Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Muhammad Affan Taufiqulhakim Johardian
Abstrak :
Representasi hegemoni dominasi kekuatan Inggris pada perang dunia kedua dapat direpresentasikan melalui teks-teks budaya populer seperti film perang Hollywood, Dunkirk (2017). Membahas film Dunkirk (2017) dengan buku yang berjudul Film as Social Practice oleh Graemer Turner dan buku Film Art Textual film analysis oleh David Bordwell dan Kristin Thompson sebagai kerangka pada penelitian ini, esai ini membuktikan bahwa ada beberapa pesan-pesan ideologi tertentu sebagaimana film tersebut memperlihatkan bendera Inggris dan Insignia sebagai lambang nasional dari tantara Inggris, bagaimana film tersebut menunjukkan superioritas tantara Inggris melebihi tantara Perancis, dan bagaimana representasi ambiguitas antara hirarki tentara Inggris dihasilkan dalam film ini. Penelitian ini menunjukkan bahwa memori Dunkirk digambarkan sebagai serangkaian aksi heroik pada layar lebar dan secara implisit mengabadikan supremasi dari kekuatan Inggris melalui elemen-elemen sinematografi pada Dunkirk (2017). Selain itu, dengan memasukkan kepercayaan ideologi berupa hegemoni kekuatan Inggris ke dalam budaya populer, Christopher Nolan bermaksud untuk menampilkan sejarah dari peristiwa Dunkirk menurut versi negaranya. ......The representation of Hegemony of British power domination in World War II can be represented through popular culture texts such as Hollywood war movies, Dunkirk (2017). Examining Dunkirk (2017) with Graeme Turners book titled Film as Social Practice and David Bordwell and Kristin Thompson books Film Art textual film analysis as the frameworks of this research, this essay argues that there are some particular ideological messages, such as how the film displays the British flag and insignia as the national symbol of British army, how it shows British armys superiority over the French soldier, and how the ambiguity between British soldiers hierarchy representation is generated in the film. This research shows that the memory of Dunkirk is portrayed as a series of heroic actions on the screen and implicitly perpetuates the British power supremacy through cinematography elements in Dunkirk (2017). Moreover, by inserting ideological belief such as hegemony of British power into popular culture, Christopher Nolan intends to show the history of Dunkirk according to his own countrys version.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2019
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library