Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Muhammad Akbar
" ABSTRAK
Penelitian ini berusaha melihat makna di balik penggambaran kejahatan dalam video game GTA IV serta melihat bagaimana kisah tersebut berpotensi menjadi pembelajaran kejahatan. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus deskriptif dengan menggunakan Literary Theory sebagai metode. Untuk menganalisis penggambaran kejahatannya, penelitian ini menggunakan Strain Theory dan Differential Association. Untuk mengidentifikasi potensi dampaknya digunakan Social Learning Theory. GTA IV menunjukkan. GTA IV menunjukkan penggambaran kejahatan yang sangat nyata melalui proses sang karakter utama menjadi penjahat sampai dengan ditunjukkannya teknik, motif, dorongan dan rasionalisasi si karakter utama. Penggambaran tersebut pun punya potensi pembelajaran kejahatan.

ABSTRACT
This research is trying to see the meaning behind of crime depiction on GTA IV video game. Later on that crime depiction will be used to identified, how that crime depiction has crime learning potential. This research is a descriptive case study using Literary Theory as a method. To analyze the crime depiction, this research is using Social Strain Theory and Differential Association Theory as theoritical framework. To analyze the crime learning potential this research using Social Learning Theory as theoretical framework. GTA IV showed very real crime depiction, through the process of main character being a criminal and crime technique, motives, drives, and rationalization. That depiction too have a crime learning potential.
"
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
S61787
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Rindi
"ABSTRAK
Tesis ini membahas tentang pandangan anak terhadap visualisasi serta dampak
video game Grand Theft Auto IV (GTA IV). Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi naratif. Hubungan metode
analisis isi naratif dengan penelitian merupakan aspek penting dalam menentukan
analisis terhadap visualisasi yang dihasilkan oleh konten video game GTA IV, dan
bagaimana persepsi anak terhadap visualisasi yang terdapat di dalam konten video
game GTA IV tersebut. Penelitian ini menggunakan dua kerangka teori utama,
yaitu pertama, teori pembelajaran sosial, yang menggunakan model bandura
dengan empat proses dasar dari pembelajaran sosial yang terjadi secara berurutan,
seperti perhatian, penahanan (ingatan), produksi, dan motivasi. Teori kedua, yaitu
teori penerimaan, yang menekankan individualitas penonton mempengaruhi
dimana mereka menerima dan menafsirkan teks. Dasar dari teori ini adalah model
encoding dan decoding yang menjelaskan hubungan antara teks dan penonton.
Dengan menggunakan dua teori tersebut, maka kejahatan dan kekerasan dalam
hubungannya dengan media atau konten visual dapat dijelaskan. Hasil dari tesis
ini adalah, media sebagai pembelajaran kejahatan karena visual yang dihasilkan
oleh video game GTA IV mengandung unsur-unsur kekerasan dan kejahatan.
Namun demikian, tidak semua anak mempunyai pola pikir yang sama dalam
menerima dari apa yang mereka lihat seperti visual yang dihasilkan oleh video
game GTA IV.

ABSTRACT
This thesis discusses about the children's view of the visualize and impact of
video games Grand Theft Auto IV (GTA IV). This research uses qualitative
approach with narrative content analysis method. The relationship between the
narrative content analysis method and the research is an important aspect in
determining the analysis of visualization generated by content of video game GTA
IV, and how the children's perception of the visualization contained in the video
game content of GTA IV. This study uses two main theoretical frameworks,
namely, the theory of social learning, which uses the bandura model with four
basic processes of social learning that occur sequentially, such as attention,
retention (memory), production, and motivation. The second theory, namely the
reception theory, which emphasizes the individuality of the audience affects
where they receive and interpret the text. The basis of this theory is the model of
encoding and decoding that explains the relationship between the text and the
audience. By using the two theories, the crime and violence in relation to the
media or visual content can be explained. The result of this thesis is, the media as
visual crime learning produced by video games GTA IV contains elements of
violence and crime. However, not all children have the same mindset in receiving
from what they see as visuals generated by video games GTA IV."
2017
T47779
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library