Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Desi Arisandi
"Perkembangan Teknologi Informasi (TI) dan meningkatnya penggunaan TI oleh organisasi, baik bisnis maupun non bisnis dapat menunjukkan bahwa peran TI dalam mendukung kegiatan bisnis dan mencapai tujuan organisasi semakin meningkat. Dalam industri penerbangan, IT sangat berperan dalam mendukung proses bisnis. PT. M sebagai salah satu perusahaan penerbangan di Indonesia juga memanfaatkan IT dalam menjalankan proses bisnisnya, banyaknya aplikasi IT yang digunakan dalam menjalankan proses bisnis menunjukkan investasi perusahaan terhadap IT cukup besar. Investasi terhadap IT seharusnya disertai dengan adanya tata kelola (IT Governance) yang baik agar investasi IT dapat memberikan hasil yaitu adanya keselarasan antara kegiatan bisnis dan IT dalam mencapai tujuan perusahaan.
Tujuan penelitan ini adalah untuk mendeskripsikan dan memetakan IT Governance pada PT. M sehingga memperoleh gambaran umum bagaimana pelaksanaan IT Governance perusahaan. Dalam melakukan pemetaan terdapat IT Governance Framework yang digunakan, yaitu model Van Grambergen untuk memetakan bagaimana Struktur, Proses dan Mekanisme Relasional IT Governance pada PT. M. Selain itu terdapat beberapa framework lain yang digunakan yaitu Weill & Ross, ITGI dan AS-8015. Laporan penelitian ini akan menguraikan bagaimana penerapan masing-masing framework tersebut untuk pengelolaan IT di PT. M. Berdasarkan hasil pemetaan terhadap beberapa framework tersebut, diketahui beberapa gejala yang menyebabkan terhambatnya IT Governance pada PT. M. Hal ini menyebabkan munculnya beberapa masalah yang ditimbulkan karena belum berjalannya IT Governance di PT. M. Beberapa masalah tersebut antara lain adalah tidak tercapainya strategic alignment antara bisnis dan IT, kurangnya akuntabilitas penggunaan sumber daya IT dan tidak adanya competitive advantage dari IT.

Information Technology expansion and more IT usage is raising by organization that run in business or non business can show that IT character as business support can gain an advance objective for organization. In airline business where IT is really associate for business support, PT. M as one of airlines business in Indonesia also use IT to perform their business process, lot of IT Applications used in business process show that large IT investment in their company. IT investment should be follow with good IT Governance; therefore IT investment can gain alignment between business activity and IT within reach company objective.
Objective of this research is to describe and mapping of IT Governance in PT. M until have a general picture of how IT Governance implement in company. Within mapping, it have IT Governance Framework used such as; Van Grembergen model for how mapping Structure, Process, and Relational Mechanisms of IT Governance on PT. M. In addition also have other framework that used as Weill & Ross, ITGI and AS-8015. This thesis will explain about how to utilize for each IT Governance framework in PT. M. As result of this mapping toward those several frameworks there are known some symptom that cumber IT Governance of PT. M. From those several symptoms, causes several problems such as less of bussiness - IT strategic alignment, less of accountability in IT usability and loss of competitive advantage from IT."
Depok: Universitas Indonesia, 2007
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Afif Mudrik
"ABSTRAK
Ditengah ketatnya persaingan industri perbankan dan tantangan perekonomian yang penuh ketidakpastian, perbankan harus mampu mencari strategi untuk bertahan sambil terus-menerus berinovasi terhadap berbagai produk dan layanannya. Service Oriented Architecture SOA sebagai salah satu konsep yang bisa menjawab tantangan tersebut telah hadir di Bank Muamalat Indonesia sejak tahun 2014. Dalam penerapannya sejauh ini, pendekatan pembangunan SOA yang per proyek menyebabkan populasi servis terus bertambah namun nilai tambah yang dimiliki oleh SOA kurang tercapai. Sedangkan posisi SOA semakin strategis karena sudah menopang operasional Bank. Dibutuhkan suatu mekanisme evaluasi untuk memperbaiki kondisi yang ada. Oracle SOA Maturity Model hadir sebagai solusi untuk mengevaluasi penerapan SOA dan memberikan langkah rekomendasi untuk perbaikan proses untuk peningkatan kematangannya. Dengan metode wawancara dan dipandu dengan karakteristik domain di setiap tingkat kematangan, diketahui tingkat kematangan SOA di BMI berada pada tingkat 2 systematic . Hasil penelitian ini memberikan rekomendasi aktifitas remediasi pada ke 8 domain yang ada. namun prioritas rekomendasi aktifitas remediasi diberikan kepada 2 domain terendah, yaitu domain proyek dan domain tata kelola.

ABSTRACT
In the midst of intense banking industry competition and uncertain economic challenges, banks must be able to find a strategy to survive while continuously innovating their products and services. Service Oriented Architecture SOA as one concept that can answer the challenges that have been present at Bank Muamalat Indonesia since 2014. In its application so far, the SOA development approach that per project has led to a growing service population but the added value of SOA is lacking. While the position of SOA is more strategic because it supports the Bank 39 s operations. An evaluation mechanism is needed to improve the existing conditions. Oracle SOA Maturity Model comes as a solution to evaluate the application of SOA and provides a recommendation step for process improvement and improved maturity. With interview method and guided by domain characteristic in every levelof maturity, concluded SOA maturity level in BMI is at level 2 systematic. The results of this study provide recommendations on remediation activities to the 8 domains. But priority recommendations for remediation activities are given to the two lowest domains, the project domain and the governance domain"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2017
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library