic (study on Shopee Food in 8 big cities on Java Island) and this research was conducted in 8 major cities on the island of Java, more precisely in Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, Surabaya, & Yogyakarta.. This study uses primary data from a questionnaire with a Likert scale of 1-6, sampling using non-probability sampling, by screening users of delivery apps services who have purchased food or beverages through the Shopee Food application. This study found that the visual appeal of the menu had a significant positive effect on the desire to eat. The perceived risk of COVID19 also had a significant positive effect on the desire to eat. On the other hand, it turns out that the perception of the risk of COVID-19 has a significant negative effect on the perceived convenience of ordering food online. This study uses the Structural Equation Method (SEM) which is processed with AMOS version 22 software."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisinis Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Laurencia Vania Calista Buulolo
"Sebagian besar kaum emerging adult setidaknya mengetahui bahaya dari COVID-19, tetapi belum tentu semuanya berkeinginan untuk mematuhi himbauan menetap di rumah. Hal ini diprediksi oleh perbedaan persepsi risiko yang dimiliki, mengingat mereka tidak termasuk kelompok yang rentan berdampak parah jika terinfeksi COVID-19. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengetahuan tentang COVID-19 mempengaruhi intensi kaum emerging adult menetap di rumah selama masa pandemi dengan dimediasi oleh adanya persepsi risiko tertular COVID-19. Penelitian ini menggunakan desain cross-sectional dan bersifat non-eksperimental. Data diperoleh dengan kuesioner self-report (N = 308) dan dianalisis menggunakan Hayes PROCESS Macro model 4. Hasil indirect effect menunjukkan bahwa persepsi risiko memediasi penuh hubungan antara pengetahuan dengan intensi (ab = .08; 95% CI [.04, .14]). Mengetahui hal-hal seputar COVID-19 terlebih dulu membentuk persepsi bahwa individu berisiko tertular COVID-19, sebelum pada akhirnya memunculkan intensi untuk menetap di rumah. Dengan ini, dibutuhkan pesan kesehatan masyarakat yang efektif untuk memperluas pengetahuan emerging adult terkait bahaya COVID-19, sehingga mereka menyadari bahwa mereka tetap berisiko tertular dan perlu menetap di rumah selama masa pandemi sebagai implementasi perlindungan kesehatan diri maupun orang sekitar.

Most emerging adults are at least aware of the dangers of COVID-19, but not all of them are willing to comply with stay-at-home orders. This is predicted by the differences in their perception of risk, considering that they are not classified as a group that is vulnerable to severe impacts if infected by COVID-19. This study aims to see how COVID-19 knowledge affects emerging adults’ stay-at-home intention during the pandemic, which is mediated by the risk perception of contracting COVID-19. This study used a cross-sectional, non-experimental design. Data were obtained by self-report questionnaire (N = 308) and analyzed using Hayes PROCESS Macro model 4. The indirect effect result showed that risk perception fully mediates the relationship between knowledge and intention (ab = .08; 95% CI [.04, .14]). Knowing things about COVID-19 forms the perception that individual is at risk of contracting COVID-19, before finally raising the intention to stay at home. Therefore, an effective public health message is needed to expand emerging adults’s knowledge regarding the COVID-19’s dangers, so they realize that they are also at risk of contracting the virus and need to stay-at-home during the pandemics as an implementation of protecting the health of themselves and those around them."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library