Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 79 dokumen yang sesuai dengan query
cover
King, Imogene M.
New York : John Wiley & Sons, 1971
610.73 KIN t
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Yohanes Krisnawan
Abstrak :
Penelitian ini berangkat dari keprihatinan gagalnya pembangunan nasional yang dilaksanakan selama ini, terutama pada masa Orde Baru dan pasta Orde Baru, yang belum juga mampu menciptakan kemakmuran dan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia. Sebaliknya pembangunan nasional yang berorientasi pada pasar-bebas justru memperbesar jurang perbedaan antara kelompok masyarakat yang kaya dan kelompok masyarakat yang miskin. Melalui paradigma kritis dalam kerangka Teori Kritis Sekolah Frankfurt, khususnya Teori Kritis Herbert Marcuse tentang Masyarakat Satu Dimensi, penelitian ini berupaya memahami dan menjelaskan mengapa penderitaan rakyat kecil masih juga berlangsung. Sementara rakyat keci,l menderita, mengapa sebagian masyarakat lainnya sibuk memuaskan dirinya dengan kelimpahan materi, dan fasilitas layanan yang memanjakan tubuhnya. Sementara media massa, tampaknya larut dalam arus utama konsumerisme yang melanda masyarakat kita. Reformasi dalam arti berkembangnya demokrasi liberal dan kebebasan pers ternyata tidak mampu menciptakan perubahan sosial yang berpihak kepada kaum miskin. Paradigma kritis bertujuan mengungkapkan "mire conditions" dibalik suatu realitas semu atau kesadaran palsu, yang dinampakkan oleh dunia materi, yang dalam hal ini fenomena merebaknya konsumerisme. Melalui metode refleksi-kritis, Teori Kritis bertujuan membantu membentuk suatu kesadaran sosial, berusaha menjelaskan kondisi-kondisi irasional atau yang tidak sewajarnya terjadi di masyarakat, dan menjelaskan langkah-langkah praktis bagi para pelaku sosial agar dapat berperan dalam proses perubahan sosial. Untuk bisa memahami dan membongkar realitas semu tersebut, peneliti menempatkan masyarakat dan media massa sebagai bagian dari perubahan sosial yang bersifat histories; Tidak terlepas dari koriteks sosial, budaya, ekonomi, dan politik yang berlangsung di masyarakat. Penelitian ini bersifat reflektif-kritis dan berupaya menjelaskan bagaimana dampak negatif dari penerapan kebijakan pembangunan yang didasarkan atas prinsip-prinsip neoliberalisme, yang mengagungkan pasar babas sebagai jalan untuk memperoleh kemakmuran. Sayangnya, kebijakan-kebijakan tersebut justru semakin meminggirkan tanggungjawab Negara untuk melindungi dan menyejahterakan rakyatnya. Kebijakan deregulasi, liberalisasi, dan privatisasi, hanya semakin memperbesar kekuasaan korporasi-korporasi multinasional untuk melakukan ekspansi pasarnya di Indonesia, dan mengeruk keuntungan sebesar-besarnya dari berbagai potensi ekonomi yang ada, dan menciptakan suatu masyarakat konsumen. Melalui industri periklanan dan media massa, korporasi-korporasi multinasional tersebut menciptakan, menanamkan, dan menyebarluaskan kebutuhan-kebutuhan semu dalam masyarakat. Masyarakat menjadi pasar yang dibanjiri berbagai produk dan jasa yang sesungguhnya tidak benar-benar mereka butuhkan. Melalui Teori Kritis Marcuse realitas semu dalam masyarakat satu dimensi atau masyarakat kapitalis modern hendak dibongkar. Menurut Marcuse, masyarakat kapitalis modern adalah masyarakat yang sakit. Segala kehidupannya diarahkan hanya pada satu tujuan saja, yakni keberlangsungan dan peningkatan sistem yang telah ada, yang tidak lain adalah sistem kapitalisme. Masyarakat tersebut pun bersifat represiFdan totaliter, karena pengarahan pada sate tujuan itu berarti menyingkirkan dan menindas dimensi-dimensi Iain yang tidak menyetujui atau tidak sesuai dengan sistem tersebut. Manusia-manusia yang tinggal dalam masyarakat tersebut dibuat pasif dan reseptif, tidak ada lagi yang menghendaki perubahan. Dalam masyarakat satu dimensi itu terjadi produksi materi yang melimpah. Maka untuk tetap mempertahankan keuntungan diciptakanlah jaringan ekonomi dengan manajemen yang rapi melalui manipulasi kebutuhan dan ekspansi ekonomis ke negara-negara yang sedang berkembang sehingga merebaklah kebutuhan-kebutuhan semu yang bersifat artifisial. Penelitian yang bersifat reflektif-kritis ini memperoleh beberapa pemahaman sebagai berikuti: Pertama, kebijakan pembangunan nasional yang berorientasi pada pasar babas, sebagaimana yang diterapkan selama ini, belum mampu menyejahterakan seluruh rakyat Indonesia. Kedua, konsumerisme sebagai dampak pembangunan nasional yang mengundang kehadiran korporasi-korporasi multinasional semakin menyebarluas dalam masyarakat, dan menciptakan budaya konsumen. Ketiga, pengaruh budaya konsumen dan pertumbuhan belanja iklan terhadap industri penerbitan pars mendorong terjadinya komersialisasi terhadap rubrik-rubriknya, yang berupaya memenuhi kepentingan pasar, yaitu pembaca dan pemasang iklan. Keempat, dari pengamatan rubrik-rubrik di beberapa koran nasional dan beberapa artikelnya, tampak bahwa media massa benar-benar memanipulasi kebutuhan-kebutuhan semu dan cenderung ikut memelihara sistem kapitalisme. Media massa dalam hal ini menjadi apparatus ideologis kepentingan kapitalisme global, sekaligus tampak tidak berdaya mempertahankan cita-cita idealismenya di hadapan kepentingan modal. Penelitian ini juga memberikan kritik terhadap kelemahan teori kritis Marcuse, dan kelemahan penelitian.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2006
T22120
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Feather, John
London: Library Association Publishing , 1998
303.48 FEA i
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Eyres, David J.
Oxford: Butterworth-Heinemann, 2001
623.8 EYR s
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Luthfan Prasatya
Abstrak :
Penelitian ini membahas tentang dimensi yang menunjukkan rasisme anti-Cina dalam lirik lagu Voorkomen Is Beter Dan Chinezen yang dilantunkan oleh pembawa acara radio Belanda yang bernama Lex Gaarthuis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dimensi yang menunjukkan rasisme anti-Cina dalam lagu Voorkomen Is Beter Dan Chinezen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis dengan menganalisis lagu Voorkomen Is Beter Dan Chinezen. Kemudian teori yang digunakan adalah analisis wacana kritis tiga dimensi Norman Fairclough. Menurut analisis wacana kritis Fairclough, dapat ditemukan rasisme anti-Cina dalam tiap dimensi yang ada dalam lagu tersebut. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa dalam analisis teks, praktik diskursif, dan praksis sosial terdapat rasisme anti-Cina yang mengakibatkan kemarahan orang-orang keturunan Cina di Belanda. ......This research examines the dimensions that show anti-Chinese racism in the lyrics of the song Voorkomen Is Beter Dan Chinezen sung by a Dutch radio presenter named Lex Gaarthuis. The aim of this research is to determine the dimensions that indicate anti-Chinese racism in the song Voorkomen Is Beter Dan Chinezen. The method used in this research is descriptive analysis by analyzing the song Voorkomen Is Beter Dan Chinezen. Then the theory used is Norman Fairclough's three-dimensional critical discourse analysis. According to Fairclough's critical discourse analysis, one can find anti-Chinese racism in every dimension of the song. The results of this research prove that in the analysis of texts, discursive practices, and social praxis there is anti-Chinese racism which has caused the anger of people of Chinese descent in the Netherlands
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2021
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Abstrak :
Through this research have earned to be identified by potency irrigate and potency of Desa Datar and its surroundings which is in this village compotent wake up of systems Power Station of Hydro Micro Energy......
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Wulanmas Frederik
Abstrak :
Indonesia banking based on Article 4 of Act No.10, 1998, aims at supporting the implementation of national development in order to improve equity, economic growth and national stability in the direction of improving people?s welfare. Therefore, to show how important is banking role in supporting the implementation of development, the 6 (six) Strategic Dimensions as the foundation of Banking Standards Contract are: (1). Prudent Banking Supervision and Good Corporate Governance (GCG) in banking activities, (2). Refunctionalization the principle of Contract Law in Banking Standards Contract, (3). Ethics Value in Business, (4). The Act No. 8, 1999 on Consumer Protection, (5). Enforcement of Human Rights Principles in banking activities, (6). Abuse of Circumstances implementations (Misbruik van Omstandigheden) in banking Contract. Based on the 6 (six) Strategic Dimension as the foundation of Banking Standard Contract, it will undoubtedly create justice, equity and assurance of the rights and obligations of the parties framed in the contractual and law bonds.
University of Indonesia, Faculty of Law, 2012
pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Namanda
Abstrak :
Penelitian ini membahas pengaruh brand awareness, perceived quality dan brand association yang dimediasi oleh brand attitude terhadap brand loyalty. Dalam penelitian ini brand awareness, perceived quality dan brand association dikategorikan ke dalam perceptual dimension; sedangkan brand loyalty dikategorikan ke dalam behavior dimension. Hasil penelitian menunjukan bahwa brand awareness dan brand association melalui mediasi brand attitude memberikan pengaruh siginifikan terhadap brand loyalty. Selanjutnya, pada penelitian ini brand attitude dimodifikasi menjadi variabel moderasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa brand attitude memberikan efek penguatan hubungan antara brand awareness terhadap brand loyalty dan brand association terhadap brand loyalty, meskipun pengaruh diantara variable tersebut tidak signifikan. Sehingga untuk dapat membangun brand loyalty, Surya Promild harus menitikberatkan kegiatan pemasaran yang dapat menguatkan brand awareness, brand association dan juga brand attitude. ...... This study discusses the effect of brand awareness, perceived quality and brand association is mediated by brand attitude toward brand loyalty. In this research, brand awareness, perceived quality and brand association categorized into perceptual dimension; whereas brand loyalty categorized into behavior dimension. The results showed that brand awareness and brand association through mediation brand attitude provides a significant effect on brand loyalty. Furthermore, this research modifies brand attitude be moderating variables. The results showed that brand attitude gives the effect of strengthening the relationship between brand awareness to brand loyalty and brand association to brand loyalty, although the effect was not significant among those variables. So as to be able to build brand loyalty, Surya Promild should focus marketing activities to strengthen brand awareness, brand association and brand attitude.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hilman Muttaqin
Abstrak :
Kegiatan perekonomian dan perindustrian yang terus berkembang dari tahun ketahun menuntut kesiapan prasarana dan sarana transportasi yang memadai dan diperlukan pengawasan terhadap angkutan barang mengenai tata cara pemuatan, daya angkut, dimensi kendaraan, dan kelas jalan dengan menggunakan alat penimbangan yang dipasang secara tetap pada lokasi tertentu. Dalam pengembangan teknologi sistem penimbangan, kendaraan ditimbang dan diukur secara lantatur ketika kendaraan melewati area sistem Weigh and Dimension in Motion (WDIM). Kendaraan tidak memerlukan untuk masuk kedalam jembatan timbang, kendaraan tidak diperlukan berhenti, dan pengukuran dilakukan secara 24/7. Dalam perencanaan sistem WDIM, diperlukan pembuktian dalam pemilihan peralatan-peralatan yang akan dipasang berdasarkan standar pemasangan dari kementerian perhubungan sebagai operator penindakan dan Kementerian Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sebagai pemilik dan pengelola jalan nasional dimana sistem WDIM akan dipasang. Pembuktian secara ilmiah salah satunya secara matematis, sertifikasi alat dan spesifikasi teknis alat dilakukan pada perancangan sistem WDIM ini. Dengan dilakukan pembuktian pada setiap peralatan, diharapkan semua aspek dalam sistem WDIM ini dapat menghasilkan ketelitian yang sudah ditetapkan. ......Economic and industrial activities that continue to grow from year to year demand the readiness of adequate transportation infrastructure and facilities and the need for supervision of the transportation of goods regarding loading procedures, carrying capacity, vehicle dimensions, and road classes using weighing equipment that is permanently installed at certain locations. In the development of weighing system technology, vehicles are weighed and measured continuously when the vehicle passes through the Weigh and Dimension in Motion (WDIM) system area. Vehicles do not need to enter the weighbridge, vehicles are not required to stop, and measures are carried out 24/7. In planning the WDIM system, verification is required in selecting the equipment to be installed based on installation standards from the ministry of transportation as the enforcement operator and the Ministry of Public Works and Public Housing as the owner and manager of the national roads where the WDIM system will be installed. Scientific proof, one of which is mathematical, tool certification and technical specifications of the tool are carried out in the design of this WDIM system. By verifying each piece of equipment, it is hoped that all aspects of the WDIM system will produce the set accuracy.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Nana Maulana
Abstrak :
Penelitian ini membahas tentang pemberdayaan komunitas melalui pemanfaatan TIK oleh komunitas rewo-rewo di desa Kaliabu. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Hasil penelitian menunjukan pemberdayaan komunitas pada komunitas rewo-rewo melalui pemanfaatan TIK dapat meningkatkan kedua aspek yaitu dimensi pemberdayaan komunitas dan dimensi pemberdayaan individu. Dimana dalam dimensi berbasis komunitas terdapat peningkatan pada dimensi konsep informasional, dimensi pembangunan ekonomi dan dimensi pembangunan sosial. Sedangkan dalam dimensi individu terdapat peningkatan kemampuan pada dimensi informasional, dimensi sosial, dimensi psikologis dan dimensi ekonomi. ......The research is about the community development through utilization of information and communication technology by rewo-rewo community in Kaliabu village. The research is qualitative research with descriptive design. The result of the research shows that community development in rewo-rewo community through utilization of information and communication technology can increase 2 aspects. They are community development dimension and individual development dimension. In community based dimension, there are upgrading on informational concept, economic development and social development dimensions. While in individual dimension, it shows that there are upgrading on informational, social, psychology and economy dimensions.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2017
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8   >>