Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 7 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Frechette, Leon A.
New York: McGraw-Hill , 1996
690.806 FRE b
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Khaerunisa Sabitha
Abstrak :
ABSTRAK
Kebakaran dapat terjadi di kapal Ferry Ro-ro dengan daerah penyebab kebakaran yang variatif yaitu 63% kebakaran terjadi di kamar mesin dan 10% terjadi di dek kendaraan. Menurut mahkamah pelayaran RI, faktor penyebab kecelakaan di perairan 88% disebabkan oleh human factor. Metode dalam penelitian kualitatif deskriptif ini menggunakan metode HFACS. Penelitian ini akan menghasilkan suatu form assessment untuk pengecekan crew kapal yang dilakukan oleh seorang safety officer, matriks risk assessment untuk menentukan level risiko yang terjadi dalam sebuah insiden kebakaran dan form car deck risk assessment yang bertujuan sebagai penunjang analisa risk assessment
ABSTRACT
Fires can occur in Roll On Roll Off Passenger Ferries with varied areas cause of the fire are 63% fire broke out in the engine room and 10% occurred in the car deck. According to Mahkamah Pelayaran RI, causes of accidents in the sea 88% are caused by the human factor. Methods in descriptive qualitative research method was using HFACS. The study will include an assessment form for checking crew of the vessel conducted by a safety officer, risk assessment matrix to determine the level of risk of an incident that occurred in the form of car deck fire and risk assessment aimed as supporting risk assessment analysis
2016
T45554
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Khaerunisa Sabitha
Abstrak :
ABSTRAK
"Kebakaran dapat terjadi di kapal Ferry Ro-ro dengan daerah penyebab kebakaran yang variatif yaitu 63% kebakaran terjadi di kamar mesin dan 10% terjadi di dek kendaraan. Namun, suatu sistem keselamatan kebakaran kapal Ferry Ro-ro di Indonesia belum dapat mengurangi angka kebakaran kapal. Oleh sebab itu, diperlukan adanya perancangan sistem assessment keselamatan kebakaran kapal Ferry Roll On Roll Off. Perancangan sistem ini menggunakan peraturan SOLAS. Sistem assessment akan digunakan sebagai media penilaian sarana proteksi kebakaran di kamar mesin dan car deck. Hasil dari perancangan ini adalah sistem assessment keselamatan kebakaran yang terdiri dari form engine room fire control assessment, form car deck fire control assessment, prosedur proteksi kebakaran dan manajemen rencana evakuasi korban kebakaran.
ABSTRACT
"Fires can occur in Roll On Roll Off Passenger Ferries with varied areas cause of the fire is 63% fire broke out in the engine room and 10% occurred in the car deck. However, a fire safety system on the Roll On Roll Off Passenger Ferries has not been able to reduce the number of ship fires. Therefore, it is necessary to design some fire safety assessment system for Roll On Roll Off Passenger Ferries. This system using Safety Of Life At Sea regulation. Assessment system will be used as tool of fire protection to assess engine room and car deck. The result of this design is a fire safety assessment system which consists of a form of engine room fire control assessment, the form of car decks assessment of fire control, fire" "protection and management procedures evacuation plan fire victims."
2015
S60323
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Samuel Zico Christopher
Abstrak :
Salah satu metode yang populer untuk mengatasi missing value dalam sebuah survei adalah metode imputasi. Imputasi adalah solusi untuk mengganti suatu missing value dengan suatu nilai pengganti yang didapatkan dari teknik khusus tertentu, misalnya imputasi menggunakan nilai mean, nilai median, dan lain sebagainya. Pada skripsi dibahas suatu teknik imputasi yang menggabungankan dua macam teknik imputasi lain, yakni imputasi fractional dan imputasi hot deck. Imputasi fractional adalah imputasi yang punya kelebihan dalam meminimumkan suatu variansi dalam suatu data dikarenakan nilai imputasi yang dihasilkan berasal dari data set dalam survei itu sendiri, namun kekurangannya adalah bahwa nilai imputasi dari teknik fractional akan membuat jumlah observasi menjadi mengembang. Oleh karena masalah pengembangan data set yang dihasilkan teknik fractional tersebut, imputasi hot deck menjadi solusi untuk membatasi masalah jumlah observasi yang dihasilkan dengan membatasi calon nilai imputasi (donor) untuk suatu nilai hilang. Imputasi yang menggabungkan teknik imputasi fractional dan hot deck akan dikenal dengan nama imputasi fractional hot deck dengan sifat yang mirip dengan imputasi fractional , namun observasi yang dihasilkan lebih sedikit.
One of the most popular solution of missing value is imputation in a survey is imputation. Imputation is a solution to replace missing value with imputed value from a particular technique, such as mean value, median value, etc. This Thesis specifically discuss about technique that fuse fractional imputation technique and hot deck imputation technique. Fractional imputation is popular because this imputation tends to produce less variance compare to other methods. Unfortunately this method will extend the number of observations. Because fractional imputation tends to extend the number of observations, sampling becomes a solution to produce less observation. Sampling limits the numbers of imputed values (donor) in the observations that adopts hot deck imputation nature. The imputation that fuse fractional imputation and hot deck imputation is known as fractional hot deck, and produce a data set that have similar property to fractional imputation, but less observations.
Depok: Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Surya Chandra
Abstrak :
Penulisan skripsi ini membahas tentang struktur pelat komposit. Sistem pelat komposit umumnya terdiri dari pelat / deck baja yang berusuk-rusuk (ribbed) dan pelat beton; yang sambungannya diperkuat dengan shear connector untuk menjadikannya sebagai satu kesatuan yang utuh (monolit). Struktur pelat komposit ini menguntungkan dari segi pelaksanaan karena pelat langsung menumpu pada balok baja sehingga tidak memeriukan scaffolding. Pelat baja ini sekaligus juga berfungsi sebagai bekisting permanen. Jadi waktu pelaksanaan dapat dipercepat karena tidak perlu memasang dan membongkar scaffolding serta tidak perlu membongkar bekisting. Struktur pelat komposit ini sangat ideal untuk struktur dengan jarak antar lantai yang tinggi; yang agak menyulitkan bila harus memasang scaffolding. Struktur pelat komposit ini juga mempunyai kapasitas daya dukung yang lebih besar karena umumnya menggunakan baja mutu tinggi. Analisa yang dilakukan adalah analisa untuk struktur pelat satu arah. Analisa yang dilakukan mencakup perhitungan tegangan dengan metode serviveability, perhitungan kapasitas daya dukung struktur pelat komposit dengan metode ultimate, desain shear connector, dan cek lendutan. Di samping itu juga diberikan perbandingan daya dukung struktur pelat komposit dengan daya dukung struktur pelat beton bertulang biasa.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2000
S34990
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hansel Loshaless
Abstrak :
ABSTRAK
Analisis riwayat waktu nonlinier akan dilakukan pada jembatan melengkung putar balik dengan radius 45 meter. Jembatan yang sangat tidak beraturan ini akan dievaluasi dengan melakukan analisis riwayat waktu nonlinier pada model jembatan yang divariasikan menjadi 3 tipe sambungan: i sambungan kaku ii sambungan sendi iii sambungan lead rubbber bearing. Sendi plastis dimodelkan pada bagian dasar dan bagian atas dari pilar dengan menggunakan sendi plastis fiber. Hasil analisis menunjukkan bahwa jembatan dengan satu perletakan memberikan tingkat kinerja yang lebih baik dibandingkan jembatan dengan dua perletakan, tetapi jembatan dengan satu perletakan lebih kritis terhadap masalah torsi.
ABSTRACT
Non linear time history analysis will be presented in irregular U turn curved bridge with radius of 45 meters. This highly horizontally curved bridge is evaluated by performing nonlinear time history analysis on the representative bridge model with 3 types of connection i rigid connection ii hinge connection iii lead rubber bearing connection. Nonlinear hinge was modelled at the base and top of the pier by using fiber hinge. The analysis results indicate that bridges with one connection give better performance level than bridge with two connections, but bridges with only one connection is more critical to the torsion issue.
2018
T51168
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alwin Rizky
Abstrak :
Penyerapan panas pada saat pemadaman api merupakan salah satu kriteria penting untuk mengendalikan api. Dengan menggunakan berbagai variasi diameter butiran air dan tataletak sprinkler diharapan laju penyerapan panas tersebut dapat meningkat dan hasil akhirnya ialah pemadaman api yang lebih efektif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan kecepatan pemadaman api pada keadaan yang sebenarnya dan dengan mengurangi diameter butiran air, serta meruah tataletak sprinkler dengan berbagai variasi. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan melakukan pengujian pembakaran bahan bakar padat yang mempunyai Heat Release Rate(HRR) sama seperti bahan bakar solar bervolume 500 liter. Pengujian menggunakan simulasi program Fire Dynamic Simulator untuk mendapatkan pola kecenderungan perubahan tempertur serta lamanya waktu yang dibutuhkan untuk memadamakan api. Hasil dari pengujian pengurangan diameter butiran dan tataletak sprinkler menunjukkan temperatur cenderung semakin menurun. Akan tetapi jika diameter butiran semakin dikurangi temperatur menjadi tidak terkendali. Hal ini menunjukkan bahwa pengurangan diameter butiran dan perubahan tataletak sprinkler mempunyai nilai yang optimal pada diameter 264 μm dan penambahan satu baris sprinkler di badian tengah ruangan(memanjang).
The absorption of heat during fire fighting is one of the important criteria to control the fire. By using a variety of water droplets diameters and layout of sprinkler that is expected heat absorption rate can be increased and the end result is a more effective fire fighting. The purpose of this study to determine the difference in speed of fire suppression on the actual situation and by reducing the droplet diameter of water, and pour the layout of sprinklers with different variations. The research method used is to perform testing of solid fuel combustion which has the Heat Release Rate (HRR) is the same as diesel fuel volume 500 liters. Tests using the simulation program ?Fire Dynamic Simulator? to obtain the pattern of change tendencies temperture and length of time needed to stamp out the fire. Results of testing reduction of droplet diameter and sprinkler layout shows the temperature tends to decrease. However, if the diameter of the granules increasingly reduced temperatures become unmanageable. This shows that the reduction in droplet diameter and changes in sprinkler layout has the optimal value at a diameter of 264 μm and the addition of a sprinkler line in the middle of the room personality (lengthwise).
2011
S160
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library