Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Isaac Als Virtue
Abstrak :

Pada karya tulis ini dijelaskan sebuah proses broadcasting menggunakan solusi aplikasi-aplikasi open-source dan implementasi low-cost cloud services yang fleksibel. Solusi infrastruktur live broadcasting secara komersial memiliki keterbatasan seperti cost mulai dari biaya perangkat belum lagi perangkat tersebut dapat bersifat proprietary. Konten diproses encode dengan standar H.264 yang ditransmisikan dengan protokol RTMP/HLS sebagai fungsi playback delivery hingga ke perangkat viewer. Dijelaskan juga proses capture dari konten yang diinginkan hingga menjadi media standar H.264 dengan encoder H.264. Dijelaskan pula unsur-unsur dari H.264 seperti konfigurasi Profil H.264 dan Level serta metrik lain seperti bitrate dan keyframe interval. Konten H.264 tersebut akan ditransmisikan dengan protokol RTMP/HLS dengan implementasi server RTMP/HLS menggunakan beberapa solusi cloud service. Lalu dengan menggunakan video player framework untuk mendukung playback pada berbagai macam viewer device. Open Broadcasting Software (OBS) digunakan sebagai implementasi encoder H.264 seperti X264 dan NVENC. Untuk implementasi server RTMP/HLS digunakan Simple-RTMP-Server (SRS) pada Google Cloud Platform atau dapat digunakan layanan live streaming cloud service dari Twitch.tv sebagai fungsi server RTMP/HLS. Konten pada server RTMP/HLS dapat ditonton dengan implementasi berbagai playback framework seperti VLC Media Player dan HTML5 HLS.JS. Berbagai solusi yang telah dibuat cukup stabil dengan standar deviasi dibawah 8% untuk usage seperti CPU, RAM dan GPU pada Host dan Server. Serta kestabilan bitrate dengan standar deviasi sekecil 400kbps dari Host serta Server

 


This paper describes a live broadcasting solution with open-source applications and low-cost cloud services. Commercial live broadcasting solutions have several drawbacks in cost and flexibility. Cost of proprietary hardware and software in a confined environment. Paper also describes the process capturing, content organizing and processing with H.264 encoder. Content will be encoded in H.264 standard which transmitted with RTMP/HLS protocol for playback delivery. H.264 also has detailed configuration such as H.264 Profiles and Levels alongside other metrics such as bitrate and keyframe interval. The H.264 encoded content will be transmitted with RTMP/HLS protocol which implemented in a RTMP/HLS server from a cloud service. A video player framework will be used to support playback over a lot of devices. Open Broadcasting Software (OBS) used to implement H.264 encoders such as X264 and NVENC. RTMP/HLS server implemented with Simple-RTMP-Server (SRS) on Google Cloud Platform, or a live streaming cloud service from Twitch.tv can be used instead as a RTMP/HLS server and delivery. Content from RTMP/HLS server can be played with several implementation of a playback framework such as VLC Media Player or HTML5 HLS.JS. Solutions made have a standard deviation under 8% for CPU, RAM and GPU usage in the Host and Server. Bitrate stability is also present with standard deviation as low as 400kbps in the Host and Server. 

 

Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Annisa Dinda Amalia
Abstrak :
Kebutuhan transmisi data telemedicine seperti citra dan video medis secara nirkabel mengharuskan data dikompresi terlebih dahulu agar dapat dikirimkan secara efisien. Yu, et.al, membuktikan bahwa standar kompresi H.264 dapat diterapkan pada kompresi video medis, sementara menurut Xiong, et.al transformasi wavelet diskrit mengungguli DCT pada kompresi citra dan video. Skripsi ini bertujuan untuk mensimulasikan algoritma H.264 dengan transformasi 2D berupa transformasi wavelet diskrit serta menganalisis hasil simulasinya dengan parameter kualitas objektif yaitu PSNR dan rasio kompresi. Simulasi kompresi video medis berdasarkan algoritma H.264 dengan DCT maupun DWT dilakukan pada parameter kompresi yang sama untuk dibandingkan hasilnya. Hasil simulasi menunjukkan bahwa DWT dapat diterapkan pada kompresi video medis berdasarkan algoritma H.264 dengan gain hingga 1,06 dB mengungguli DCT. Namun demikia, rasio kompresi yang didapat tidak terlalu berbeda secara signifikan akibat adanya padding pada hasil dekomposisi DWT.
The need of telemedicine data transmission, such as image and video, using wireless network requires data to be compressed efficiently. Yu, et.al, proved that H.264 standard of video coding is applicable in medical video compression, while according to Xiong et.al, discrete wavelet transform outperforms discrete cosine transform in image and video compression. This thesis aims to simulate medical video compression based-on H.264 algorithm using discrete wavelet transform and analyze the simulation results showed by objective quality parameter, namely PSNR and compression ratio. The simulation using DCT and DWT performed on the same compression parameters to compare the results. The simulation result show that DWT is applicable in medical video compression based-on H.264 algorithm with 1,06 dB outperformed DCT. However, the compression ratio obtained doesn‟t differ significantly because of the pixel padding on the DWT decomposition matrices.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S42276
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library