Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 7 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Mas Waris
"Pengidentifikasian bahaya secaira kualitatif merupakan salah satu tahapan dalam meiakukan analisa keselamatan pada sebuah industri proses kimia. Hazop merupakan metode sisternatik terbaik -Lmtuk melakukan identifikasi potensi bahaya dan penyimpangan open-msi dalam suatu sistem serta menentukan cara (relcornendasi tindakan) agar kemungkinan terjadinya kejadian tersebut dapat dicegah atau dilcurangi.
Dalam penelitian ini, penulis berusaha untuk mengiclentitikasi potensi bahaya dan penyimpangan Operasi dari satu instalasi Warm Separator di PT.XYZ. Metode yang digunakan adalah optl-Iazop dengan bersumber dari PFD, P&fD, Serta infoimasi para narasumber yang terdiri dari omng-orang yang berlcompeten (SGf8ly engineer, projec! design engineer, process engineer, production engineer, corrosion engineer).
Hasil penelitian ini berupa identifikasi bahaya dan penyimpangan operasi beserta tindakan korektif yang mesti diiakukan untuk meningkatkan kineija dan keselamatan pada instalasi Warm Separator tersebut Temuan tersebut dikelompokkan 5 kategori, yaitu tindakan wajib untuk keselamatan sebanyak 8 item, kategori tindakan yang dianjurkan sebanyak ll item, kategori tindakan untuk mengkaji ulang proses sebanyak I8 item, kategori kesalahan gambar atau dokumen sebzmyak I item serta kategori temuan yang tidak memerlukan tindak Ianjut sebanyak 4 item.

Qualitative hazard identyication is a part of steps in safety analysis at a chemical process industries. HAZOP is the best systematic tool to carry out hazard identification and operabiiity deviations within the system, together with specijj/ing the means by which either the probability of their occurrence can be prevented or reduced.
In this research, writer identify potential hazards and operability deviations in a P71 XI/Z’s Warm Separator. The method used is opt HAZOP, by using information _#om PFD, P&lDs, and the experts information base by the competent people in that plant (ie a safety engineer, project design engineer, process engineer. production engineer, corrosion engineer).
The result of this research are hazards identification and operability deviations together with recommended action for increased performance and safety in the instalation system (warm separator). The findings is clasw in five classes, that is compulsory action for safety are 8 items, recommend class that supposed are ll items, review or resubmitled class are I8 items, class for document or drawing error is l item, and class that is no comment or hllow up are 4 items.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003
S50141
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rekha Putra Atarita
"

Coal mill merupakan salah satu unit produksi pada pabrik semen yang bertujuan untuk menggiling batubara hingga halus untuk kemudian digunakan sebagai bahan bakar. Proses yang terjadi didalam coal mill ini memiliki risiko terjadinya ledakan seperti yang terjadi di beberapa pabrik semen di Indonesia pada tahun 2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran deviasi dan risiko, tingkat kemungkinan dan konsekuensi, tingkat risiko dan pengendalian risiko pada unit coal mill pabrik semen PT. X. Desain penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan cara brainstorming bersama tim SHE dan process engineer. Identifikasi risiko yang dilakukan menggunakan teknik HAZOP dan penilaian risiko menggunakan analisis semi kuantitatif. Dari hasil penilaian risiko unit coal mill, terdapat risiko ledakan yaitu pada node inlet hot gas, outlet coal mill, inlet bag house, bag house dan fine coal bin. Tingkat risiko setelah terpasang sistem pengaman (safeguard) yang masuk ke dalam kategori risiko tinggi yang membutuhkan pengendalian terdapat pada node fine coal bin, bag house, inlet bag house dan outlet coal mill. Tindakan pengendalian yang perlu untuk dilakukan terhadap setiap node dapat dikelompokkan atas pengendalian yang terkoneksi dengan CCR (central control room) dan pengendalian yang dilakukan secara manual tanpa terkoneksi dengan CCR (central control room).


Coal mill is one of the production units at cement plant that aims to grind the coal until smooth and then used as fuel. The process that occurs in the coal mill has a risk of explosion as happened in some cement plants in Indonesia in 2015. The purpose of this study is to describe the deviation and risk, the level of probability and consequence, the level of risk and also the risk control in the coal mill unit, cement plant PT. X. The design of this research is qualitative descriptive, by means of brainstorming with the team consist of SHE and process engineers. Risk identification is done using the HAZOP and risk assessment techniques using semi-quantitative analysis. Results of the risk assessment in coal mill, there is a risk of explosion that is on the node of hot gas inlet, outlet coal mill, inlet bag house, bag house and fine coal bin. The level of risk after the safeguards have been istalled, that goes into the high risk category requiring additional controls are at the node of fine coal bin, bag house, bag house inlet and outlet coal mill. Required control on each node can be classified by the control connected with CCR (central control room) and control is conducted manually without connected to CCR (central control room).

"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2016
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rusbani Kurniawan
"Kehandalan sistem penanganan dan penyimpanan bahan bakar pada HTR 10 merupakan salah satu aspek kunci dari operasi reaktor. Sistem tersebut bekerja dengan memanfaatkan gaya gravitasi dan gaya dorong pneumatik untuk mengumpan, mensirkulasi dan membuang elemen bahan bakar yang berbentuk bola dengan diameter 60 mm secara kontinyu. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menilai risiko yang dapat terjadi pada setiap komponen desain sistem penanganan dan penyimpanan bahan bakar HTR 10 dengan menggunakan metode HAZOP dan dengan menggunakan pedoman kriteria risiko yang tertuang pada Peraturan Kepala BATAN No. 020/KA/I/2012. Data dianalisis dengan metode semi kualitatif dengan mengamati deviasi pada parameter yang telah ditetapkan pada setiap node sistem. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain sistem penanganan dan penyimpanan bahan bakar pada HTR 10 memiliki risiko awal yang cukup tinggi. Namun dengan desain tindakan pengendalian yang ada pada akhirnya akan mengkoreksi nilai risiko awal dengan cukup signifikan sehingga risiko sisa yang didapatkan turun hingga batas dapat diterima.

Fuel handling and storage system reability is one of the HTR 10 operation key aspects. A spherical form fuel element with a diameter of 60 mm continuously feed through to the core driven by gravity, circulated and discharged by gas pneumatic system. This study aims to identify and assess the risks that can occur in any component of the HTR 10 fuel handling and storage system design using the HAZOP and using risk criteria that described in BATAN Regulation No. 020/KA/I/2012. Data were analyzed using semi-qualitative method to observe deviations in the parameters that have been set on each node of the system. The results showed that the HTR 10 fuel handling and storage system design has a quite high initial risk. However, with the existing control design will ultimately adjust the value of the initial risk to the acceptable value."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2016
T46537
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Pandhu Dewanto
"Proyek pengolahan gas bumi dengan konsep Engineering Procurement & Construction (EPC) pada suatu perusahaan kontraktor EPC memerlukan manajemen biaya proyek yang efektif. Pelaksanaan proyek, aktualnya sering terjadi over budget. Penelitian ini berfokus pada analisis estimasi biaya proyek dengan studi hazop yang dilakukan. Metode PMBOK digunakan untuk menghitung nilai estimasi biaya proyek dan melalui proses hazard analysis (PHA) hingga didapatkan Hazop dari proyek tersebut. Simulasi Monte Carlo dengan CrystalBall untuk mengetahui probabilitas keberhasilan perencanaan proyek dan implikasi studi hazop terhadap nilai estimasi biaya proyek sehingga dapat diimplementasikan oleh perusahaan terkait.

Natural gas processing project with the concept of Engineering Procurement & Construction (EPC) on an EPC contractor companies require cost effective project management. Project implementation, the actual common over-budget. This study focuses on the analysis of the estimated project cost with HAZOP studies are carried out. PMBOK method used to calculate the value of the estimated cost of the project and through a process hazard analysis (PHA) to HAZOP obtained from the project. Monte Carlo simulations with Crystal Ball to know the probability of success of the project planning and the implications for HAZOP studies on the value of the estimated cost of the project so that it can be implemented by related companies."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
T48972
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Nanda Faria
"Pengembangan pemanfaatan energi dari sumber energi terbarukan marak dilakukan sebagai bentuk dari gerakan menuju pemanfaatan energi rendah karbon di masa yang akan datang. Salah satu bentuk energi alternatif yang dikembangkan adalah hidrogen yang dihasilkan dengan proses elektrolisis air. Berbagai faktor perlu diperhatikan dalam pengembangan fasilitas produksi hidrogen salah satunya adalah faktor keselamatan, khususnya keselamatan proses. Pertimbangan faktor keselamatan proses adalah untuk melihat sejauh mana potensi kehilangan (losses) yang dapat terjadi jika terjadi kecelakaan yang berhubungan dengan proses sehingga perlu dilakukan kajian terkait risiko keselamatan proses yang akan dilakukan dalam penelitian ini dengan lingkup fasilitas produksi hidrogen dengan proses alkaline electrolyzer. Metode yang dilakukan dalam studi ini adalah secara semi-quantitative dengan memanfaatkan penilaian risiko dengan teknik Hazard and Operablitity Study (HAZOP) serta Layer of Protection Analysis (LOPA). Hasil dari HAZOP dari skenario 22 causes dan 26 consequences pada 7 nodes menunjukkan bahwa keberadaan 29 safeguards dapat menurunkan risiko keselamatan proses pada operasi dari rentang low to very high risk menjadi low to medium risk sedangkan hasil dari 4 skenario LOPA menunjukkan bahwa tidak diperlukan penambahan lapisan proteksi dan sebagai kesimpulan fasilitas produksi hidrogen dapat dioperasikan dengan kategori risiko As Low As Reasonably Practicable (ALARP).

The development of energy use from renewable energy sources is widely carried out as a form of movement towards the use of low-carbon energy in the future. One form of alternative energy being developed is hydrogen which is produced by the electrolysis of water. Various factors need to be considered in the development of hydrogen production facilities, one of which is the safety factor, especially process safety. The consideration of process safety factors is to see the extent of potential losses that can occur in the event of an accident related to the process, so it is necessary to conduct a study related to process safety risks that will be carried out in this study with the scope of hydrogen production facilities with alkaline electrolyzer processes. The method used in this study is semi-quantitative by utilizing risk assessment using the Hazard and Operability Study (HAZOP) and Layer of Protection Analysis (LOPA) techniques. The results of HAZOP from 22 causes and 26 consequences scenarios at 7 nodes shows that the presence of 29 safeguards can reduce process safety risk in operation from low to very high risk to low to medium risk, while the results from 4 LOPA scenarios indicate that no additional layer of protection is required. The study conclude that the hydrogen production facility can be operated under the As Low As Reasonably Practicable (ALARP) risk category."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Joshua Jesse Karubaba
"Laporan kerja pratik keinsinyuran ini dibuat untuk memenuhi sebagian syarat memperoleh gelar Insinyur Profesi pada Programm Studi Profesi Insinyur Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Kerja praktik dilakukan di Laboratorium Pilot Plant Innovation Pertamina selama lebih kurang 2 tahun. Implementasi Metode Hazard Operability Study (HazOp) pada Operasi Pilot Plant Hydroprocessing Pertamina bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi masalah-masalah yang mewakili resiko-resiko perorangan atau peralatan atau mencegah operasi yang efisien. Sehingga tercipta suatu kondisi aman pada OPERASI PERENGKAHAN minyak Jelantah. Selama ini tidak pernah terjadi kecelakaan di Pilot Plant Innovation Pertamina, karena Tim Laboratory Services mempunyai komitmen untuk menerapkan Metode HazOp dan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) secara rutin dan berkelanjutan. Kondisi operasi yang aman pada Operasi Perengkahan Minyak Jelantah di Unit Hydroprocessing Pilot Plant Inovasi Pertamina dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal adalah kondisi fisik instrumen pada Hydroprocessing Units: Apakah baik atau rusak ? Sedangkan faktor eksternal adalah operator yang tidak teliti dan disiplin dalam memantuan kondisi fisik Unit Hydrprocessing, dan juga tidak mengimplementasikan prosedur HazOp dengan baik dan benar, dapat mengakibatkan kecelakaan.Hydroprocessing Pilot Plant Inovasi Pertamina termasuk dalam kelas hydrotreating berdasarkan prinsip dan mekanismenya. Hasil uji coba Perengkahan Minyak Jelantah dari pabrik percontohan (Pilot Plant Innovation Pertamina) berupa produk energi baru, yang akan dikembangkan lebih lanjut oleh Kilang-Kilang Minyak Pertamina yang ada di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan energi masyarakat. Rekomendasi yang diberikan untuk mengurangi resiko kecelakaan kerja, antara lain: Operator wajib menggunakan APD (Alat Pelindung Diri) saat bekerja, dan harus berhati-hati saat bekerja di area Unit Pilot Plant Hydroprocessing, dan operator harus dapat menyesuaikan diri pada lingkungan kerja

This engineering practical work report is made to fulfill some of the requirements for obtaining the Professional Engineer degree at the Professional Engineer Study Program, Faculty of Engineering of the University of Indonesia. Practical work was carried out at the Pertamina Innovation Pilot Plant Laboratory for approximately 2 years. The implementation of the Hazard Operability Study (HazOp) Method in Pertamina's Hydroprocessing Pilot Plant Operations aims to identify and discuss problems that represent individual or equipment risks or prevent efficient operation. So as to create a safe condition in the process of cracking used cooking oil. So far, there has never been an accident at Pertamina's Innovation Pilot Plant, because the Laboratory Services Team is committed to implementing the HazOp Method and the Occupational Safety and Health Management System (SMK3) on a regular and sustainable basis. The safe operating conditions in the Used Cooking Oil Cracking Process at the Hydroprocessing Unit of Pertamina's Innovation Pilot Plant are influenced by internal and external factors. The internal factor is the physical condition of the instrument at the Hydroprocessing Units: Is it good or damaged? Meanwhile, external factors are operators who are not careful and disciplined in monitoring the physical condition of the Hydrprocessing Unit, and also do not implement the HazOp procedure properly and correctly, which can result in accidents. Pertamina's Innovation Hydroprocessing Pilot Plant is included in the hydrotreating class based on its principles and mechanisms. The results of the Cracking of Used Cooking Oil from the pilot plant (Pertamina's Pilot Plant Innovation) are in the form of new energy products, which will be further developed by Pertamina Oil Refineries in Indonesia to meet people's energy needs. The recommendations given to reduce the risk of work accidents include: Operators must use PPE (Personal Protective Equipment) while working, and must be careful when working in the area of Hydroprocessing Pilot Plant Unit, and operators must be able to adapt to the work environment"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Suharyono
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keunggulan dan keterbatasan dalam menilai risiko yang ada di Floating Storage and Offloading Unit (FSO) X PT ABC dengan metode Bow-Tie Analysis yang bersumber dari data hasil analisis HAZOP, selanjutnya dilakukan analisis kajian terhadap metode HAZOP dan Bow-Tie sehingga diketahui keterbatasan dan keunggulan masing-masing metode.
Hasil yang diperoleh akan dijadikan rekomendasi dalam manajemen risiko di PT ABC. Penelitian dilakukan pada unit cargo oil loading system FSO X pada deviasi/top event yaitu no/less flow dan corrosion/erosion selama Januari?Juli 2015. Parameter yang digunakan adalah parameter yang ada pada metode HAZOP dan Metode Bow-Tie.
Hasil penilaian risiko pada cargo oil loading system disajikan dalam bentuk worksheet kerja HAZOP dan Bow-Tie diagram. Keunggulan HAZOP diantaranya adalah HAZOP memiliki kelebihan dalam penggunaan guide word untuk memandu evaluasi deviasi desain dan kecukupan safeguard; ruang lingkup spesifik dalam hal identifikasi risiko terkait desain proses dimana analisis dilakukan berdasarkan P&ID; tidak memerlukan software khusus dalam pengerjaanya.
Keterbatasan yang dimiliki HAZOP adalah penyajian data dalam bentuk worksheet sehingga membutuhkan pemahaman lanjutan; ketidakmampuan dalam menggambarkan skenario risiko maupun mitigasinya. Keunggulan bow-tie diantaranya kemudahan dalam memahami hasil analisis karena tergambarkan dalam visual diagram; kemampuan memprediksi tingkat preventive atas penyebab (proaktif) dan tingkat mitigasi dari konsekuensi risiko yang ditimbulkan (reaktif); kemampuan analisis hingga tingkat/level risiko; dan kemampuan dalam menggambarkan perkembangan dan mitigasi risiko.
Adapun keterbatasan bow-tie adalah tidak spesifik mengkaji hazard terkait operasional/desain proses; diperlukan software khusus yang relatif cukup mahal sehingga penggunaannya menjadi terbatas. Dalam hal pemilihan metode risk assessment, pemilihan metode risk assessment sebaiknya disesuaikan dengan tujuan utama dari fasilitas yang akan dinilai. Pada penelitian penilaian risiko di Floating Storage and Offloading Unit (FSO) X PT ABC dengan penggunaan metode HAZOP yang berfokus pada evaluasi kecukupan safety devices suatu instalasi, sehingga perlu dilengkapi dengaan Bow-Tie Analysis agar tingkat risiko dan mitigasi tergambarkan dan terprediksi.

The purpose of this study is to compare HAZOP and Bow-tie analysis method to determine the advantages and limitations of the method in assessing the risks that exist in the Floating Storage and Offloading unit (FSO) X PT ABC.
The results obtained will be recommended in risk management at PT ABC. The study was conducted on a unit of oil cargo loading system FSO X on deviation/top event no/less flow and corrosion/erosion during January to July 2015. The parameters used are the parameters that exist in the HAZOP and Bow-Tie method.
The results of the risk assessment on oil cargo loading system are presented in the form of HAZOP worksheet and Bow-Tie diagrams. The advantages of HAZOP including the use of guidance word; specific in terms of identification of risk associated design process based on P&ID; and it doesn?t require any special software.
The HAZOP limitations including the used of worksheet that requires an advanced understanding;and it can?t describing risk scenarios and mitigation. Bow-tie advantages including the results of the analysis as illustrated in the visual diagram so it?s easy to understand; the ability to predict the level of preventive action (proactive) and level of mitigation of the consequences (reactive); analytical skills up to the level of risk; and the ability to describe the development and mitigation of risk.
The limitations of bow-tie is not specifically assess the hazard related to operational/design process; and it required special software, so the use of the method is limited. When we want to conduct the risk assessment, it should be adjusted with the primary purpose of the facility is to be assessed. In the risk assessment study on the Floating Storage and Offloading unit (FSO) X PT ABC, the use of HAZOP method only focuses on the evaluation of the adequacy the installation of safety devices, to get more comprehensive result that can predict the risk level and risk mitigation we also need another method such as Bow-Tie Analysis.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2015
T43630
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library