Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Manzila Izniardi Djomiy
"Pandemi COVID-19 membuat perusahaan mulai menyadari pentingnya teknologi informasi sebagai penunjang kemajuan perusahaan. Saat ini, teknologi informasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja perusahaan sehingga diperlukan manajeman layanan teknologi informasi untuk meningkatkan kinerja layanan manajeman teknologi informasi. PT XYZ sudah mendefinisikan dengan baik Standard Operation Procedure (SOP) sesuai dengan standar manajemen layanan TI namun praktik operasional di lapangan masih belum sesuai best practice yang telah didefinisikan. Penggunaan tools untuk menunjang layanan juga yang belum dimanfaatkan secara optimal. Kurangnya praktik keamanan layanan IT di PT. XYZ juga menghambat operasional layanan TI di PT. XYZ. Oleh karena itu perlu adanya proses evaluasi yang dilakukan mengenai kondisi manajemen layanan TI di PT. XYZ berdasarkan kerangka kerja tertentu yang sudah teruji Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kapabilitas manajemen layanan teknologi di PT. XYZ dengan menggunakan kerangka kerja ITIL V3 yang dipetakan ke COBIT 2019 serta memberikan rekomendasi perbaikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah in-depth interview dan self-evaluation assessment. Data kemudian diolah dan dianalisis menggunakan gap analysis dan importance-performance analysis. Hasil pengukuran didapatkan bahwa tingkat kapabilitas DSS01 Managed Operation dan DSS04 Managed Security berada di level 1 dengan pencapaian kapabilitas level 1 sebesar 42% dan 16%, sedangkan DSS02 Managed Request and Incident dan DSS03 Managed Problem memiliki tingkat kapabilitas yang lebih baik di level 3. Semua objektif COBIT 2019 yang diuji memiliki kesenjangan antara target yang diharapkan dengan kondisi saat ini. DSS01 Managed Operations memilik nilai kesenjangan paling besar yaitu 3 tingkat, sedangkan DSS03 Managed Problem memiliki tingkat kesenjangan 1 tingkat, DSS02 Managed Services Request and Incidents dan DSS05 Managed Security Services memiliki tingkat kesenjangan yang sama yaitu 2 tingkat, sehingga semua objektif yang diuji masih perlu perbaikan untuk mencapai kinerja yang diharapkan. Hasil importance-performance analysis menunjukan PT XYZ dapat fokus memperbaiki objektif yang memiliki selisih kesenjangan besar dan tingkat kepentingan tinggi. Prioritas utama adalah DSS03 Managed Problem dan DSS05 Managed Security, prioritas kedua adalah DSS03 Managed Problem, prioritas ketiga adalah DSS02 Managed Services Request and Incidents
The COVID-19 pandemic has made companies realize the importance of information technology as a support for company progress. Information technology has a significant influence on company performance, so information technology service management is needed to improve the performance of information technology management services. PT XYZ has a well-defined Standard Operation Procedure (SOP) in accordance with IT service management standards. However, operational practices in the field are still not in accordance yet with defined best practices. The use of tools to support services also has not been used optimally. Lack of IT service security practices at PT. XYZ hinders IT service operations at PT. XYZ. Therefore, it is necessary to have an evaluation process carried out regarding the condition of IT service management at PT. XYZ based on a certain framework that has been tested. This study aims to measure the level of technology service management capability at PT. XYZ using the ITIL V3 framework mapped to COBIT 2019 and providing recommendations for improvement. The method used in this research is in-depth interviews and self-evaluation assessment. The data is then processed and analyzed using gap analysis and importance-performance analysis. The measurement results show that the capability level of DSS01 Managed Operation and DSS04 Managed Security is at level 1 with the achievement of level 1 capability of 42% and 16%, . In contrast, DSS02 Managed Request and Incident and DSS03 Managed Problem have a better capability level at level 3. All COBIT 2019 objectives tested have a gap between the expected targets with current conditions. DSS01 Managed Operations has three levels of gap, while DSS03 Managed Problem has a level of gap, DSS02 Managed Services Request and Incidents, and DSS05 Managed Security Services have two levels of the gap so that all tested objectives still need improvement to achieve the expected performance. The results of the importance-performance analysis show that PT XYZ can focus on improving the objectives with a large gap and a high level of importance. The main priority is DSS03 Managed Problem and DSS05 Managed Security; the second is DSS03 Managed Problem, and the third is DSS02 Managed Services Request and Incidents."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Budi Hariyanto
"Kehadiran Sistem Teknologi Informasi (STI) sudah menjadi salah satu komponen dari kebutuhan pokok yang harus dipenuhi dalam mengarungi jaman. Program organisasi dalam menyikapi era industri 4.0 mengakibatkan penggunaan STI menjadi sebuah keharusan, dengan tujuan untuk memudahkan segala proses yang berhubungan dengan kualitas layanan dalam penyelenggaraan tugas pokok melindungi dan melayani masyarakat. Penerapan STI sesungguhnya tidaklah mudah, bayang-bayang ancaman hambatan tantangan dan gangguan dalam bentuk risiko-risiko menghantui operasional STI. Kondisi tersebut harus mampu dikenali dan dianalisis kemudian mengambil tindakan yang bertujuan mengurangi dampak negatif hingga risiko-risiko dapat diterima. Penelitian ini akan mempelajari tentang manajemen risiko STI dengan menggunakan panduan Service Operation dari kerangka kerja Information Technology Infrastructure Library (ITIL) untuk menyusun strategi bagi terjaminnya layanan STI di Data Center (DC) XYZ Cikeas, agar dapat berjalan dengan baik dalam bentuk rekomendasi. Berdasarkan survey pada unsur pelaksana pengemban fungsi TI, 82,18 % respoden menilai bahwa layanan TI yang diberikan DC sangat penting, 86,49 % responden tahu pentingnya memiliki rencana darurat untuk memastikan produk dan layanan mereka selalu tersedia, dan sebanyak 67,17 % responden berpendapat DC tersebut sudah dikelola dengan baik. Hasil penelitian menyimpulkan DC XYZ Cikeas berada pada posisi yang positif dan bepeluang, rekomendasi yang diberikan adalah progresif dimana perlu segera dibentuknya organisasi DC secara struktural untuk menyiapkan jalur yang baik bagi terselengaranya Data Center yang profesional dalam mendukung Sistem teknologi informasi layanan publik.
The presence of the Information Technology System has changed the world in all aspects of life both for the lives of individuals, communities and organizations and has become one of the components of basic needs that must be met in navigating through the ages. Organizational programs in responding to the industrial era 4.0 make the use of IT systems in life a necessity, with the aim of facilitating all processes related to service quality in carrying out the main task of protecting and serving the community. Implementation of Information Technology Systems is actually not easy, the shadow of the threat of challenges and disruptions in the form of risks haunts the operation of IT systems in an organization. These conditions must be able to be identified and analyzed and then take action aimed at reducing the negative impact so that the risks are acceptable. This research will study about IT system risk management using the Information Technology Infrastructure Library (ITIL) framework guide to develop operational strategies for ensuring that IT system services at the Papa Oscar Cikeas Institute's Data Center (DC) can run well. Based on a survey on implementing elements of IT function, 82.18% of respondents considered that the IT services provided by DC were very important, 86.49% of respondents knew the importance of having an emergency plan to ensure their products and services were always available, and 67.17% of respondents believes that DC is well managed. The result of the resereach comes to conclusion that DC is on the positive position and it also has a possibility to recommend for constructing the DC organisation structure to prepare the right track to achieve the right way to conduct the professional Data Center in order to support IT public service."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library