Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sekar Anidyawati Utami
"Perjalanan mencari jati diri adalah genre film yang populer dalam industri film. Terdapat dua film terkenal yang membawakan perjalanan pencarian jati diri ini, yaitu Eat, Pray, Love (2010) dan Wild (2014). Salah satu konsep yang paling terkenal terkait pencarian jati diri adalah Hero?s Journey dari Joseph Campbell (1949). Namun, sebetulnya Hero?s Journey adalah konsep yang sudah sangat tua dan mungkin tidak cocok untuk digunakan pada era modern seperti saat ini. Jurnal ini menganalisa bagaimana konsep Hero?s Journey ini digunakan dalam era modern dengan membandingan dua karakter film, yaitu Liz Gilbert dari film Eat, Pray, Love (2010) dan Cheryl Strayed dari film Wild (2014) dan mencari tahu bagaimana mereka menemukan jati diri mereka melalui perjalanan di area yang berbeda. Hasil yang ditemukan adalah terdapat beberapa perbedaan yang terlihat dalam kedua karakter tersebut. Liz hanya melewati 11 dari 12 tahap dari Hero?s Journey dengan urutan yang berbeda. Sedangkan Cheryl melewati 9 dari 12 tahap yang ada di Hero?s Journey. Semua hasil ini menunjukkan bahwa tidak semua tahap dari Hero?s Journey ditemukan dalam manusia modern saat menemukan jati diri mereka.
Self-discovery journey is a popular genre in film industry, and there are two popular films about self-discovery journey which are Eat, Pray, Love (2010) and Wild (2014). One of the popular concepts of self-discovery is the concept of Hero?s Journey by Joseph Campbell (1949). However, Hero?s Journey is a very old traditional concept that may not be fit into people nowadays. This paper analyses how Hero?s Journey concept is used in modern time by comparing the way the two characters, Liz Gilbert in Eat, Pray, Love (2010) and Cheryl Strayed in Wild (2014) try to discover their true selves on their own way through their journey in different world. From the findings, there are some significant differences in both characters. Liz only goes through 11 out of 12 stages of Hero?s Journey with difference sequence, while Cheryl only passes 9 out of 12 stages of Hero?s Journey. All these findings show that modern people cannot go through all the Hero?s Journey stages to find their true selves."
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2016
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Aufa Auly Nona Bunga Evelyn Bias Iswara
"Komik Mahabarata (2000) karya R.A Kosasih merupakan karya berpengaruh terhadap lokalitas budaya Indonesia yang memiliki fungsionalitas penting sebagai kajian interteks di berbagai media kesusastraan. Karakter Gatotkaca dari komik telah diadaptasi menjadi beberapa produk budaya, salah satunya adalah film. Artikel ini menganalisis reinterpretasi ulang transformasi karakter Gatotkaca yang mewakili idealisme Jawa menjadi pahlawan super modern yang sebagai simbolisasi kritik terhadap keadikuasaan Kurawa dalam konteks global dalam Film Satria Dewa Gatotkaca (2022). Melalui tema pola dasar perjalanan, kontekstualisasi, visualisasi, dan serangkaian nilai yang terkait bersama Gatotkaca, artikel ini berusaha menunjukkan transformasi keadisatriaannya menggunakan metode skema Monomyth Joseph Campbell untuk menjelaskan kontekstualisasi ulang terhadap konstruksi perjalanan keadisatriaan Gatotkaca dari komik ke film. Transformasi ini menghasilkan interpretasi kritis dalam ruang kontemporer yang merepresentasikan semangat zaman seniman dan masyarakat Indonesia melalui penciptaan tokoh mitologi Jawa sebagai alat kritik terhadap hegemoni kekuasaan di Indonesia.

The comic Mahabarata (2000) by R.A Kosasih is an influential work on local Indonesian culture which has important functionality as an intertext study in various literary media. The Gatotkaca character from comics has been adapted into several cultural products, one of which is a film. This article analyzes the reinterpretation of the transformation of the Gatotkaca character who represents Javanese idealism into a modern superhero who symbolizes criticism of Kurawa superpower in a global context in Satria Dewa Gatotkaca (2022) Film. Through the theme of the archetypal journey, contextualization, visualization, and a series of values related to Gatotkaca, this article attempts to show the transformation of his knighthood using Joseph Campbell's Monomyth schema method to explain the re-contextualization of the construction of Gatotkaca's journey of heroism from comics to film. This transformation produces critical interpretations in the contemporary space that represent the spirit of the era of Indonesian artists and society who used Javanese mythological figures as a means of criticizing tools the hegemony of power in Indonesia."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
MK-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aufa Auly Nona Bunga Evelyn Bias Iswara
"Komik Mahabarata (2000) karya R.A Kosasih merupakan karya berpengaruh terhadap lokalitas budaya Indonesia yang memiliki fungsionalitas penting sebagai kajian interteks di berbagai media kesusastraan. Karakter Gatotkaca dari komik telah diadaptasi menjadi beberapa produk budaya, salah satunya adalah film. Artikel ini menganalisis reinterpretasi ulang transformasi karakter Gatotkaca yang mewakili idealisme Jawa menjadi pahlawan super modern yang sebagai simbolisasi kritik terhadap keadikuasaan Kurawa dalam konteks global dalam Film Satria Dewa Gatotkaca (2022). Melalui tema pola dasar perjalanan, kontekstualisasi, visualisasi, dan serangkaian nilai yang terkait bersama Gatotkaca, artikel ini berusaha menunjukkan transformasi keadisatriaannya menggunakan metode skema Monomyth Joseph Campbell untuk menjelaskan kontekstualisasi ulang terhadap konstruksi perjalanan keadisatriaan Gatotkaca dari komik ke film. Transformasi ini menghasilkan interpretasi kritis dalam ruang kontemporer yang merepresentasikan semangat zaman seniman dan masyarakat Indonesia melalui penciptaan tokoh mitologi Jawa sebagai alat kritik terhadap hegemoni kekuasaan di Indonesia.

The comic Mahabarata (2000) by R.A Kosasih is an influential work on local Indonesian culture which has important functionality as an intertext study in various literary media. The Gatotkaca character from comics has been adapted into several cultural products, one of which is a film. This article analyzes the reinterpretation of the transformation of the Gatotkaca character who represents Javanese idealism into a modern superhero who symbolizes criticism of Kurawa superpower in a global context in Satria Dewa Gatotkaca (2022) Film. Through the theme of the archetypal journey, contextualization, visualization, and a series of values related to Gatotkaca, this article attempts to show the transformation of his knighthood using Joseph Campbell's Monomyth schema method to explain the re-contextualization of the construction of Gatotkaca's journey of heroism from comics to film. This transformation produces critical interpretations in the contemporary space that represent the spirit of the era of Indonesian artists and society who used Javanese mythological figures as a means of criticizing tools the hegemony of power in Indonesia."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
MK-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library